Ubur-Ubur Sisir yang Menyatu Penemuan Menakjubkan tentang Penyatuan Hewan dan Sistem Saraf yang Berbagi

Ubur-Ubur Sisir yang Menyatu: Penemuan Menakjubkan tentang Fusi Hewan dan Sistem Saraf yang Berbagi
Peneliti dari Universitas California, Berkeley menemukan spesies ubur-ubur sisir (ctenophore), yang dikenal sebagai “sea walnuts,” dapat menyatu ketika terluka. (Alamy)

PARA ilmuwan menemukan ubur-ubur sisir (comb jellies) bisa menyatu jika terluka.

Peneliti yang mempelajari spesies invertebrata laut gelatinosa yang dikenal sebagai “sea walnuts”, mengatakan mereka membuat penemuan ini setelah melihat individu dengan bentuk yang tidak biasa di tangki laboratorium.

“Saya sangat bersemangat,” kata Dr. Oscar Arenas, salah satu penulis penelitian dari Universitas California, Berkeley.

Baca juga : Peneliti BRIN Ungkap Lima Golongan Keong Darat untuk Obat Herbal

Menulis dalam jurnal Current Biology, tim melaporkan, di antara ciri-ciri lainnya, makhluk tersebut tampak memiliki dua “aboral ends”, atau bagian belakang.

Selain itu, kata Arenas, hewan itu memiliki dua mulut – sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

“Ini membuat kami bertanya-tanya apakah ini adalah hasil dari dua hewan independen yang menyatu,” katanya. “Malam itu juga, kami mulai mencoba mereplikasi pengamatan ini.”

Cek Artikel:  Tingkat Kesuburan di AS Mencapai Rekor Terendah pada 2023

Baca juga : Teliti Limbah Likuid Industri Sawit Mahasiswa Doktoral UGM Raih Grant 400.000 Yen

Tim mengambil sepasang sea walnuts, yang dikumpulkan dari lokasi berbeda pada waktu yang berbeda. Taatp pasangan, mereka memotong sebagian sisi tubuh. Taatp pasangan kemudian disatukan sepanjang malam dengan cedera mereka saling bersentuhan.

Hasilnya mengungkapkan, dalam sembilan dari 10 kasus, individu-individu tersebut menyatu.

“Setelah kami menyadari kami bisa mereproduksi fusi secara konsisten, kami memperpendek waktunya, dan akhirnya kami menemukan bahwa fusi terjadi dalam beberapa jam di dalam cawan petri,” kata Arenas.

Baca juga : BRIN Teliti Lidah Buaya untuk Mencegah Stunting

Tim mencatat bahwa ini bukan pertama kalinya proses penyatuan ubur-ubur sisir – atau ctenophores, dilaporkan, tetapi mereka mengatakan eksperimen mereka memperluas pengamatan semacam itu.

Di antara temuan lainnya, tim menemukan bahwa ketika mereka menyentuh salah satu sisi makhluk yang telah menyatu, kedua individu tersentak dan berkontraksi, hasil yang menunjukkan sistem saraf pasangan tersebut mungkin telah menyatu, kata mereka.

Cek Artikel:  Spesifikasi Bom MK-84 Buatan AS Dijatuhkan Israel pada Al-Mawasi

Arenas mengatakan penemuan ini menarik karena sangat sedikit yang diketahui tentang sistem saraf ctenophore.

Baca juga : Ini Bahaya Berbagi Sabun Batangan, Menurut Penelitian dan Spesialis

“Selain itu, mengingat ctenophore sekarang dianggap sebagai keturunan dari nenek moyang semua hewan lain, mempelajari bagaimana sistem saraf mereka bekerja sangat penting untuk memahami prinsip-prinsip dasar fungsi neuron,” katanya.

“Lebih jauh lagi, pengamatan kami menunjukkan bahwa ctenophore mungkin dapat menjadi model yang sangat baik untuk menyelidiki proses evolusi sistem pengenalan diri dan meningkatkan pemahaman kita tentang pencangkokan jaringan dan regenerasi pada banyak jaringan, termasuk sistem saraf.”

Gagasan bahwa sistem saraf telah menyatu didukung oleh penemuan bahwa, satu jam setelah ubur-ubur sisir dipasangkan, kontraksi otot mereka mulai sinkron. Sebuah eksperimen yang melibatkan enam pasang yang menyatu menunjukkan 95% kontraksi dalam setiap pasangan sepenuhnya sinkron setelah dua jam.

Cek Artikel:  Asosiasi Medis Korsel Tuntut Pemerintah Batalkan Penambahan Kuota Topengteran 2025

Para peneliti menemukan bahwa ketika mereka memberi makan salah satu ubur-ubur sisir dengan makanan berlabel fluoresen, partikel-partikel itu masuk ke dalam sistem pencernaan ubur-ubur lainnya. Tetapi, produk limbah yang dicerna dikeluarkan dari kedua anus secara tidak sinkron.

Arenas mengatakan penelitian ini menunjukkan bahwa ubur-ubur sisir memiliki sedikit mekanisme untuk membedakan jaringannya sendiri dari jaringan lainnya dari spesies yang sama.

“Saya yakin bahwa ini memberikan wawasan tentang mekanisme molekuler bagaimana sel-sel tunggal mengenali diri mereka sendiri ketika mereka menyatu menjadi hewan multiseluler.” (The Guardian/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai