Ini Penyebab Flek Hitam pada Kulit

Ini Penyebab Flek Hitam pada Kulit
Ahli estetika NMW Aesthetic dr Nandia Kondusifda (kiri).(MI/MEILANI TENIWUT)

DALAM peluncuran Kanal Jelita Media Indonesia yang digelar dengan suasana penuh semangat dan antusiasme, dr Nandia Kondusifda, seorang ahli estetika dari NMW Aesthetic Doctor, membahas secara mendalam tentang flek hitam, masalah kulit yang umum terjadi pada berbagai kelompok usia. Flek hitam ditandai dengan munculnya bintik hitam pada wajah, lengan, bahu, dan bagian tubuh lainnya.

“Flek hitam adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam pada wajah, lengan, bahu, dan bagian tubuh lainnya. Flek hitam ini merupakan kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome,” ucapnya.

Acara yang digelar di Vertu Serasi, pusat kota Jakarta pada Jumat (21/6) itu dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari Gen Z hingga milenial serta lansia. Suasana ruangan dipenuhi dengan nuansa pink yang mendukung peluncuran Kanal Jelita.

Baca juga : Flek Hitam Akibat Paparan Sinar Surya Dapat Dicegah dengan Langkah Ini Loh!

Menurut Dr. Nandia, paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet adalah penyebab utama dari flek hitam. “Kondisi kulit tertentu atau efek samping dari obat juga bisa memicu timbulnya flek hitam. Seluruh orang dengan segala usia bisa mendapatkan flek hitam, tetapi kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia paruh baya,” tambahnya.

Cek Artikel:  Tampil Lebih Muda dengan Liquid Facelift

Ia juga menjelaskan bahwa flek hitam lebih mudah terlihat dan muncul pada orang dengan warna kulit cerah. “Masalah kulit itu banyak sekali, tetapi yang paling sering muncul salah satunya adalah flek hitam. Flek ini memiliki berbagai penyebab, ada yang sifatnya turunan atau genetik, ada yang didapat di usia kecil, bahkan sejak usia 2-3 tahun sudah bisa muncul flek,” jelasnya.

Selain itu, Nandia menekankan pentingnya penggunaan sunscreen sebagai cara efektif untuk mencegah munculnya flek hitam. “Tinggal di Indonesia dengan iklim tropis membuat kita sangat rentan terhadap flek hitam. Langkah mencegahnya adalah dengan penggunaan sunscreen. Meskipun kita sudah memakai sunscreen, tetap saja paparan sinar matahari yang terus-menerus bisa memicu munculnya flek, tetapi penggunaan sunscreen bisa meminimalisir risiko tersebut,” ungkapnya.

Cek Artikel:  Tips Atasi Gas dan Kembung Pascabersalin,

Baca juga : Mustika Ratu Konsisten Gunakan Bahan-bahan Alami di Taatp Produknya

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa flek hitam dapat muncul pada masa kanak-kanak, dewasa, setelah melahirkan, atau selama kehamilan. Elemen genetik, hormonal, serta riwayat penggunaan kontrasepsi juga mempengaruhi kemunculan flek hitam. “Kemunculan flek hitam dipengaruhi erat oleh paparan sinar matahari, genetik, kondisi hormonal tubuh kita, dan riwayat penggunaan kontrasepsi atau pil KB. Itulah mengapa perempuan memiliki risiko lebih besar,” tuturnya.

Ia  juga menyampaikan kebanggaannya dalam kesempatan ini untuk berbagi informasi penting mengenai perawatan dan pencegahan flek hitam, membantu masyarakat lebih peduli dan memahami cara menjaga kesehatan kulit mereka.

Turut hadir juga Aida Ahmad, seorang penulis dan psikolog, merupakan salah satu peserta yang memberikan pandangannya tentang Kanal Jelita. “Jadi awalnya saya mengikuti Instagram-nya Media Indonesia, lalu sudah membaca Media Indonesia serta mendaftar. Menurutku, soal Jelita ini adalah kanal yang bagus untuk perempuan karena perempuan itu perlu diedukasi secara literasi. Jadi perempuan bukan hanya sebagai konsumen, tetapi juga sebagai produser dari informasi media,” katanya.

Cek Artikel:  Manfaat Bedah Robotik untuk Mengatasi Kista dan Miom

Baca juga : Natural Honey Botanical, Keindahan Alami dalam Perawatan Kulit Indonesia

Ia menambahkan, “Kanal ini sangat mendukung kapasitas seorang perempuan yang sama dengan laki-laki. Makanya, rangkaian acara tadi begitu mengedukasi literasi untuk perempuan. Cita-cita saya, semoga Jelita ini jadi kanal edukasi buat perempuan dan laki-laki, tidak hanya membahas soal domestik, tapi juga mengangkat perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Saya harap Jelita ini bisa terus memperjuangkan hak-hak perempuan untuk tidak terciptanya perbedaan.”

Aida juga menyatakan bahwa acara ini memberikan pandangan yang baik tentang cara merawat diri, baik untuk wajah maupun kulit.

Suasana acara yang penuh antusiasme juga dimeriahkan dengan berbagai booth pameran, mulai dari konsultasi masalah kulit hingga penjualan produk Natural Honey dengan harga promo menarik lainnya. (Z-6)

 

Mungkin Anda Menyukai