Tim SAR Gabungan Kabupaten Subang Antisipasi Gempa Megathrust

Tim SAR Gabungan Kabupaten Subang Antisipasi Gempa Megathrust
Tim SAR Gabungan dan relawan di Subang menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam, khususnya gempa bumi.(MI/REZA SUNARYA)

UNTUK menghadapi potensi gempa kekuatan skala besar, Tim SAR dan relawan di Kabupaten Subang terus bergerak dan menyiapkan diri. Sejumlah langkah antisipasi dan mitigasi dilakukan.

Tim SAR dan relawan gabungan berasal dari Dinas Sosial, Tagana, PMI, Damkar dan relawan Kampung Siaga, Kabupaten Subang. Mereka akan  memperkuat kesiapsiagaan masyarakat di Kabupaten Subang menghadapi potensi gempa bumi megathrust.

“Kepada menghadapi potensi gempa bumi besar, kami perlu meningkatkan kemampuan mitigasi masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan rawan bencana. Di antaranya di wilayah selatan yang tidak jauh dari Sesar Lembang dan pantai utara,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang, Tatang Komara.

Cek Artikel:  610 Lulusan Politeknik Pariwisata NHI Bandung Diwisuda, Ditantang Lakukan Penemuan

Upaya mitigasi yang ditekankan, lanjut dia, antara lain mengetahui jalur-jalur evakuasi serta titik kumpul yang jauh dari bangunan yang rentan roboh akibat gempa. Selain itu, masyarakat perlu menyiapkan tas siaga bencana untuk mengisi keperluan darurat serta dokumen-dokumen penting yang mudah dibawa.

Dia menambahkan selain potensi gempa bumi besar, masyarakat di wilayah Kabupaten Subang juga harus mewaspadai adanya Sesar Baribis yang juga berpotensi menimbulkan gempa.

“Sesar Baribis di Kabupaten Subang beradadi sepanjang Sungai cipunagara. Di beberapa titik Sesar Baribis juga merupakan pusat kawah vulkanis Gunung Tangkuban Parahu,” jelasnya.

Kepada itu, lanjut Tatang, perlu ada kerja sama multipihak untuk memberikan simulasi edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat ketika terjadi bencana alam itu.

Cek Artikel:  Antrique Bertransformasi Menjadi Waithub

 

Mungkin Anda Menyukai