Timnas Indonesia U-16 Lakukan Seleksi Ketat Demi Gapai Prestasi, Ratusan Pemeran Bakal Terlibat

Liputanindo.id JAKARTA – Memasuki hari kedua seleksi, Timnas Indonesia U-16 menggelar seleksi dengan ketat di Lapangan B Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (20/2/2024). Instruktur Timnas, Nova Arianto memimpin langsung proses seleksi serta menyaksikan langsung talenta muda yang berusaha menonjolkan kemampuan mereka.

Kehangatan persaingan untuk menunjukkan keunggulan masing-masing pemain sangat terasa pagi tadi. Meskipun beberapa di antara mereka terlibat dalam insiden-insiden kecil, seperti saling jegal, semangat sportivitas tetap dijunjung tinggi.

“Persaingan di sini sangat ketat. Saya bahkan beberapa kali bersinggungan dengan pemain lain di lapangan, tetapi semuanya berjalan dengan baik karena kami menghargai satu sama lain dan tetap menjunjung sportivitas. Saya akan terus berusaha dan berharap dapat terus berkontribusi di tim ini,” kata salah seorang pemain yang mengikuti seleksi, Marthquin Gustavo, sebagaimana ditulis situs resmi PSSI.

Cek Artikel:  Atlanta Pemenangi Aliansi Europa, Sukses Cetak Sejarahnya Sendiri

Seleksi ini merupakan tahap pertama dari serangkaian kegiatan bulan ini, yang direncanakan akan terbagi dalam tiga gelombang. Nova telah memantau kualitas para pemain sejak pagi hingga sore kemarin selama internal game.

“Kami mengadakan tiga gelombang seleksi dalam tahap pertama ini, dengan masing-masing gelombang diikuti oleh 32 pemain. Jadi total ada 100 pemain yang kami seleksi, berasal dari berbagai kompetisi seperti Aliansi Topskor, Piala Soeratin, dan Elite Pro Academy,” ungkap Nova.

Para pemain yang timnya telah lolos ke delapan besar di Elite Pro Academy diberi kesempatan untuk fokus pada kompetisi mereka terlebih dahulu. Mereka akan diikutsertakan dalam seleksi tahap kedua setelah kompetisi berakhir.

Cek Artikel:  Bantai Chelsea 5-0, Arsenal Tak Tergeser di Puncak Klasemen

Dalam latihan Timnas U-16 ini, gaya khas latihan ala Shin Tae-yong terlihat jelas. Salah satu metodenya adalah penggunaan kaos kaki berbeda warna untuk membedakan kaki kuat dan kaki lemah para pemain.

“Kaos kaki ini membantu kami untuk mengetahui kaki dominan pemain, baik kanan maupun kiri, sehingga kami dapat merencanakan latihan dengan lebih efektif,” terang Nova.

Seleksi gelombang pertama tim U-16 akan berakhir pada 21 Februari 2024. Sekalian pemain yang terlibat dalam gelombang ini akan dipulangkan terlebih dahulu untuk memberi kesempatan bagi pemain lain untuk mengikuti seleksi di gelombang kedua tahap pertama ini. (RMA)

Mungkin Anda Menyukai