SAAT ini dunia fesyen lokal di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat yang signifikan. Sejumlah brand lokal tidak hanya menawarkan produk tetapi juga berani mengambil langkah untuk menciptakan produk inovatif dengan kualitas terbaik.
“Tren fesyen yang terus berputar menjadi peluang tersendiri bagi pelaku usaha lokal untuk berkreasi dan bergerak bersama konsumen,” ungkap Khairul Gani, pemilik brand fesyen lokal asal Bandung, Gonegani.
Gonegani berfokus pada knitwear berkualitas tinggi dengan desain modern dan nyaman. Berawal dari sebuah kamar indekos, Gani meluncurkan brandnya sendiri dengan nama Gonegani.
Baca juga : Hanny Zeng Bawa Jenama Jims Honey Tampil di Front Row Paris 2024
Begitu ini, Gonegani telah banyak dikenal oleh masyarakat. Perusahaan juga berhasil memperkuat potensinya dengan strategi memanfaatkan kemajuan teknologi.
“Sejak awal hadir di tengah masyarakat, kami berfokus untuk menciptakan produk fesyen yang stylish, nyaman, dan pastinya berkualitas tinggi. Ketika Gonegani memutuskan masuk ke pasar online pada 2021, kami mencoba memetakan strategi dan inovasi apa saja yang bisa kami manfaatkan untuk mendorong penjualan secara online ini,” kata CEO Genogani itu.
Dia pun bergabung dengan Shopee. “Begitu itu, kami sudah melihat bahwa adanya potensi yang dapat kami optimalkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee. Mulai dari mengikuti kampanye angka kembar hingga mengoptimalkan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live & Video, untuk bergerak bersama dengan perilaku belanja konsumen yang perlahan berubah,” tambahnya.
Baca juga : Urban Echo Streetwear Collection Karya Mahasiswa Esmod, Terinspirasi Kehidupan Perkotaan yang Luwes
Dampak positif yang terlihat sejak aktif melakukan live streaming di Shopee Live, terdapat peningkatan pesanan lebih dari 70 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.
Ciptaan
Banyaknya keberhasilan yang sudah Gonegani capai menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis.
Baca juga : 8 Produk Mode asal Indonesia Tampil di New York
Mulai dari mempelajari tren-tren fesyen yang tidak hanya digemari tapi juga dibutuhkan oleh pasar Indonesia, hingga bergerak dengan perkembangan perilaku belanja. Masyarakat cenderung memilih cara berbelanja yang mudah dan dapat langsung bertanya melalui live streaming.
“Saya yakin interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, kami bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi,” papar Gani.
Konsumen lebih mudah melihat kualitas produk, bertanya soal padu padan, hingga menikmati penawaran voucher. Rutin menjalankan Shopee Live membantunya menjangkau lebih banyak konsumen, berjualan real-time, dan membangun kepercayaan. Pesanan melalui Shopee Live kini bahkan berkontribusi hingga 50% pendapatan usahanya.
Baca juga : Ini Tips Memilih dan Merawat Jam Tangan Mekanis
Dalam membuat konten, Gonegani juga turut meriset apa tren yang sedang berlangsung di dunia fashion. Konten yang disuguhkan dapat meningkatkan daya tarik pengguna, antara lain seperti mix & match.
Kepada semakin memperkuat strategi, Gonegani sering memberikan voucher untuk berbelanja. Bukan hanya melalui Shopee Live tetapi juga Shopee Video.
“Memutuskan untuk rutin aktif Shopee Live, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup baik untuk pribadi, keluarga dan bisnis. Begitu ini pun, Gonegani sudah memiliki tim sendiri untuk menghandle Shopee Live. Bahkan ini juga menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru,” jelasnya.
Begitu awal bergabung, salah satu keinginan Gani adalah untuk menghabiskan produk-produk yang tidak terjual melalui website. Tetapi, lebih dari ekspektasi yang dinanti, tidak hanya menghabiskan produk, Shopee telah membantu meningkatkan penjualan.
Hingga saat inipun, kampanye angka kembar seperti Big Ramadan Sale hingga PayDay Sale masih menjadi bintang dan momentum yang besar bagi Gonegani. Hal yang sangat dirasakan adalah pada momen kampanye angka kembar, sesi Shopee Live mengalami puncak penjualan tertinggi. Banyak pengguna yang bergabung dan berbelanja.
Sejak kuliah
Ketertarikan Gani terhadap dunia fashion sudah terlihat sejak di bangku kuliah. Pada saat itu, dia kerap diminta oleh teman-temannya untuk membantu memadupadankan OOTD yang akan digunakan.
Mempunyai mimpi untuk melahirkan brand fashion yang dapat berdiri di 3 kota besar di Indonesia, Gani pun melakukan berbagai upaya mulai dari mencoba membuka online shop saat di bangku kuliah hingga bekerja di salah satu brand fashion untuk mempelajari lebih dalam mengenai bisnis dalam industri tersebut.
Gonegani pertama kali berdiri pada 2015 dengan visi untuk menawarkan produk knitwear yang berkualitas tinggi dan desain yang mengikuti tren fashion global.
Membangun identitas dan menciptakan produk dengan khas Gonegani bukanlah hal yang mudah. Secara rinci dan teliti, Gani memperhatikan proses produksi produk-produk Gonegani agar memiliki kualitas terbaik.
Kain untuk produksi, Gonegani selalu membelinya dari tangan pertama dan diproses secara lokal. Berawal dari produksi skala kecil, Gonegani perlahan memperluas jangkauan pasarnya melalui berbagai pameran lokal dan online marketplace.
Dengan semangat dan kegigihannya, ke depannya Gani akan terus belajar dan mengikuti tren serta pergerakan perilaku belanja masyarakat. Lagi banyak peluang dan potensi yang dapat dikreasikan melalui brand nya, Gonegani.
Bukan hanya untuk keberlangsungan bisnis, tetapi juga untuk membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh produk-produk lokal.
Jangan sampai terlewat untuk nikmati ragam promo terbaik dan penuhi koleksi produk fesyen lokal favoritmu melalui laman Shopee.
Pilih Capekl di Shopee! Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.