Taklukkan Luton Town 4-1, Liverpool Perlebar Jarak dengan Pesaingnya di Puncak Klasemen Aliansi Inggris

Liputanindo.id MERSYSIDE – Liverpool meraih kemenangan telak 4-1 atas Luton Town di laga pekan ke-26 Aliansi Iuran pertanggunganer Inggris, Kamis (22/2/2024) dinihari WIB. Kemenangan tersebut membuat The Reds berhasil memperlebar jarak dengan Manchester City di puncak klasemen menjadi empat poin.

Instruktur Liverpool, Jurgen Klopp melakukan lima perubahan, empat di antaranya karena cedera saat Diogo Jota, Darwin Nunez, Mohamed Salah dan Curtis Jones digantikan oleh Ryan Gravenberch, Gakpo dan Elliott sementara Jarell Quansah dan Joe Gomez masuk menggantikan Ibrahima Konate dan Andrew Robertson.

Dengan usia rata-rata 25 tahun 68 hari, Liverpool mencatatkan starting XI termuda mereka untuk pertandingan Iuran pertanggunganer League sejak Februari 2018 melawan Southampton (24 tahun 355 hari). Sementara Luton menjaga tim yang sama dari kekalahan mereka dari Manchester United pada hari Minggu.

Diaz memiliki peluang bagus sejak awal setelah ia mendapat umpan dari Elliott, yang menjadi pemain termuda keempat yang mencatatkan 100 penampilan untuk Liverpool, namun tendangan melengkung pemain Kolombia itu melampaui tiang kiri.

Cek Artikel:  Kirab Api PON 2024 Lintasi 18 Daerah Sumut, Ini yang Akan Disinggahi

Meskipun Liverpool memulai dengan baik, Luton-lah yang memimpin pada menit ke-12 ketika Ogbene menyundul bola dari jarak dekat setelah tendangan Tahith Chong ditepis oleh Caoimhin Kelleher dan bola pantul jatuh ke tangan Ogbene.

Setelah momen tersebut, kedua tim saling menciptakan peluang, namun skor 0-1 untuk Luton Town bertahan hingga turun minum.

Liverpool memulai babak kedua dengan keunggulan dengan dua tembakan Diaz diblok. Dan tekanan akhirnya membuahkan hasil ketika Van Dijk membawa tuan rumah menyamakan kedudukan melalui sundulannya melewati Thomas Kaminski dari tendangan sudut Alexis Mac Allister pada menit ke-56.

The Reds akhirnya berbalik unggul menjadi 2-1, setelah Mac Allister kembali menjadi pelayan yang baik dengan umpan silangnya yang disontek oleh Gakpo.

Van Dijk nyaris mencetak gol kedua dari sepak pojok lainnya, namun kali ini Kaminski mampu menyelamatkan sundulannya.

Liverpool kemudian memberi diri mereka ruang bernapas setelah Diaz menunjukkan ketenangan yang luar biasa untuk menggiring bola melewati Teden Mengi sebelum melepaskan tembakan melewati Kaminski.

Cek Artikel:  Instruktur Timor Leste Pasti Indonesia Pemenangi Piala AFF U-19

Gol tersebut membuat Liverpool menjadi tim pertama di lima liga top Eropa yang memiliki lima pemain yang mencetak 10 gol atau lebih saat Diaz bergabung dengan Salah, Jota, Nunez dan Gakpo yang mencetak dua digit.

Klopp kemudian memberikan menit-menit akhir kepada pemain remaja Jayden Danns dan James McConnell.

Dan Elliott memastikan kemenangannya pada menit ke-90 saat ia melepaskan bola liar di dalam kotak penalti ke sudut kiri atas, membuat Kaminski tidak punya peluang.

Liverpool kini telah memulihkan 22 poin dari posisi tertinggal di Iuran pertanggunganer League musim ini, lebih banyak dari tim mana pun, dan merupakan poin terbanyak mereka dalam satu musim di kompetisi ini sejak 2008/09 saat mereka mengamankan kemenangan liga ketiga berturut-turut.

Luton menyia-nyiakan peluang untuk keluar dari zona degradasi karena mereka kini tetap berada di peringkat ke-18 dengan 20 poin, di belakang Everton karena selisih gol.

Cek Artikel:  Javier Tebas Harap Mason Greenwood Tetap Berada di Aliansi Spanyol

Selain itu, Luton adalah salah satu dari dua tim, bersama dengan Sheffield United , yang belum mencatatkan clean sheet di laga tandang di Aliansi Iuran pertanggunganer musim ini. The Hatters telah kebobolan 29 gol dalam 12 pertandingan tandang di divisi ini musim ini, terbanyak dibandingkan tim mana pun, bersama dengan AFC Bournemouth dan Sheffield United.

Susunan pemain:

Liverpool: Caoimhin Kelleher, Conor Bradley, Jarrel Quansah, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Ryan Gravenberch, Harvey Elliot, Cody Gakpo, Luis Diaz

Luton: Thomas Kaminski, Teden Mengi, Gabriel Doha, Amari’i Bell, Chiedozie Ogbene, Albert Sambi Lokonga, Ross Barkley, Alfie Doughtu, Cauley Woodrow, Tahith Chong, Carlton Morris

(RMA)

Baca Juga:
Mauricio Pochettino Formal Tinggalkan Chelsea

 

Baca Juga:
Kondusifkan Posisi Puncak Klasemen Aliansi Inggris Demi Natal, Pandaikah Arsenal Juara di Akhir Musim?

 

Mungkin Anda Menyukai