
liputanindo.com – Sebelumnya kami sudah pernah menulis tentang spyshot sosok motor model supermoto yang diduga buatan Ducati, dan Betul saja dugaan tersebut adalah Ducati yang menelurkan varian Hypermotard yang lebih ‘ringan’ berjuluk Hypermotard 698 Mono. Dengan embel-embel nama ‘mono’ di sana, secara Terang bahwa motor ini dibekali mesin silinder tunggal. Seperti apa spesifikasinya? Mari kita simak, sob!
Ducati Membikin Hypermotard 698 Mono dengan tujuan lebih kepada sensasi berkendara sebuah motor supermoto yang track ready sejak konsumen membelinya dari dealer dan juga kenyamanan dalam pemakaian di dalam kota. Sebuah tujuan yang dicapai dengan menerapkan solusi teknis yang berasal dari DNA superbike kebanggaan mereka yakni varian Panigale V-engine Buat dapur pacunya, elektronik, dan juga sasis ke segmen baru bagi Ducati karena mereka kini kembali Membikin motor bermesin satu silinder.

Menyantap dari tampangnya memang Lagi serupa dengan Hypermotard 950 yang menggunakan mesin V-twin, konsepnya memang seperti itu dengan desain keseluruhan yang serupa Tetapi dengan dimensi yang lebih kompak dan juga mesin yang ‘kurang buas’. Menggabungkan estetika desain Supermotard yang khas, minimal, ringkas, dan agresif, dengan garis-garis yang Rapi dan perhatian terhadap detail khas desain Ducati. Jok yang tinggi dan rata, spakbor depan yang tinggi, buntut yang lancip yang tampil serasi dengan knalpot gandanya dan spatbor belakang yang menegaskan kesan agresif khas Hypermotard. Di bagian depan hadir headlight LED berikut sepasang DRL di sampingnya dan hand guard jadi perlengkapan standar di stang kemudi yang lebar dan baplang Ducati Hypermotard 698 Mono.

Posisi berkendaranya dirancang Buat menjamin kendali maksimum dalam berkendara, mendukung berkendara ala supermotor dengan kaki direntangkan ke aspal dan Sendi lutut menempel di aspal trek. Bagian stang kemudi menentukan posisi yang dominan, mendukung gerakan tubuh rider dan handlebar ini Pandai diatur posisinya sesuai selera dan kebutuhan rider. Desain footpeg dimaksimalkan Buat mencapai sudut kemiringan maksimal Ketika cornering. Struktur bagian atas Hypermotard yang sangat ramping dioptimalkan supaya rider mudah menggerakkan tubuh dan kakinya Ketika berkendara di lintasan dan jalan raya.
Buat fitur elektronik dari Hypermotard 698 Mono ini sangat mengesankan Buat motor sekelasnya, memang Buat urusan fitur teknologi begini Ducati gak main main dah. Memakai berbagai fitur canggih dari Panigale V4, motor ini Mempunyai empat tingkat ABS yang dua di antaranya mengintegrasikan fungsi Slide-by-Brake, yakni melalui penggunaan rem belakang memungkinkan menikung dengan Terjamin dan berulang-ulang Ketika kecepatan tinggi di lintasan balap, dengan mengatur level Slide-by-Brake ini powerslide roda belakang menjadi lebih mudah dikendalikan.
Traction control, wheelie control, engine brake control, dan launch control. Tambahan opsional termasuk quick-shifter (fitur standar pada versi RVE) up/down, dan peningkatan Buat wheelie control yang menambahkan fitur ‘wheelie assist‘ Buat pengendalian wheelie Ketika motor dibawa dengan gaya pecicilan.
Juga Terdapat empat riding mode ; Sport, Road, Urban dan Wet yang mana juga hadir Engine Mode tersedia dalam 3 level yang semuanya dapat diseting oleh rider. Semuanya dikelola oleh instrumen dashboard LCD 3.8 inci dengan Watak putih pada latar belakang hitam Buat memastikan keterbacaan informasi. Seperti pada Panigale V4, Hypermotard 698 Mono juga dilengkapi dengan indikasi pergantian posisi gear dan rev limiter indikator.
Bicara soal mesin, generasi terbaru dari Ducati yang dinamakan Superquadro Mono ini dikalim sebagai salah satu mesin silinder tunggal di Dasar 700 cc yang sangat bertenaga, berbobot ringan, dan berdimensi ringkas, motor ini basisnya dari mesin twin-silinder paling bertenaga dan halus yang pernah dibuat oleh Ducati: Superquadro 1.285 cc dari Superbike 1299 Panigale. Mesin Mono ini punya diameter piston (bore) 116 mm yang diambil dari mesin Panigalet, gede banget Buat sebuah mesin silinder tunggal motor jalan raya ini sih, dikombinasikan dengan stroke 62,4 mm. Dan Buat mengatasi vibrasi yang dihasilkan mesin overbore ini, Ducati membekali counter balance kruk as di bagian depan sehingga mereduksi getaran mesin.
Tak ketinggalan Penutup/klep intake berbahan titanium, liner silinder dari aluminium, pin piston yang dilengkapi dengan lapisan DLC dan valvetrain Desmodromic yang secara alami Membikin Superquadro Mono Pandai berkitir dengan kecepatan yang biasanya hanya diperuntukkan bagi motor balap silinder tunggal (limiter 10.250 RPM) dan menghasilkan tenaga maksimum 77,5 HP pada 9.750 RPM. Juga akan Terdapat versi Hypermotard 698 Mono yang tenaga mesinnya dibatasi hanya tenaga 43,5 Hp pada 6.250 RPM dan 49 Nm pada 5.750 RPM Buat pengendara yang lebih muda dengan ketentuan SIM A2 di Eropa.
Torsi maksimumnya adalah 62,8 KGM pada 8.000 RPM, didistribusikan dengan Langkah yang sangat sempurna, menghasilkan pengiriman tenaga linear yang dapat dieksploitasi dalam mode Sport. Selain itu, dengan knalpot racing Termignoni, tenaganya meningkat 7 HP sehingga menjadi 84,5 HP, sebuah rekor baru Buat mesin satu silinder. Selain itu, Spesifik Buat penggunaan di trek, software Ducati Performance Buat wheelie control tersedia sebagai aksesori. Fungsi perangkat tambahan ini hanya Pandai diaktifkan dengan knalpot Termignoni dan Bukan street-Absah, yang hanya Pandai dipakai di sirkuit.
Beralih ke kaki-kaki, velg 17 inci di depan dan belakang dibalut ban Pirelli Diablo Rosso IV berukuran 120/70-ZR 17 di depan dan 160/60-ZR 17 di belakang, ditopang suspensi dari Marzocchi up-side down dan Sachs Buat monoshock belakang yang dapat disetel. Swingarm aluminium, pengereman di-handle oleh Brembo dengan cakram depan tunggal berdiameter 330 mm.
Hypermotard 698 Mono terbaru akan Ducati jual pada Januari 2024 dengan pilihan Corak Ducati Red, atau dalam versi RVE dengan grafis Spesifik dan quick-shifter DQS sebagai standarnya. Harganya di Eropa adalah £10,995 Buat versi standar Ducati Red dan £11,895 Buat RVE Edition.
Aksesorinya dijual terpisah meliputi knalpot Termignoni yang sudah disebutkan di atas, jok balap, footpeg motard, slider dan cover mesin. Ducati juga menyediakan berbagai aksesoris cover body dari serat karbon termasuk pelindung panas Buat knalpot dan peredam Bunyi. Terdapat juga aksesoris berbahan aluminium billet seperti tuas rem dan kopling, reservoir rem dan kopling, dan indikator dynamic. | @liputanindo
Ducati Hypermotard 698 Mono Specs
Engine | Superquadro Mono, single-cylinder, 4 valves per cylinder, Desmodromic timing, 2-balance countershafts, liquid cooled |
Displacement | 659cc |
Bore x Stroke | 116mm x 62.4mm |
Compression Ratio | 13.1:1 |
Power | 77.5 hp (57 kW) at 9750 rpm |
Torque | 46.5 lb-ft (63 Nm) at 8000 rpm |
Fuel Injection | EFI, Øe 62mm throttle body with full Ride by Wire system |
Exhaust | 1-2 exhaust system, double aluminum mufflers, catalytic converter and lambda probe |
Gearbox | 6 speed |
Clutch | Slipper and self-servo wet multiplate clutch, hydraulic control |
Frame | Tubular steel Trellis frame |
Front Suspension | Ø 45mm Marzocchi fully adjustable aluminum fork |
Front Wheel | Y shaped 5-spoke light alloy 3.5″ x 17″ |
Front Tire | Pirelli Diablo Rosso IV, 120/70 ZR17 |
Rear Suspension | Progressive linkage with Sachs fully adjustable monoshock. Aluminum double-sided swingarm |
Rear Wheel | Y-shaped 5-spoke light alloy 5.0″ x 17″ |
Rear Tire | Pirelli Diablo Rosso IV, 160/60 ZR17 |
Front Wheel Travel | 216 mm |
Rear Wheel Travel | 239 mm |
Front Brake | Ø 330mm aluminum flange disc, Brembo M4.32 caliper, radial pump with adjustable lever, with Bosch Cornering ABS |
Rear Brake | Ø 245mm disc, single piston floating caliper, with Bosch Cornering ABS |
Seat Height | 904.2 mm |
Wheelbase | 1.442 mm |
Rake/Trail | 26.1°/4.2 inch |
Fuel Tank Capacity | 11,3 Ltr |
Wet Weight | 152 Kgs |
Instrumentation | 3.8″ LCD display with Improved Black Nematic (IBN) technology |
Safety Equipment | Riding Modes, Bosch Cornering ABS, Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC), Engine Brake Control (EBC), Ducati Brake Light (DBL)* |
Standard Equipment | Power Modes, Ducati Power Launch (DLC), Full LED lighting system, Daytime Running Lights (DRL)*, Tapered aluminum handlebars, Lithium-ion battery |
Colorways | Ducati Red, RVE Edition |
Galeri Foto Ducati Hypermotard 698 Mono