Lebih dari 1,5 Juta Tiket Mudik KAI Terjual

Ilustrasi penumpang KAI. Foto: Dok Metrtovnews.com

Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingginya animo masyarakat dalam memanfaatkan transportasi kereta api Buat perjalanan mudik Lebaran 1446 H/2025. Selama periode angkutan Lebaran yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025 (22 hari), KAI telah menyiapkan total kapasitas angkut sebanyak 3.443.832 tiket Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Hingga 2 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, KAI telah menjual sebanyak 1.531.266 tiket atau setara dengan 44,46 persen dari total kapasitas yang tersedia. Puncak penjualan sementara tercatat pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025 dengan jumlah tiket terjual mencapai 104.564,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikutip dari siaran pers, Senin, 3 Maret 2025.

Cek Artikel:  BKKBN Letih Pengadaan Barang dan Jasa Produk Tertinggi Nasional

Anne mengatakan dengan periode pemesanan yang Lagi berlangsung, Nomor ini diperkirakan akan Lanjut meningkat. Berdasarkan data sementara, terdapat 10 stasiun tujuan dengan jumlah penumpang terbanyak selama periode mudik Lebaran 2025.

Berikut 10 stasiun tujuan mudik-balik terbanyak:

1. Stasiun Pasarsenen 159.231 penumpang.
2. Stasiun Gambir 84.867 penumpang.
3. Stasiun Bekasi: 56.766 penumpang.
4. Stasiun Yogyakarta 51.035 penumpang.
5. Stasiun Kiaracondong 47.263 penumpang.
6. Stasiun Surabaya Pasar Turi 46.705 penumpang.
7. Stasiun Purwokerto 44.368 penumpang.
8. Stasiun Lempuyangan 42.662 penumpang.
9. Stasiun Kutoarjo 42.415 penumpang.
10. Stasiun Surabaya Gubeng 40.336 penumpang.
 


(Ilustrasi KAI. Foto: Dok istimewa)

Jamin kenyamanan dan kelancaran perjalanan

Buat memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan para pelanggan, KAI telah melakukan berbagai peningkatan layanan selama periode angkutan Lebaran. Sejumlah langkah strategis telah disiapkan, antara lain peningkatan jumlah personel di stasiun dan kereta, penguatan layanan digital, serta optimalisasi fasilitas di berbagai titik layanan.

Cek Artikel:  Gerakan Pangan Murah di Tangsel Tekan Inflasi

“Sebagai bagian dari komitmen kami dalam meningkatkan kualitas layanan, KAI telah menempatkan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun yang tersebar di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Tim ini akan siap memberikan informasi dan asistensi kepada pelanggan,” ujar Anne.

KAI juga Lanjut memperluas penyediaan water station di stasiun sebagai langkah mendukung keberlanjutan dan pengurangan limbah plastik. Fasilitas water station telah ditambahkan di empat stasiun baru, Ialah Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo sehingga kini terdapat total 28 stasiun yang menyediakan layanan ini.

“Kami mengingatkan pelanggan Buat merencanakan perjalanan mereka dengan Berkualitas dan memanfaatkan layanan pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan Buat KA jarak jauh,” tutur Anne.

Cek Artikel:  Penjualan Pernak-Pernik Imlek Turun 40%

Sementara itu, Anne menyebut, tiket KA lokal dapat dipesan mulai H-30, dan beberapa layanan lainnya dapat dipesan sejak H-7 sebelum keberangkatan. Pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI atau website Formal kai.id agar pelanggan mendapatkan jadwal keberangkatan sesuai dengan kebutuhan.

Mungkin Anda Menyukai