Tips Liburan Sekolah yang Asik dan Edukatif untuk Keluarga

Tips Liburan Sekolah yang Seru dan Edukatif untuk Keluarga
Anak-anak sedang menikmati liburan sekolah(Antara / Muhamad Iqbal )

HORE liburan sekolah tiba. Ketika yang ditunggu-tunggu oleh banyak keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama.

Ketika di mana ayah dan bunda bisa mengambil cuti untuk bersantai bersama buah hati, lepas dari rutinitas sekolah.

Apakah Jel’s sudah merancang liburannya? Waktu yang cukup panjang ini cukup loh untuk membangun liburan berkualitas bersama keluarga.

Baca juga : 154 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek Usai Libur Idul Adha

Biar lancar simak cara membuat perencanaan liburan berikut.

1.  Rencanakan Jadwal

Jel’s bisa membuat jadwal kegiatan untuk mengisi hari-hari liburan agar anak tidak bosan dan tetap aktif. Sertakan berbagai aktivitas, baik di dalam maupun di luar rumah, seperti berkunjung ke tempat wisata, bermain di taman, atau melakukan proyek seni.

Baca juga : Libur Panjang Idul Adha, 85 Ribu Tiket Whoosh Ludes Terjual

2. Anggaran Liburan

Cek Artikel:  5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Kebahagiaan

Tentunya Jel’s harus menetapkan anggaran untuk liburan dan pilih aktivitas yang sesuai dengan budget. Jel’s dapat mencari tahu tentang kegiatan gratis atau murah di sekitar tempat tinggal Anda, seperti festival lokal, perpustakaan, atau taman kota.

Tetap bingung mau mengisi liburan dengan apa? Jel’s bisa mengajak keluarga melakukan aktivitas di luar ruangan.

Baca juga : Libur Telah Tiba, Ini 3 Ide Kegiatan Menarik untuk Quality Time Bareng Keluarga

Olahraga dan Rekreasi

Yuks coba ajak anak-anak berolahraga, seperti bersepada, main bola, atau berenang. Dapat juga sekadar berjalan di taman bermain atau taman nasional untuk menikmati alam yang bisa menambah pengalaman bagi anak.

Wisata Edukatif

Baca juga : Libur Panjang Idul Adha, 513 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Berwisata sambil belajar tentunya bisa. Jel’s bisa mengajak anak-anak ke museum, kebun binatang atau pusat sains yang tentunya menyenangkan dan memberikan edukasi. Dapat juga mengajak anak mengikuti kegiatan komunitas seperti membersihkan lingkungan, mengambar, atau recycle. Selain menambah pengalaman tentunya menambah teman. Asikkan.

Cek Artikel:  Ramah Lingkungan dan Praktis, Mustika Ratu Hadirkan Sampo 75 Mililiter

Mengenal Transportasi

Bagi Jel’s yang selalu mengantar jemput anaknya sekolah, yuks ajak anak kita berlibur keliling kota dengan menggunakan transportasi umum. Bagi yang di Jakarta ada berbagai moda transportasi yang bisa dicoba dan lebih mudah karena terintegrasi. Terdapat MRT, LRT, Commuter line, TransJakarta, dan jaklingko juga. Yuks dicoba.

Liburan Di Rumah

Liburan akhir masa sekolah tidak harus semata jalan-jalan ke luar rumah. Bila Jel’s tidak memiliki waktu untuk berwisata keluar rumah, bisa loh membuat berbagai proyek yang menarik bersama anak di rumah saja.

Kita bisa mengajak buah hati membuat kerajinan tangan seperti melukis, membuat kerajianan dari bahan daur ulang, memasak, membaca buku, atau sekadar bersantai  bersama yang bisa membuat liburan asyik dan mempererat hubungan anak dan orangtua.

Cek Artikel:  Tanda-ciri Kanker Payudara, ini Penyebab dan Langkah Mengatasinya

Dengan kemajuan teknologi, kini banyak aplikasi atau permainan edukatif yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak. Jel’s juga bisa mengajak anak-anak menonton film dokumenter atau acara televisi yang mendidik loh.

Niscayakan selama liburan anak-anak tetap menjaga kondisi kesehatan ya. Asupan makanan, minuman, vitamin, buah, dan sayur tetap dijaga untuk meningkatkan stamina anak. Pasalnya energi anak akan menjadi lebih terkuras dengan berbagai kegiatan.

Bagi yang berwisata ke destinasi wisata tentunya akan padat. Niscayakan Jel’s tidak melepas anak anda. Diperlukan pengawasan ekstra saat anak-anak bermain di tempat-tempat ramai atau berbahaya. Jangan lupa ajarkan anak-anak tentang keselamatan dasar seperti cara menyeberang jalan dan apa yang harus dilakukannya.

Selamat liburan anak-anak! (Z-3)

 

Mungkin Anda Menyukai