Sumbang Bibit Durian, Indra Karya Dukung Kemandirian Desa Seda di Kuningan

Sumbang Bibit Durian, Indra Karya Dukung Kemandirian Desa Seda di Kuningan
VP Corporate Secretary PT Indra Karya, Okky Suryono melakukan penanaman bibit durian di Desa Seda, Kabupaten Kuningan.(DOK/INDRA KARYA)

PT Indra Karya (Persero) menyerahkan bantuan bibit Durian Nusantara untuk petani di Desa Seda, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Donasi bibit durian ini dikelola oleh Grup Sadar Wisata di lahan seluas 1,5 hektare.

Lahan tanam milik desa ini diharapkan dapat dikelola dan dikembangkan sebagai area yang dapat mendorong wisata buah durian yang dikelola oleh Pokdarwis Bumi Katineung dan Gabungan Grup Tani (Gapoktan) Desa Seda.

Baca juga : Relawan Bakti BUMN Dorong Kesejahteraan Masyarakat Nias Selatan

Pemberian bantuan ini dilaksanakan dengan bertajuk tema Kolaborasi Ekowisata Durian Nusantara PT Indra Karya Berbarengan Pokdarwis Bumi Katineung Desa Seda, yang dilaksanakan secara simbolis dengan penyerahan 200 bibit durian berbagai jenis yang dimanfaatkan bagi kemajuan warga Desa Seda.

Cek Artikel:  Sukses Digelar di Bandung, Pocari Sweat Run Didorong Naik Level

“Donasi ini merupakan bentuk nyata dari komitmen perseroan untuk mendukung pertanian desa. Kami mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan potensi ekonomi dan wisata di sektor pertanian,” ujar VP Corporate Secretary PT Indra Karya, Okky Suryono.

Dia menambahkan kondisi lahan yang baik memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan bibit durian, sehingga dapat mendorong desa menjadi sentra durian dan destinasi wisata agropolitan organik.

Baca juga : Taspen Permudah Layanan bagi Peserta dengan Perlakuan Tertentu

Donasi sosial

Donasi ini mencakup sejumlah aspek sosial masyarkaat. Di antaranya penanaman pohon durian sebanyak 200 pohon dengan perawatan usia pohon hingga 6 tahun, penjualan bibit tanaman durian dan kelapa hibrida, peningkatan skill petani melalui pelatihan pembuatan kompos dan komunikasi, pengelolaan kantin dan tempat makan, serta penambahan jumlah personel keamanan dan kebersihan.

Cek Artikel:  80 Pahamn Prof Romli Atmasasmita, Aparat Hukum Harus Menjaga Pembangunan Berjalan Tertib

Okky Suryono mengapresiasi dan mengajak partisipasi seluruh pihak agar program ini dapat terlaksana dengan baik. “Program bantuan 200 bibit buah durian ini merupakan bentuk nyata dari komitmen kami untuk mendukung pertanian di desa ini. Kami juga ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan potensi ekonomi dan wisata di sektor pertanian.”

Baca juga : Tingkatkan Kecintaan pada Lingkungan, Siswa di Lingga Tanam Ketapang Cendana

Hasil dari bibit diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para petani dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat desa serta mendorong ekowisata di Desa Seda ini.

“Cita-cita kami, hasil dari bibit ini kelak dapat meningkatkan perekonomian para petani dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat desa. Ini juga untuk serta mendorong eko wisata di Desa Seda, sehingga menjadi desa mandiri dan maju,” lanjut Okky.

Cek Artikel:  Bulog Indramayu Salurkan Donasi Pangan untuk Masyarakat

Sementara itu, Sriwaluya Suparman, Camat Mandirancan mengapresiasi sumbangan PT Indra Karya. “Kami dan perangkat desa akan menjaga agar pohon ini dapat dimanfaatkan dengan baik bagi ekonomi desa serta mendorong ekowisata di Desa Seda yang akan dikelola oleh Pokdarwis, sehingga dapat berkembang dan semakin maju ke depannya.”

Kepala Desa Seda Suharsa Hendrawan dan Ketua Pokdarwis Bumi Katineung H Dasuki Sudiana juga menyampaikan apresiasi pada Indra Karya. Dia berharap durian dapat menjadi ikon Desa Seda.

Kegiatan itu dihadiri Devi Julirawati, Manager Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Indra Karya, Gabungan Grup Tani dan perangkat desa.

Mungkin Anda Menyukai