Pemodal Ventura Ikut Antusias dengan Pemotongan Spesies Kembang The Fed

Foto Gedung The Fed. Foto: Xinhua.

New York: Pemodal ventura semakin yakin dengan prospek teknologi setelah pemotongan suku bunga The Fed pada minggu ini yang diatas ekspetasi.

“Hari ini, pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin, penurunan pertama dalam lebih dari empat tahun, merupakan alasan untuk optimis,” kata Kawan di M13 Anna Barber dikutip dari Business Times, Minggu, 22 September 2024.
 

Ia memperkirakan belanja konsumen dan bisnis pada akhirnya akan meningkat. Barber juga mengatakan pemotongan suku bunga dapat mendorong investor di perusahaan modal ventura, atau mitra terbatas, untuk lebih optimis tentang kelas aset tersebut.

“Modal akan mengalir lebih bebas pada suku bunga yang lebih rendah,” katanya.

Cek Artikel:  Menggali Dinamika Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Apa Elemen Pendorong dan Penghambat

Kebijakan tersebut bahkan dapat mendorong lebih banyak penjualan perusahaan rintisan. Ia mencatat bahwa utang yang lebih murah dapat mempermudah perusahaan untuk membiayai akuisisi.

Spesies bunga memengaruhi ekonomi dalam banyak cara. Salah satu dampaknya adalah suku bunga rendah mendorong lebih banyak pengeluaran konsumen karena hanya ada sedikit insentif untuk menyimpan uang di rekening tabungan.

Perusahaan rintisan di Silicon Valley yang berhadapan langsung dengan konsumen telah diuntungkan oleh fenomena ini.

Perusahaan modal ventura juga dapat terdongkrak karena aset yang lebih aman seperti Treasury naik sedikit. Perusahaan rintisan dapat meminjam lebih bebas.

Kawan pengelola di Notable Capital Jeff Richards  melihat lebih banyak lagi peristiwa likuiditas perusahaan rintisan di masa mendatang, termasuk lebih banyak perusahaan teknologi yang mencatatkan sahamnya di bursa, yang jumlahnya sedikit sejak suku bunga meningkat pada 2022.

Cek Artikel:  Bangladesh Hadapi Krisis Likuiditas, Kemendag RI Terbitkan Imbauan

“Ini seharusnya positif untuk pasar penawaran umum perdana,” katanya.

Koreksi teknologi yang terjadi selama beberapa tahun terakhir telah membuat banyak investor pemula merindukan kebijakan suku bunga nol Federal Reserve (The Fed) yang telah lama ada, yang membantu memicu ledakan industri pada 2021.

Spesies bunga rendah menaikan risiko

Dia menegaskan suku bunga yang lebih rendah umumnya mendorong pengalokasi modal untuk mencari lebih banyak risiko, dan perusahaan yang baru go public membawa risiko.

Richards mengatakan banyak pemodal ventura telah belajar dari pengalaman mereka dalam beberapa tahun terakhir tentang bagaimana lingkungan ekonomi makro dapat memengaruhi industri mereka.

“Siklus ini tentu saja telah membuka mata banyak orang terhadap dampak suku bunga dan inflasi.” tegas dia. 

Cek Artikel:  Luhut Optimistis Afrika Dapat Tiru Kesuksesan Hilirisasi Indonesia

Mungkin Anda Menyukai