Teleskop Hubble Menangkap Detail Galaksi Spiral IC 4709 dan Inti Galaksi Aktif yang Tersembunyi

Teleskop Hubble Menangkap Detail Galaksi Spiral IC 4709 dan Inti Galaksi Aktif yang Tersembunyi
Teleskop Luar Bilangansa Hubble NASA/ESA berhasil menangkap gambar galaksi spiral IC 4709 yang terletak 240 juta tahun cahaya dari Bumi. (ESA/Hubble & NASA)

GAMBAR dari Teleskop Luar Bilangansa Hubble NASA/ESA ini menampilkan galaksi spiral IC 4709 yang terletak sekitar 240 juta tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang selatan Telescopium. 

Hubble dengan indah menangkap halo samar dan cakram berputar yang dipenuhi bintang serta pita debu. Bagian paling mencolok mungkin adalah wilayah kompak di inti galaksi ini, yang menyimpan sebuah inti galaksi aktif (AGN).

Apabila inti IC 4709 hanya diisi bintang, ia tidak akan secerah itu. Sebaliknya, inti galaksi ini menampung lubang hitam raksasa yang massanya 65 juta kali lebih besar dari Surya kita. 

Baca juga : Teleskop Hubble Mengungkap Kecepatan Pembentukan Bintang di Galaksi NGC 5668

Cek Artikel:  9 Pilihan Smartwatch Terbaik, Dijamin Membangun Tampilanmu Semakin Stylish

Cakram gas berputar mengelilingi dan akhirnya masuk ke dalam lubang hitam ini, bertabrakan satu sama lain dan memanas saat berputar. Suhu yang sangat tinggi ini menghasilkan sejumlah besar radiasi elektromagnetik, mulai dari inframerah, cahaya tampak, hingga sinar ultraviolet dan sinar-X. 

Pita debu gelap yang terlihat di pusat galaksi dalam gambar tersebut menyelimuti AGN di IC 4709, menghalangi emisi cahaya tampak dari inti itu sendiri. Tetapi, resolusi luar biasa Hubble memberikan astronom pemandangan rinci tentang interaksi antara AGN yang sangat kecil ini dengan galaksi induknya. 

Hal ini penting untuk memahami lubang hitam supermasif di galaksi yang jauh lebih jauh dari IC 4709, di mana resolusi detail sekecil itu tidak mungkin tercapai.

Cek Artikel:  Bukti Reservoir Air Rendah Tanah Terungkap di Mars Intervensi dari Misi InSight NASA

Baca juga : Intervensi Terbaru Teleskop James Webb Perkuat Asa Eksisnya Kehidupan di Europa

Gambar ini menggabungkan data dari dua survei Hubble tentang AGN di galaksi terdekat yang pertama kali diidentifikasi oleh teleskop Swift NASA. Eksis rencana untuk Swift mengumpulkan data baru tentang galaksi-galaksi ini. 

Swift memiliki tiga teleskop multi-gelombang, mengumpulkan data dalam cahaya tampak, ultraviolet, sinar-X, dan sinar gamma. Komponen sinar-X-nya akan memungkinkan Swift secara langsung melihat sinar-X dari AGN di IC 4709 yang menembus debu penyelimutan. 

Teleskop Euclid ESA, yang saat ini mensurvei alam semesta gelap dalam cahaya optik dan inframerah, juga akan mengambil gambar IC 4709 dan AGN lokal lainnya. Data mereka, bersama dengan data Hubble, memberikan astronom pandangan yang saling melengkapi di seluruh spektrum elektromagnetik. 

Cek Artikel:  3 Langkah Mudah Membangun Link WhatsApp untuk Bio Instagram

Pandangan-pandangan ini sangat penting untuk sepenuhnya meneliti dan lebih memahami lubang hitam serta pengaruhnya terhadap galaksi induknya. (NASA/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai