Pemkab Cianjur sudah Lunasi Utang Pinjaman Daerah Rp150 Miliar ke Perbankan

Pemkab Cianjur sudah Lunasi Utang Pinjaman Daerah Rp150 Miliar ke Perbankan
Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cianjur,(MI/BENNY BASTIANDY)

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sudah melunasi utang pinjaman daerah kepada perbankan. Penyelesaian utang tersebut dilakukan sebelum masa jatuh tempo pada 2025.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cianjur, Ricky Ardhi Hikmat, menjelaskan pinjaman daerah sebesar Rp150 miliar dilaksanakan pada 2023. Biayanya digunakan untuk menbiayai pembangunan infrastruktur jalan.

“Alhamdulillah, pada Agustus 2024 Pemkab Cianjur sudah melunasinya ke pihak perbankan. Anjlok tempo pelunasan sebetulnya pada 2025. Tapi tahun ini sudah kita selesaikan,” tuturnya, Rabu (9/10).

Baca juga : Penerimaan Pajak Daerah di Cianjur tidak Terganggu Pemilu maupun Pilkada 2024

Ricky menambahkan pelunasan pembayaran utang pinjaman daerah merupakan komitmen pemerintah daerah. Pembayarannya pun lebih dipercepat.

Cek Artikel:  Makan Bergizi Gratis sudah Berjalan di Cianjur sejak 2022 dengan Sasaran Lansia

“Memang sudah ada pos anggarannya untuk pembayaran utang pinjaman daerah,” tuturnya.

Proses pinjaman daerah sudah melalui kesepakatan dengan pihak legisatif. Termasuk proses mekanisme pembayarannya.

Baca juga : Puluhan Kaum di Cianjur Diduga Keracunan Nasi Boks

“Berbagai tahapan proses peminjaman dana sudah dilaksanakan sesuai prosedur. Maksudnya, pemerintah daerah dan legislatif sudah sepakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUTR Kabupaten Cianjur Eri Rihandiar mengatakan, dana pinjaman daerah dari pihak perbankan dialokasikan untuk peningkatan infrastruktur empat titik ruas jalan dengan lima paket pekerjaan. Seluruh titik ruas jalan berada di wilayah selatan.

Pembangunan pekerjaannya dilakukan dengan pembetonan. Kelima ruas jalan itu yakni Sumur-Cukanggaleuh-Padaasih-Cibungur, ruas jalan Tangkil-Leles-Agrabinta sepanjang 10,4 kilometer, ruas jalan Tangkil-Leles-Agrabinta sepanjang 16,3 kilometer, ruas jalan Bayuning-Cimaragang-Cibuluh-Merekahjaya -Londok sepanjang 19 kilometer, dan dua ruas jalan di Kecamatan Pasirkuda sepanjang lebih kurang 18 kilometer.

Cek Artikel:  Member Fraksi NasDem DPRD Jawa Barat Sambut Bagus Orientasi yang Digelar Kemendagri

“Anggaran pinjaman daerah sebesar Rp150 miliar dipakai untuk meningkatkan infrastruktur jalan,” kata Eri.

 

Mungkin Anda Menyukai