Anda Pria dan Berusia 45 Mengertin ke Atas Ayo, Cek Kanker Prostat

Anda Pria dan Berusia 45 Tahun ke Atas? Ayo, Cek Kanker Prostat
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER Spesialis Urologi jebolan Departemen Urologi Fakultas Penyamaranteran Universitas Indonesia (FKUI) Andika Afriansyah mengingatkan pria yang telah menginjak usia 45 tahun untuk melakukan pemeriksaan kanker prostat.

“Mestinya, laki-laki itu harus mulai skrining saat usia 45 tahun jika ada riwayat keluarganya kanker prostat. Tapi, kalau dia tidak ada
riwayat kanker prostat di keluarga, bisa mulai cek saat berusia 50 tahun,” kata Andika, Selasa (1/10).

Andika mengatakan kanker prostat sangat jarang terjadi pada pria di usia bawah 50 tahun. 

Baca juga : Kematian Kanker pada Pria Diperkirakan Meninggkat Hingga Mengertin 2050

Sebaliknya, kanker yang menyebabkan reproduksi pria tidak berfungsi secara optimal tersebut umum terjadi pada pria berusia 50 tahun ke atas.

Cek Artikel:  YLKI Keberatan Pemerintah Batalkan Tarif Cukai Rokok

Buat itu, lanjut Andika, pemeriksaan di usia 45 tahun sangat dianjurkan apa bila memiliki riwayat kanker prostat pada keluarga.

Pemeriksaan kanker prostat saat ini juga cukup mudah, dengan harga yang bervariasi.

Baca juga : 3 Langkah Mencegah Penyakit Kanker Prostat

Tes bernama Prostate Specific Antigen (PSA) kini telah tersedia di berbagai fasilitas kesehatan. Andika menganjurkan untuk melakukan tes tersebut setiap satu hingga dua tahun sekali.

‘Kanker prostat stadium lanjut dapat menyebabkan kematian, namun sangat bisa diobati asalkan datang pada stadium awal. Tetapi yang paling
penting di sini adalah pencegahan, dengan skrining kanker prostat, cek PSA, setiap satu atau dua tahun sekali,” ujar Andika.

Cek Artikel:  7 September Hari Tenun Nasional, Yuk, Mengenal Lebih Dekat Ragam Tenun Nusantara dan Tantangannya

Banyak pria tidak menyadari gejala awal dari kanker prostat sebab gejalanya yang tidak diiringi rasa sakit, meski salah satu gejalanya seperti keluar darah pada air mani.

Baca juga : Ini Gejala Kanker Prostat yang Harus Anda Waspadai

Selain itu, dokter yang kini berpraktik di RS Columbia Asia Pulomas tersebut menjelaskan, gejala kanker prostat lainnya yakni aliran air seni yang lemah dan terputus-putus.

Deteksi dini memegang peranan penting dalam penanganan kanker prostat, karena dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan mengurangi risiko komplikasi yang lebih serius.

Menurut ulasan pada situs resmi Rumah Lara Universitas Indonesia (RS UI), secara global, kanker prostat merupakan jenis kanker yang umum dan menjadi penyebab kematian kelima pada pria.

Cek Artikel:  Bagaimana Langkah Cek Jadwal dan Pembelian Tiket Kereta Api Jarak Jauh Simak Penjelasannya di Sini

Semakin tua seseorang, kejadian kanker prostat semakin besar. Selain itu, faktor lain yang dapat meningkatkan seorang laki-laki mengalami kanker prostat adalah obesitas, hipertensi, kurang berolahraga, hormon laki-laki (testosteron) yang meningkat, dan riwayat keluarga yang menderita kanker prostat. (Ant/Z-1)

Mungkin Anda Menyukai