9 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan, Bagus untuk Pencernaan

9 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan
Berikut maknfaat buah sawo(Ist/Wiki)

BUAH sawo atau Manilkara zapota adalah buah tropis yang berasal dari daerah Meksiko, Amerika Tengah, dan Karibia, tetapi kini juga banyak dibudidayakan di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia.

Buah ini memiliki bentuk bulat hingga oval dengan kulit yang cokelat tua dan permukaan yang halus. Daging buah sawo berwarna cokelat kekuningan dan memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang sangat manis, mirip dengan rasa karamel.

Selain lezat, buah ini juga kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca juga : 9 Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan, Bagus untuk Jantung

Berikut 9 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Buah sawo kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Artikel:  Pewarisan Sifat dalam Pemuliaan Tanaman dan Hewan

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah sawo berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah sawo mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah masalah seperti sembelit. Serat juga membantu menjaga kesehatan usus.

Baca juga : 7 Manfaat Anggur Hijau bagi Kesehatan, Bagus untuk Tulang

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium dalam sawo dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kalium berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi jantung yang sehat.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan antioksidan dalam buah sawo membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Cek Artikel:  Konsep Hunian Integrasi TOD Relevan untuk Fenomena Urban Sprawl

6. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam sawo berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin ini membantu mencegah masalah penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca juga : 9 Manfaat Jus Tomat bagi Kesehatan, Bagus untuk Mengatur Gula Darah

7. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Karena kaya serat dan rendah kalori, buah sawo dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat bermanfaat dalam pengendalian berat badan.

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Buah sawo memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi.

9. Meningkatkan Kekuatan dan Stamina

Sawo mengandung karbohidrat alami yang dapat memberikan energi cepat dan stamina, menjadikannya pilihan yang baik untuk meningkatkan performa fisik.

Cek Artikel:  Indonesia Jadi Sepuhn Rumah ICCN Pertama di Asia Tenggara

Buah sawo dapat dikonsumsi langsung setelah dikupas, atau bisa juga diolah menjadi berbagai hidangan, seperti jus, salad buah, atau campuran dalam smoothie. Niscayakan untuk memilih sawo yang matang untuk mendapatkan rasa yang manis dan tekstur yang lembut.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, buah sawo dapat menjadi tambahan yang baik untuk diet sehat Anda. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai