Perkuat Sinergi 3 Mengertin Holding Ultra Mikro melalui Budaya Kerja Kolaboratif

BRIGADE MADANI menjadi simbol internalisasi One Culture Akhlak di seluruh Holding Ultra Mikro (Foto:Dok.BRI)

Jakarta: Pembentukan Holding Ultra Mikro (UMi) yang ditandai dengan penandatanganan Akta Inbreng Absaham Pemerintah pada Pegadaian dan PNM sebagai penyertaan modal negara dengan BRI selaku induk holding pada 13 September 2021 lalu, merupakan langkah strategis untuk memperkuat layanan keuangan pada segmen ultra mikro.

Holding yang menggabungkan kekuatan tiga entitas yakni BRI, Pegadaian, dan PNM masing-masing berperan penting dalam memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat yang berada di lapisan bawah ekonomi.

Dengan sejarah panjang yang dimiliki BRI dalam pemberdayaan UMKM, keahlian Pegadaian dalam produk gadai dan tabungan emas, serta fokus PNM pada pembiayaan usaha prasejahtera, Holding UMi berhasil melayani 35,6 juta nasabah ultra mikro dengan total penyaluran kredit lebih dari Rp311 triliun pada akhir Juni 2024. Holding UMi juga terus memperluas layanan melalui 1.025 Unit Senyum di seluruh Indonesia, serta memberikan akses 15,5 juta masyarakat ke Tabungan Simpedes UMI. Upaya tersebut mendorong budaya menabung dan transaksi digital bagi nasabah ultra mikro.

Keberhasilan ini adalah bukti nyata komitmen Holding Umi dalam meningkatkan literasi keuangan dan memberdayakan nasabah. Kolaborasi ketiga entitas tidak hanya menyediakan produk keuangan, tetapi juga mengembangkan kapasitas nasabah melalui program edukasi seperti Pertemuan Golongan Mingguan, penggunaan rekening bank, dan pelatihan usaha. Program ini telah meningkatkan keterampilan keuangan nasabah. Selain itu, lebih dari 400 ribu AgenBRILink Mekaar meraih pendapatan tambahan setidaknya sekitar Rp15 miliar dari komisi transaksi seperti tagihan listrik, pulsa, dan transfer uang.
 

Cek Artikel:  Prabowo Subianto Diminta Batalkan Rencana Penyeragaman Kemasan Rokok

Pencapaian luar biasa Holding UMi selama tiga tahun ini tidak hanya didorong oleh sinergi produk dan layanan yang kuat, tetapi juga oleh elemen kunci pendukung berupa budaya kerja kolaboratif melalui Culture Activation Program (CAP) BRIGADE MADANI.

CAP ini menjadi fondasi integrasi budaya kolaborasi, inovasi, dan sinergi antara karyawan BRI, Pegadaian, dan PNM, mendorong karyawan untuk tidak hanya bekerja di dalam entitas masing-masing tetapi juga berpikir dan bertindak sebagai bagian dari ekosistem yang lebih besar, Holding UMi.

Aktivitas CAP BRIGADE MADANI terdiri atas enam program utama: SERBU, LAT-GAB, LAN-GAB, 3 NO’s 1 CORSA, SERLOK, dan POSKO SENYUM. SERBU menekankan integrasi model bisnis dan pencapaian cashless disbursement untuk produk lintas entitas. LAT-GAB berfokus pada pelatihan gabungan untuk meningkatkan kompetensi karyawan, sementara LAN-GAB mendukung cross-selling produk lintas entitas melalui Senyum Mobile, SERLOK menyelaraskan strategi lokal terkait peluang cashless, dan POSKO SENYUM sebagai pusat pemberdayaan karyawan dengan kegiatan formal dan informal yang memperkuat integrasi dan sinergi tiga entitas.

Cek Artikel:  Airlangga Sebut Indonesia Punya Tempat simpan Penyimpanan Karbon Terbesar Dunia

Di antara enam inisiatif strategis CAP BRIGADE MADANI, Aktivitas LAT-GAB dan POSKO SENYUM menjadi pilar aktivitas bersama dalam mendorong keterlibatan karyawan meningkatkan koordinasi dan kerja sama untuk menciptakan ekosistem yang lebih terintegrasi. Aktivitas LAT-GAB rutin dilaksanakan sebagai bentuk penyegaran bagi para UMi Leaders, dengan lebih dari 1.000 Leaders telah berpartisipasi. Aktivitas ini menjadi bekal penting untuk diteruskan sehingga menjadi booster peningkatan kapabilitas Tenaga Pemasar ketiga Entitas, menjadikan mereka lebih siap menjangkau nasabah ultra mikro secara efektif dan memberikan layanan yang optimal.

Sementara, Aktivitas POSKO SENYUM yang dilaksanakan melibatkan 379 cabang BRI, termasuk lebih dari 5 ribu BRI Unit, yang tersebar di seluruh Indonesia dengan lebih dari 51 ribu peserta berpartisipasi mulai dari top manajemen hingga karyawan dari PNM, BRI, dan Pegadaian.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro Supari mengungkapkan bahwa sinergi yang terjalin di Holding Ultra Mikro telah memperkuat upaya inklusi keuangan dan memberdayakan lebih banyak Masyarakat “BRIGADE MADANI adalah semangat kolektif yang menyatukan langkah kami untuk mewujudkan inklusi keuangan yang lebih dalam. Sinergi ini bukan hanya tentang kolaborasi, tetapi tentang komitmen bersama untuk mengubah kehidupan jutaan masyarakat ultra mikro.
 

Cek Artikel:  DPR Ingatkan Pemerintah Hati-Hati Terapkan Kebijakan Pertembakauan

Dalam hal ini, BRIGADE MADANI menjadi simbol internalisasi ONE CULTURE AKHLAK di seluruh Holding Ultra Mikro. Program ini mengintegrasikan nilai-nilai AKHLAK (Terjaminah, Kompeten, Selarass, Loyal, Eksisptif, Kolaboratif) ke dalam setiap aktivitas, baik dalam pelayanan kepada nasabah maupun interaksi internal antar karyawan. Dengan memfokuskan pada sinergi lintas entitas, BRIGADE MADANI menegaskan pentingnya membangun budaya kerja yang kohesif dan berbasis nilai bersama.

Terkait dengan hal tersebut Direktur Istimewa BRI Sunarso menegaskan bahwa sinergi dan kolaborasi dalam Holding Ultra Mikro telah menjadi kekuatan utama dalam memperluas akses keuangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat prasejahtera di seluruh Indonesia. Ia juga menggarisbawahi bahwa kolaborasi ini bukan hanya soal menjangkau lebih banyak nasabah, tetapi juga memperkuat semangat kebersamaan di antara karyawan.

“BRIGADE MADANI adalah jantung dari transformasi Holding Ultra Mikro, yang bukan hanya menghubungkan nasabah dengan layanan keuangan yang inklusif, tetapi juga menyatukan seluruh pekerja dalam satu semangat kolaborasi. Sinergi lintas entitas ini memperkuat budaya kerja kita, menjadikan setiap individu bagian penting dari perjalanan perubahan yang berkelanjutan,” kata Sunarso.

Mungkin Anda Menyukai