Raphael Varane Putuskan Pensiun di Usia 31 Pahamn

Raphael Varane Putuskan Pensiun di Usia 31 Tahun
Raphael Varane kala masih berseragam Manchester United(AFP/Lindsey Parnaby)

MANTAN bek Manchester United, Real Madrid, dan timnas Prancis Raphael Varane memutuskan untuk gantung sepatu di usia 31 tahun.

Varane bergabung dengan klub Serie A Como dengan status bebas transfer, Juli lalu, namun mengalami cedera lutut dalam laga debutnya melawan Sampdoria, bulan lalu.

Pemeran belakang itu mengungkapkan dirinya akan bertahan di Como dengan peran nonpemain.

Baca juga : Como Datangkan Raphael Varane Secara Gratis

“Saya menetapkan standar yang tinggi untuk diri saya. Saya ingin pergi saat berada di posisi teratas bukan setelah sudah tidak bisa bermain lagi,” ungkap Varane di Instagram. “Butuh keberanian besar mendegarkan kata hati dan insting Anda.”

Varane mengalami kariernya di klub Ligue 1 Lens dan hanya bermain satu musim bersama tim utama sebelum bergabung dengan Real Madrid pada 2011.

Cek Artikel:  Persik Kediri Jadikan Pelajaran Kekalahan di Laga Uji Coba Rival PSIM Yogyakarta

Dia bermain selama 10 tahun bersama klub La Perserikatan itu, memenangkan 18 gelar, mencakup tiga gelar La Perserikatan dan empat gelar Perserikatan Champions.

Baca juga : Como 1907 Selangkah Tengah Dapatkan Raphael Varane

Bek itu kemudian pindah ke Old Trafford pada 2021 dengan nilai transfer sebesar 34 juta pound sterling. Dia tampil 95 kali untuk Manchester United meski lebih banyak dibekap cedera.

Varane memenangkan Piala Perserikatan pada 2022 dan penampilan terakhirnya untuk Setan Merah adalah final Piala FA kala klub besutan Erik ten Hga itu mengalahkan Manchester City, Mei lalu.

Presiden FIFA Gianni Infantino mendoakan Varane meraih yang terbaik di masa depan.

Cek Artikel:  Pablo Torre Senang dengan Performanya Ketika Bantai Villarreal

Baca juga : Legenda MU Puji Varane Setinggi Langit

“Dia adalah legenda sepak bola yang merupakan suara penting dalam upaya FIFA memerangi rasisme,” kata Infantino.

Sementara Cristiano Ronaldo, yang bermain dengan Varane di Real Madrid dan Manchester United, juga melontarkan pujian untuk pemain belakang itu.

“Karier yang luar biasa bagi seorang legenda sepak bola. Selamat untuk semuanya, saudaraku,” tulis Ronaldo di Instagram.

Varane melakukan debutnya untuk timnas Prancis pada 2013 dan telah tampil sebanyak 93 kali. Dia memenangkan Piala Dunia 2018, Perserikatan Negara 2021, dan Piala Dunia 2022. (bbc/Z-1)
 

Mungkin Anda Menyukai