Hasil Piala Afrika 2023: Maroko Tumbang oleh Afsel, Mali Singkirkan Burkina Faso

Liputanindo.id JAKARTA – Mali dan Afrika Selatan menjadi dua tim terakhir yang mengamankan tiket perempat final Piala Afrika 2023. Pentas Piala Afrika kali ini menjadi tempat bertumbangannya tim besar, yang terakhir ada Maroko yang harus tersingkir di babak 16 besar usai menyerah 0-2 dari Afrika Selatan.


Pada pertandingan yang digelar di Stade Laurent Pokou, San-Pedro, Maroko sebetulnya menurunkan tim terbaiknya, termasuk Achraf Hakimi. Tetapi, Hakim Ziyech tak bisa bermain karena cedera.


Maroko pun mendominasi jalannya permainan, dan sempat mencetak gol lewat aksi Abde Ezzalzouli di menit ke-33. Tetapi, VAR menganulir gol ini karena offside. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Cek Artikel:  Yosintha Boyani Raih Emas Peparnas 2024 Berkat Doa


Kembali dari kamar ganti, performa Maroko menurun. Hal ini dimanfaatkan Afrika Selatan untuk membuka keunggulan lewat aksi Evidence Makgopa di menit ke-57.


Maroko punya peluang emas ketika mereka mendapat penalti di menit ke-83 usai VAR menganggap Teboho Mokoena melakukan handball di kotak terlarang. Sayang, eksekusi penalti Hakimi hanya menerpa mistar.


Memasuki masa injury time, Maroko harus kehilangan Sofyan Amrabat yang diganjar kartu kuning kedua alias kartu merah akibat pelanggaran keras.


Hanya beberapa saat kemudian, Afrika Selatan sukses mengunci kemenangan menjadi 2-0 lewat gol yang dicetak Mokoena dari eksekusi tendangan bebas.


Maroko pun menyusul para tim raksasa yang sudah tumbang di ajang ini, dimulai dari Ghana, Kamerun, Mesir, hingga Senegal.

Cek Artikel:  Berharap Persib Tak Kena Denda, Thomas Doll Mau Duel Klasik Kontra Persija Dihadiri Penonton



Sementara itu, pada pertandingan Mali kontra Burkina Faso yang lebih dulu dimainkan di Stade Ahmadou Gon Coulibaly, Mali berhasil membungkam Burkina Faso dengan skor 2-0


Tim yang dijuluki ‘The Eagles’ itu sudah membuka keunggulan sejak menit ketiga berkat gol bunuh diri Edmond Tapsoba, seperti dilansir dari laman resmi Piala Afrika, cafonline.com.


Kedudukan tak berubah sampai turun minum. Lampau dua menit pasca-babak kedua dimulai, Lassine Sinayoko menggandakan keunggulan Mali setelah mencetak gol lewat tembakan kaki kiri yang ‘ngolongin’ kiper Herve Koffi.

Burkina Faso memangkas selisih angka melalui penalti Betrand Traore, namun tak mengubah keadaan. (IRN)

Mungkin Anda Menyukai