Jawa Timur Jadi Pangsa Pasar Terbesar SIG

Novitasari, pemilik toko bangunan Mulia Jaya di Ngawi, Jawa Timur, Begitu melakukan kontrol dan menghitung jumlah kiriman zak produk Semen Gresik sebelum dikirim ke pelanggan. Ia menjadikan Semen Gresik sebagai pilihan Primer dalam penjualan semen karena ram

Jakarta: PT Semen Indonesia Tbk (Persero) atau SIG Pandai membuktikan kinerja positif yang berfokus pada pengelolaan pasar di tengah persaingan pasar yang semakin menantang.

Direktur Bisnis dan Pemasaran SIG, Subhan, memaparkan, di Area Jawa Timur, penjualan produk-produk SIG mencapai 3,14 juta ton pada periode Januari hingga November 2024. Capaian penjualan ini juga diperkuat dengan penguasaan pangsa pasar di Jawa Timur sebesar 60,5 persen pada November 2024, atau meningkat 0,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun Lampau sebesar 59,6 persen.

“Jawa Timur merupakan pangsa pasar terbesar bagi SIG. Dekat 20 persen total penjualan dan pendapatan SIG itu dihasilkan dari regional Jawa Timur. Tapi SIG percaya keberhasilan di tahun ini Kagak hanya tentang pencapaian, tetapi juga tentang bagaimana kita tumbuh Berbarengan Buat masa depan yang berkelanjutan. Loyalitas, kerja keras, dan kepercayaan kepada SIG dari para Kawan setia adalah pilar Krusial dalam perjalanan perusahaan. Oleh karena itu, ini adalah keberhasilan kita Berbarengan,” ungkap Subhan, dalam keterangan tertulis, Rabu, 8 Januari 2025.

Cek Artikel:  Lanjutkan Program Kawan Tani, Bulog Serap Hasil Panen di Banyuwangi

Subhan pun mengapresiasi loyalitas para pemilik toko bangunan sebagai Kawan strategis yang telah bersinergi Buat membangun keberhasilan bisnisnya Berbarengan SIG. Hal ini diperkuat dengan kepercayaan para Kawan yang menjadikan produk-produk SIG sebagai pilihan Primer dalam mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis Berbarengan.

“Sebagai Kawan strategis, para pelanggan telah memainkan peran luar Normal dalam membawa produk unggulan SIG seperti Semen Gresik dan Dynamix lebih dekat dengan masyarakat Indonesia. Loyalitas dan dedikasi para pelanggan Kagak hanya membantu kami memperluas jangkauan, SIG sebagai perusahaan BUMN juga memastikan kualitas terbaik dari produk SIG dapat dirasakan oleh Sekalian kalangan, dari proyek kecil hingga pembangunan infrastruktur nasional,” Terang Subhan.

 


Proses bongkar muat zak produk Semen Merdeka di toko bangunan Mulia Jaya, Ngawi, Jawa Timur. Foto: dok SIG
 

Omzet usaha Letih Rp12 juta per hari

Menjadi pengusaha toko bahan bangunan bukanlah impian Novitasari (32), pemilik Toko Bangunan (TB) Mulia Jaya di Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Novitasari bahkan Kagak menyangka usaha yang dirintis pada tahun 2016 Berbarengan suami itu semakin maju dan berkembang. Semen hijau dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) diakui sebagai rahasia suksesnya dalam mengembangkan usaha. Semen hijau dari SIG sudah terkenal berkualitas dan ramah lingkungan sehingga banyak diminati konsumen.

Cek Artikel:  Kebijakan Diskon Tarif Listrik Diyakini Dapat Jaga Daya Beli Masyarakat

Novitasari mengisahkan usaha yang dijalaninya Begitu ini sebenarnya Kagak sesuai dengan Cita-cita orangtua yang menginginkan dirinya menjadi seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) atau pegawai kantoran yang dinilai Mempunyai status dan penghasilannya lebih Terang.

“Tapi saya dan suami Kagak punya niat ke sana. Lampau kami Menyaksikan prospek yang Kondusif dan menyangkut kebutuhan pokok Buat masyarakat yakni papan atau rumah. Akhirnya kami buka usaha toko bangunan, setelah menikah dan pindah dari Solo ke Ngawi,” kata Novitasari.

Rencana membuka toko bangunan direalisasikan pada Mei 2016. Novitasari Berbarengan suami Betul-Betul merintis usaha dari Nihil, tanpa Mempunyai latar belakang keluarga atau pengalaman sebagai pedagang. Beruntungnya, atas rekomendasi seorang kerabat, TB Mulia Jaya langsung bermitra dengan SIG.

Menurut Novitasari, sejak memulai usaha, dirinya Berbarengan suami hanya Konsentrasi pada produk-produk SIG. Mulai dari berjualan Semen Gresik, Lampau berkembang ke semen Dynamix dengan berbagai variannya serta Semen Merdeka. Selain berkualitas dan bermutu, produk-produk SIG Mempunyai Keistimewaan lain Merukapan ramah lingkungan, sehingga diminati konsumen.

Cek Artikel:  Percepat NZE 2050, Pemerintah Olah Tandan Nihil Kelapa Sawit Jadi Bioetanol

“Dalam sehari kami menerima kiriman 200 sak semen produk SIG. Bahkan kalau pasar sedang ramai Pandai dua kali lipatnya. Dari sisi omzet, kami Pandai mendapat rata-rata Rp10 juta-Rp12 juta per hari,” ungkap Novitasari.

Novitasari mengaku Kagak khawatir keberadaan produk semen murah yang beredar di pasaran. Karena produk SIG Mempunyai Berbagai Jenis varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

“Setiap produk kan punya Keistimewaan masing-masing. Misalnya, kalau konsumen mencari semen serba guna dan premium ya kita tawarkan Semen Gresik atau Dynamix Serba Guna. Tapi kalau perlu Buat finishing dan harganya terjangkau, kita kasih Dynamix Masonry,” ujar Novitasari.

Atas loyalitas, dedikasi, serta pencapaiannya dalam memasarkan produk-produk SIG, Novitasari mendapatkan super grandprize berupa satu unit mobil Toyota Hilux Rangga pada acara Retail Gathering area Jawa Timur yang berlangsung di The Westin Surabaya Grand Ballroom & Convention Center, Selasa, 17 Desember 2024.

Mungkin Anda Menyukai