PB Peparnas XVII Jamin Petugas Pendukung Dengan Penyediaan 226.548 Paket Makanan

PB Peparnas XVII Jamin Petugas Pendukung Dengan Penyediaan 226.548 Paket Makanan Panitia Besar (PB) Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 tidak hanya memperhatikan kebutuhan gizi para atlet dan ofisial dari 35 kontingen. Tetapi konsumsi untuk 226.548 paket bagi petugas pendukung selama 14 hari ikut dipastikan terjamin dan turut diawasi secara ketat.

“Jadi PB Peparnas XVII membagi dua jenis konsumsi selama penyelenggaraan ajang ini. Yakni untuk kebutuhan atlet dan ofisial dengan cara  menggandeng 31 hotel sebagai penyedia konsumsi dan paket konsumsi untuk petugas pendukung,” ungkap Ketua Sub Bidang Akomodasi dan Konsumsi PB Peparnas XVII, Wahyu Kristina, Jumat (4/10/2024).

Rinciannya, 31 hotel sudah melayani konsumsi 4.386 atlet dan ofisial dari 32 kontingen yang berdatangan sejak hari Selasa (1/10/2024). Tiga kontingen terakhir dari  Gorontalo, Papua Barat dan Sulawesi Tengah dipasyikan menyusul hadir di Solo sebelum pembukaan Peparnas XVII pada hari Minggu.

Cek Artikel:  Nana Sudjana Luncurkan Jersey, Bank Jateng Tour de Borobudur Segera Digelar

Baca juga : Penurunan Kelas Menengah Pengaruhi Perilaku Konsumsi

Lewat, lanjut Kristina, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi bagi petugas pendukung yang tersebar di venue 20 cabang olahraga serta venue upacara pembukaan, PB Peparnas memastikan akan menyediakan16.182 paket makanan, yang dibagi dalam  tiga sesi makan, yakni dari sesi pagi, siang dan malam.

“Selama periode 14 hari, dari tanggal 1 Oktober sampai 14 Oktober, ada 226.548 pax yang disediakan pihak penyedia untuk petugas pendukung,” tegas dia.

Lebih jauh dia paparkan, pemenuhan konsumsi para petugas pendukung Peparnas XVII ini melibatkan pengusaha lokal, yang terpilih melalui mekanisme pengadaan. Penyedia atau vendor terpilih ini melibatkan UMKM lokal, dengan suplai bahannya dibeli dari pasar-pasar tradisional yang ada di Solo.

Cek Artikel:  Real Madrid Tahan Imbang Bayern Muenchen di Allianz Arena

Baca juga : Kenali Bahaya Sering Konsumsi Makanan Ultraproses 

Salah satu olahan yang dihindari dalam proses penyediaan 226.548 paket bagi para petugas pendukung, adalah santapan bersantan. Hal ini sebagai rujukan dari ahli gizi.

“Keawetanan makanan ketika diolah dengan santan itu durasi layak makannya menjadi pendek. Ini sangat riskan menjadi basi. Jadi semua paket makanan tanpa mengandung santan” sergah Wahyu Kristina.

PT Dara Makanan kenikmatan Samara (DBS) menjadi penyedia konsumsi untuk petugas pendukung Peparnas XVII non atlet dan ofisial. DBS memenuhi kebutuhan 16.182 paket per hari tersebut di dua tempat yang berbeda.

Baca juga : Ini Langkah Mengurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis untuk Anak

Buat memproses hidangan tersebut, khususnya sayuran, DBS menggunakan fasilitas dapur yang ada di SMKN 4 Surakarta. DBS melibatkan sejumlah siswa/siswi SMKN 4 Surakarta untuk memproses dari bahan mentah menjadi siap santap.

Cek Artikel:  Jelang Laga Rival Bahrain dan China, PSSI Carter Pesawat untuk Timnas: Lelah, Sayang

Dari SMKN 4 Surakarta, sajian siap santap tersebut dibawa ke GOR Bulu Tangkis Baturan yang sudah disulap menjadi dapur Peparnas XVII 2024.

“Buat penyediaan makanan ini, kami bekerja sama dengan para pengusaha katering lokal. Jadi, katering mengirimkan ke sini (Baturan), kemudian ada pengecekan dari ahli gizi kita untuk kelayakannya. Setelah itu dilakukan pengepakan dan didistribusikan,” jelas Direktur Istimewa DBS, Susanto.

Selain SMKN 4 Surakarta, DBS juga melibatkan siswa/siswi dari SMKN 7 Surakarta dan SMKN 3 Sukoharjo. Ketiga sekolah tersebut memiliki kelas tata boga. Terdapat pula warga sekitar GOR Bulu Tangkis Baturan yang ikut diajak untuk menyukseskan gelaran PEPARNAS XVII Solo 2024. (S-1)

Mungkin Anda Menyukai