Dunia Usaha Khawatirkan Tingkat Inflasi Rendah

Dunia Usaha Khawatirkan Tingkat Inflasi Rendah
Dinas Perdagangan Kota Padang menggelar Operasi Pasar Murah di halaman Masjid Raya Ganting, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar)..(MI/Yose Hendra)

KONSIAI inflasi Indonesia belakangan ini dinilai mengindikasikan konsumsi pasar domestik yang melambat. Kalau itu kondisi inflasi rendah terus dibiarkan berlarut, dikhawatirkan akan menghambat pencapaian pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan pemerintah.

“Perlu diingat, pertumbuhan ekonomi nasional sangat tergantung pada kinerja konsumsi dalam negeri, bila level konsumsi domestik sedemikian rendah, tentu pertumbuhan akan sulit dipacu,” ujar Ketua Lumrah Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani, Selasa (1/10).

Dari data Badan Pusat Stagnantik (BPS) diketahui inflasi tahunan (year on year/yoy) Indonesia pada September 2024 sebesar 1,84%, turun dari Agustus 2024 yang tercatat di angka 2,12% (yoy).

Baca juga : Jawa Barat Optimistis Datangkan Investasi Hingga Rp250 Triliun Mengertin ini

Cek Artikel:  Harga Pangan Kompak Naik pada Senin 30 September 2024

Kondisi itu, kata Shinta, turut berdampak pada kemauan industri untuk melakukan ekspansi usaha. Pertimbangannya ialah konsumsi akan membuat pasar enggan atau lambat menyerap produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha.

Karena itu, pemerintah diminta untuk bisa menciptakan stimulus-stimulus yang dibutuhkan, baik bagi masyarakat maupun industri untuk bisa meningkatkan kinerja dan daya serap produksi dalam negeri. Salah satu yang dapat dilakukan ialah melalui pelonggaran kuantitatif (quantitative easing) atau pelonggaran suku bunga acuan.

Itu menurut Shinta dapat dibarengi dengan menciptakan terobosan-terobosan kebijakan di sisi peningkatan produktivitas. “Spesifiknya dalam hal fasilitasi investasi, peningkatan kinerja ekspor, pemberdayaan UMKM dan upaya mentransformasikan sektor ekonomi informal menjadi sektor ekonomi formal,” kata Shinta.

Cek Artikel:  Bank Independen Salurkan Kredit Investasi Sektor Listrik Rp19,24 Triliun ke Entitas PTBA

Baca juga : Apindo Apresiasi Keputusan BI Pertahankan Bangsa Kembang di Bilangan 5,75%

“Itu perlu agar pekerja di sektor informal memiliki tingkat produktivitas dan kesejahteraan atau daya beli yang lebih baik, sehingga pertumbuhan pasar domestik bisa dipacu agar lebih supportif untuk menciptakan level pertumbuhan yang diinginkan,” lanjutnya.

Pernyataan Shinta itu berkaitan dengan hasil rilis yang disampaikan oleh Badan Pusat Stagnantik (BPS) terkait deflasi yang terjadi dalam lima beruntun di Tanah Air. Pada September 2024 diketahui Indonesia mengalami deflasi -0,12% secara bulanan (month to month/mtm), lebih dalam dari bulan sebelumnya yang tercatata -0,3% (mtm).

Shinta mengatakan, deflasi itu banyak dikontribusikan oleh kelompok pangan yang masuk dalam komponen harga bergejolak (volatile price) mengalami penurunan harga. “Jadi kami menilai deflasi bulanan yang terjadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena deflasi pada komponen kebutuhan pangan pokok sebetulnya dapat menciptakan efek positif terhadap konsumsi secara keseluruhan, karena menciptakan potensi kebaikan discretionary income masyarakat,” tuturnya. (N-2)

Cek Artikel:  Harga Minyak Dunia Makin Lesu, Parkir di USD71/Barel

 

Mungkin Anda Menyukai