Pengembangan ke Filipina dan India, Kopi Kenangan Gunakan Biji Kopi dari Indonesia

Ekspansi ke Filipina dan India, Kopi Kenangan Gunakan Biji Kopi dari Indonesia
Group CEO dan Co-Founder of Kenangan Brands Edward Tirtanata aat memberikan paparannya dalam acara konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/8).(MI/Eve Candela F)

SEJAK ekspansi Dunia yang pertama ke Malaysia, Kopi Kenangan melanjutkan dengan melakukan ekspansi ke dua negara, yaitu Filipina dan India. Dalam ekspansinya, Kopi Kenangan berupaya menggunakan biji kopi dari Indonesia.

“Kopi itu akan kita ekspor dari Indonesia. Termasuk gula aren yang dibeli langsung dari petani dan diproses secara organik,” kata Group CEO dan Co-Founder of Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam acara konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/8). 

Dia menambahkan “Kopi Kenangan sendiri menggunakan biji kopi dari Dampit (Malang), Sidikalang (Sumatera Utara), Gayo (Aceh), dan Kintamani (Bali) untuk membuat espreso.”

Baca juga : 25 Negara dengan Populasi Terbanyak pada 2023

Meskipun dicampur dari keempat daerah tersebut, Edward mengaku pengambilan biji kopi setiap semesternya berganti dan semuanya tergantung dengan ketersediaan.

Cek Artikel:  Nabati Group Luncurkan Richeese Chicken Nugget

Lebih lanjut, saat ini, Kopi Kenangan telah menggunakan 1.500 ton biji kopi setiap tahunnya. Bukan hanya itu, Kopi Kenangan juga telah memiliki 1.000 toko yang tersebar. Mulai tahun ini hingga 2027, Kopi Kenangan menargetkan 2.000 toko di Indonesia dan 500 toko di luar negeri, serta berencana mengekspor 750 ton biji kopi. 

“Kami menargetkan memiliki 2.000 gerai Kenangan Brands di Indonesia pada 2027 dan ke depan, harapan kami adalah terus memperluas jangkauan dengan membuka 500 gerai internasional Kenangan Coffee yang akan tersebar di berbagai negara,” tutur Edward.

Baca juga : Pemkab Bandung Datangkan 20 Pengusaha Filipina Berjumpa Petani

Di sisi lain, Edward mengatakan, saat ini, kopi susu telah menjadi jenis minuman yang sangat populer dan diterima secara luas, mirip dengan latte atau cappuccino. 

Cek Artikel:  Enggak Tamat Rp400 ribu, Ini Roti Lobster di Jakarta

“Kalau saya sih melihat kopi susu tuh sudah menjadi sesuatu yang simple ya, kaya latte atau cappuccino gitu, dan saya rasa hampir semua coffe shop pasti menjual kopi susu. Dan kebetulan di Kopi Kenangan, udah tujuh tahun kayanya tetap number one,” katanya.

Kemudian dalam hal ekspansi, fenomena kopi susu dari Kopi Kenangan ini kata Edward tidak hanya terbatas di Indonesia tetapi juga telah merambah ke Asia Tenggara. Kesamaan kebiasaan dan selera antara negara-negara Asia Tenggara mungkin menjadi faktor utama dalam keberhasilan penjualan di wilayah tersebut.

Edward juga mengungkapkan, saat ini, minuman yang masih menjadi favorit konsumen di Indonesua adalah Kopi Kenangan Mantan, Creamy Aren Latte, dan Americano. Sementara konsumen di Malaysia dan Singapura, menurutnya, lebih menyukai minuman Salted Langkahmel Machiato, Kenangan Latte, dan D’Spanish Latte.

Cek Artikel:  Jelajah Hidangan Nusantara di Festival Hidangan Kampoeng Tempo Doeloe

Sementara  itu General Management Kenangan Coffee Malaysia & Singapore Jordan Lung mengatakan Filipina menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang akan disambangi Kopi Kenangan. Awal 2025 akan menjadi langkah pertama Kopi Kenangan untuk melakukan ekspansi ke negara di luar Asia Tenggara, yaitu India. Argumennya, menurut Jordan, konsumsi kopi di India sedang naik daun di kalangan Gen Z dan Millennials. (Z-1)

Mungkin Anda Menyukai