PLN Jawa Barat Dukung Pembangunan Berkelanjutan di Desa Terdapatt Kampung Kuta

PLN Jawa Barat Dukung Pembangunan Berkelanjutan di Desa Adat Kampung Kuta
General Manager PLN Jabar Susiana Mutia memeriksa meteran listrik milik warga di Kampung Terdapatt Kuta, Kabupaten Ciamis.(DOK/PLN JAWA BARAT)

DALAM rangka mendukung pelestarian budaya lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat adat di Kampung Kuta, Kabupaten Ciamis, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) menyalurkan bantuan infrastruktur yang terintegrasi. Dukungan ini diberikan dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Donasi terdiri dari pemasangan baru dan penambahan daya listrik gratis untuk 16 pelanggan, perbaikan instalasi rumah adat untuk 79 rumah, peralatan pembuatan gula semut, pemberdayaan UMKM, dan Sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan kepada Masyarakat Kampung Terdapatt Desa Kuta.

Kampung Terdapatt Desa Kuta berada di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis.

General Manager PLN Jabar Susiana Mutia menyatakan PLN terus mengambil peran dalam upaya mendukung komunitas lokal melalui program-program pemberdayaan yang berkelanjutan.
 
“Listrik merupakan salah satu kebutuhan vital masyarakat yang pemanfaatannya dapat mendorong pembangunan di berbagai sektor. Program TJSL PLN ini merupakan bentuk nyata kontribusi PLN yang dirancang untuk memberikan manfaat jangka panjang, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan bagi masyarakat,” tambahnya.

Cek Artikel:  Gempa Bandung, KCIC Periksa Seluruh Area Jalur Whoosh

Dia menambahkan dengan bantuan listrik, masyarakat dapat  menggunakannya untuk belajar, hiburan, membantu kegiatan rumah tangga, bekerja  dan berbagai kegiatan produktif.

Dengan bantuan mesin pembuat gula semut dan pelatihan UMKM perajin gula, warga dapat meningkatkan kompetensinya. Mereka dapat meningkatkan jumlah produksi serta varian produk gula yang berujung pada peningkatan penghasilan.

Gula semut sedang tren sebagai pemanis berbagai minuman khususnya kopi, jajanan ataupun makan. Gula semut pun lebih tahan lama, pengemasannya lebih mudah dan penyimpananya lebih aman, serta harga yang lebih tinggi.  

Lebih lanjut, pengetahuan ketenagalistrikan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga akan keamanan dan keselamatan ketenagalistrikan, sehingga diharapkan kebakaran rumah adat akibat korsleting listrik terhindarkan.  

Cek Artikel:  Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa di Garut Mencapai 1.629 Unit

Listrik prabayar

“Sekalian bantuan PLN tersebut terintegrasi dan bersifat berkelanjutan. Dengan  memadukan elemen modern dan tradisional, diharapkan PLN dapat membantu Desa Terdapatt Kampung Kuta untuk terus berkembang tanpa kehilangan identitas budayanya,” tandas Susiana.

Kampung Terdapatt Kuta di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, kini juga dikenal sebagai kampung token dengan sistem listrik prabayar yang diadopsi oleh seluruh warganya.

PLN Jawa Barat telah memastikan bahwa seluruh pelanggan di Desa Terdapatt Kampung Kuta menggunakan listrik prabayar, sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengontrol penggunaan energi mereka dengan lebih baik dan efisien.

Cek Artikel:  Kader Partai Gerindra Kota Bandung Deklarasi Dukung Farhan-Erwin

Hal ini juga sejalan dengan tujuan PLN untuk memberikan layanan listrik yang modern, aman, dan berkelanjutan.

“Kampung Kuta adalah salah satu contoh sukses bagaimana teknologi dapat bersinergi dengan kehidupan tradisional tanpa menghilangkan nilai-nilai lokal. Dengan sistem listrik prabayar, masyarakat memiliki fleksibilitas lebih dalam mengelola konsumsi energi mereka,” tambah Susiana.

Penjabar Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kontribusi PLN dalam mendukung pengembangan komunitas adat. “Program TJSL ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam mengedepankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.”

 

Mungkin Anda Menyukai