Bingung Pilih Pakaian Anak Ini yang Harus Diperhatikan

Bingung Pilih Pakaian Anak? Ini yang Harus Diperhatikan
Karya busana anak-anak dari label Purwakhanti.co(Dok JFT 2024)

PERNAH merasa kesulitan saat memilihkan baju untuk anak-anak? Yang perlu diperhatikan oleh orangtua utamanya soal kenyamanan dan keselamatan anak.

“Sebenarnya tergantung kebutuhan, kalau untuk fesyen, lomba dan show lebih ke glamor, tidak terlalu memperlihatkan bentuk tubuh,” kata desainer label Purwakanthi.co Adi Sufrianto saat ditemui Media Indonesia usai peragaan busana slot kids wear (pakaian anak-anak) di Jakarta Fashion Trend (JFT) 2024 di Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (24/1).

Purwakanthi.co merupakan merek fesyen asal Surabaya yang tidak hanya menyediakan busana laki-laki dan wanita dewasa saja, melainkan juga anak-anak.

Sementara itu, pakar Ilmu Keluarga dan Konsumen Jennah McKinley mengatakan hal yang paling penting dilakukan orangtua dalam memilih pakaian untuk anak ialah nyaman dikenakan. Melansir dari situs resmi New Mexico State University, ini tiga aspek utama kenyamanan yang perlu dipertimbangkan;

Cek Artikel:  Indonesia Flobamorata Fashion In Town 2024 Merayakan Warisan Budaya dengan Tema Culture Protector Tradition and Modernity

1. Suhu

Pakaian dapat menyebabkan anak merasa gerah atau sejuk. Pakaian yang nyaman memungkinkan terjadinya penyerapan dan ventilasi sehingga kelembapan tubuh mudah menguap. 

Bahan katun dan campuran katun bersifat menyerap sekaligus nyaman untuk anak kecil. Adi juga sependapat dengan hal tersebut. Menurut Adi, salah satu bahan yang nyaman dikenakan oleh anak ialah katun. 

2. Sesuai dengan Tubuh Anak

Anak-anak tidak suka memakai pakaian yang membatasi pergerakan tubuh. Pakaian yang terlalu kecil atau besar dapat menghambat pergerakan tubuh dan mengganggu aktivitas anak. 

Oleh karena itu, hindari garis leher, lubang lengan, lengan, dan lingkar pinggang yang kecil dan tidak nyaman serta karet elastis yang terlalu ketat. Pakaian yang terlalu besar dan melilit badan atau membuat anak tersandung juga sebaiknya dihindari.

Cek Artikel:  FTC AS Membikin Gugatan untuk Mencegah Pembelian Capri, Induk Versace, oleh Tapestry

3. Hindari Tekstur yang Mengiritasi

Kain yang keras atau gatal dan lapisan jahitan dapat mengiritasi kulit sensitif anak. Pakaian berbahan katun lembut atau katun campuran yang nyaman dan mudah perawatannya bisa menjadi pilihan. Jangan lupa perhatikan kancing, jahitan, dan bahan-bahan lainnya di pakaian anak yang mengganggu gerak anak.

Baca juga: Kisah Sukses Pelaku UMKM Pakaian Anak Berjualan Daring

Nah selain hal-hal di atas, Adi menambahkan untuk motif sebaiknya pilih yang sesuai untuk anak atau bisa ajak anak untuk memilih sendiri yang disukai. Tak hanya itu, Adi juga menuturkan orangtua bisa lebih mengenalkan motif batik kepada anak dan membiasakan untuk memakainya. Anak-anak bisa memilih motif batik yang disukainya.

Cek Artikel:  Wiwiek Hatta Rilis Koleksi Lebaran Bertabur Swarovski

Pagelaran Jakarta Fashion Trend (JFT) 2024 digelar di Sarinah, Jakarta Pusat, pada Kamis (24/1) dengan mengusung tema Cyber-Xotic. 

Tampak di runway JFT 2024, anak-anak mengenakan busana Purwakhanti.co dengan beragam motif dan warna-warna cerah bervariasi. Desain yang diusung adalah “ethnic futuristic” dengan menggunakan bahan batik khas Surabaya, batik khas Madura dan batik khas Malang, motif topeng. Di bagian tengah depan setiap busana anak terdapat kincir angin yang bisa berputar dengan bantuan daya baterai.

Rangkaian kincir angin pada busana anak bisa dilepas pasang sehingga memudahkan dalam perawatan busana tersebut.(M-3)

Mungkin Anda Menyukai