Apakah Diabetes Pandai Sembuh Total Memahami Fakta dan Pengelolaan yang Akurat

Apakah Diabetes Bisa Sembuh Total? Memahami Fakta dan Pengelolaan yang Tepat
Meskipun diabetes tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, kondisi ini dapat dikontrol dengan baik melalui perubahan gaya hidup sehat dan pengelolaan gula darah yang tepat.(freepik)

DIABETES adalah salah satu penyakit kronis yang paling banyak dialami di seluruh dunia. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada gaya hidup, tetapi juga membawa kekhawatiran besar bagi mereka yang didiagnosis. 

Tetapi, satu pertanyaan yang sering muncul adalah, Apakah diabetes bisa sembuh total? Pertanyaan ini menjadi harapan bagi jutaan orang yang hidup dengan diabetes.

Memahami Diabetes: Tipe 1 vs Tipe 2

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, penting untuk memahami ada dua jenis utama diabetes, Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2. Keduanya memiliki karakteristik dan penyebab yang berbeda, yang juga mempengaruhi prospek pengobatannya.

Baca juga : Mengatasi Kolesterol, Hipertensi, Diabetes, dan Asam Urat Tanpa Obat, Mungkinkah?

  • Diabetes Tipe 1 adalah kondisi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Akibatnya, tubuh tidak dapat menghasilkan insulin yang diperlukan untuk mengatur gula darah. Karena penyebabnya adalah autoimun, hingga saat ini belum ada metode yang diketahui untuk menyembuhkan Diabetes Tipe 1. Pengelolaan seumur hidup dengan insulin adalah keharusan bagi penderita Tipe 1.
  • Diabetes Tipe 2, disebabkan resistensi insulin atau produksi insulin yang tidak cukup. Diabetes Tipe 2 lebih terkait dengan faktor gaya hidup, seperti obesitas, pola makan buruk, dan kurangnya aktivitas fisik. Karena Tipe 2 lebih dipengaruhi faktor gaya hidup, ada potensi untuk mengelola atau bahkan menginduksi remisi dengan perubahan gaya hidup yang signifikan.
Cek Artikel:  Tips Membangun Rumah Tema Industrial

Apakah Penyakit Diabetes Dapat Disembuhkan?

Menurut dokter umum dr. Saddam Ismail lewat video yang diunggah dari channel YouTube-nya, diabetes tidak dapat sembuh total.

“Ya memang penyakit diabetes ini tidak bisa disembuhkan selamanya ataupun disembuhkan total tetapi temen-temen ya nggak perlu khawatir gak perlu panik,” ujarnya. 

Guna menjaga kadar gula darah, dr Saddam menyarankan penderita diabetes aktif bergerak, hidup sehat, makan teratur, dan menjauhi larangan diabetes. Tetapi apakah kadar gula darah yang normal dapat dikatakan sembuh dari diabetes?

Baca juga : Konsumsi 6 Air Rebusan Ini Mujarab Turunkan Gula Darah

“Gula darahnya normal terkontrol ataupun stabil itu bukan dikatakan sembuh, tapi gula darahnya itu memang terkendali artinya teman-teman bisa mengendalikan gula darah  ke posisi normal ataupun ke posisi yang sehat karena diabetes ini penyakit kronis,” jelas dr Saddam.

Cek Artikel:  Penyelidikan Bunuh Diri Mahasiswa PPDS Undip Ditangani Pihak Kepolisian

Apabila pola hidup kembali berantakan, makan tidak dijaga, maka gula darah akan kembali tidak stabil. Gula darah memang dapat dikendalikan, tetapi penyakit diabetes merupakan kondisi yang seumur hidup.

Terdapatkah Obat Mujarab yang Dapat Menyembuhkan Diabetes?

Berbagai macam obat-obatan di percaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes mulai dari obat herbal maupun obat kimia. Menurut dr Saddam belum ada bukti klinis yang mengatakan diabetes dapat disembuhkan dari obat-obatan alami.

“Belum ada bukti klinis yang menyatakan diabetes bisa disembuhkan secara total melalui obat-obatan alami ataupun bahan alami ini, diabetes tidak bisa sembuh tetapi bisa dikontrol teman-teman enggak usah khawatir ya.” Jernihnya.

Langkah Mengontrol Kadar Gula Darah 

  1. Harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat
  2. Menjaga berat badan
  3. Aktif bergerak
  4. Kendalikan stress
  5. Menghentikan kebiasaan merokok dan minuman beralkohol
  6. Cek gula darah secara rutin
  7. Rutin untuk konsultasi kedokter
Cek Artikel:  Apakah Kualitas Obat Paten dan Biasa Berbeda Begini Penjelasan Apoteker

Jadi walaupun kadar gula darah sudah normal bukan berarti Anda terbebas dari diabetes. Menjaga kadar gula darah penting bagi penderita dabetes. Diabetes memang belum dapat disembuhkan, tetapi Anda dapat mengontrolnya dengan baik. (Z-3)

Mungkin Anda Menyukai