Harbolnas 2024 Ditaksir Naik 25,2%

Ilustrasi. Foto: Compas.

Jakarta: Penjualan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023 meningkat 23,7 persen menjadi Rp5,4 triliun. Compas.co.id memprediksi peningkatan 25,2 persen pada 2024 mencapai Rp6,7 triliun, berdasarkan analisis pasar Fast Moving Consumer Good (FMCG) di e-commerce.

Co-Founder dan CEO Compas Hanindia Narendrata menjelaskan, melalui metode regrenasi linear, diprediksi penjualan kategori perawatan & kecantikan di Harbolnas 2024 naik 23,4 persen menjadi Rp3,7 triliun, berdasarkan analisis data penjualan dua tahun terakhir. Ini berarti peningkatan sebesar Rp800 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Narendrata menambahkan, survei Compas memperkirakan peningkatan penjualan di hampir semua kategori FMCG pada Harbolnas 2024. Kategori makanan & ibu dan bayi diprediksi mengalami kenaikan signifikan, masing-masing sebesar 32,4 persen dan 44,3 persen, sementara kategori kesehatan diperkirakan naik tipis 10,8 persen.

Cek Artikel:  Napindo Gelar 6 Pameran Dunia di JIExpo Mendorong Penemuan Industri Air, Daya, dan Keamanan


Compas.co.id memprediksi peningkatan 25,2 persen pada 2024 mencapai Rp6,7 triliun. Grafis: dok Compas

Data historis Compas.co.id menunjukkan peningkatan penjualan FMCG di e-commerce Indonesia pada 2024. Perawatan wajah menjadi kategori paling menonjol di Harbolnas 2023, dengan peningkatan 37 persen menjadi Rp1,1 triliun dibandingkan periode non-Harbolnas.

Paket kecantikan juga berkontribusi signifikan, dengan peningkatan 60 persen mencapai Rp345,9 miliar pada periode yang sama.

“Maksudnya, berdasarkan insights harbolnas di tahun lalu, kategori produk perawatan wajah menjadi produk paling laris di Harbolnas tahun lalu,” ungkap Narendrata, dalam keterangan tertulis, Jumat, 4 Oktober 2024.

Selain itu, beauty consumer di Indonesia juga cenderung menyukai paket kecantikan, yang dimana bisa diartikan promo bundling produk cukup menjanjikan untuk pasar e-commerce Indonesia.
 

Cek Artikel:  Belanja Harian Super Mudah dan Anti Repot Mengenakan BRImo, Solusi Praktis dalam Satu Aplikasi

 

Tantangan deflasi dan PHK

Meskipun ekonomi Indonesia menghadapi tantangan seperti deflasi dan PHK, Narendrata optimistis Harbolnas 2024 akan berdampak positif. Ia berharap penawaran menarik dari brand dapat memenuhi kebutuhan konsumen. 
Compas.co.id meluncurkan Compas Market Insight: Road to Harbolnas Report 2024 untuk mendukung brand FMCG dalam membuat kampanye yang efektif selama Harbolnas 2024.

Menurut dia, Compas.co.id berkomitmen untuk memberikan informasi terkini tentang dampak deflasi di e-commerce, terutama pada sektor FMCG. Melalui laporan dan data yang disediakan, diharapkan brand dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Compas.co.id merupakan penyedia data e-commerce dan e-commerce enabler terdepan, Compas.co.id membantu brand FMCG di Indonesia dalam mengelola bisnis online mereka dengan data dan proses otomatis. 
Compas juga mendukung partner dari perencanaan strategi hingga evaluasi, menjadi ‘teman’ yang membantu mereka dalam mencapai kesuksesan di dunia e-commerce.
(Muhammad Rizky H).

Cek Artikel:  Garuda Indonesia Catat Pendapatan Usaha USD1,62 Miliar di Semester I-2024

Mungkin Anda Menyukai