Materi IPS Kelas 7 Panduan Belajar dan Soal Latihan

Materi IPS Kelas 7: Panduan Belajar dan Soal Latihan
Berikut materi IPS kelas 7 untuk materi sejarah, geografi dan ekonomi(freepik)

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah salah satu mata pelajaran yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam masyarakat, hubungan antar manusia, serta interaksi mereka dengan lingkungan.

IPS mencakup berbagai disiplin ilmu sosial seperti Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi untuk memahami dinamika sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang terjadi di sekitar kita.

Berikut ini adalah panduan belajar IPS Kelas 7 beserta contoh soal latihan yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.

Baca juga : Ini Jumlah 38 Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya

IPS Kelas 7 mencakup tiga disiplin ilmu utama: Geografi, Sejarah, dan Ekonomi, dengan fokus pada kehidupan sosial dan perkembangan manusia di lingkungan sekitar.

1. Geografi

Geografi di kelas 7 mempelajari berbagai hal terkait dengan permukaan bumi, keadaan alam, dan hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

Pokok Materi Geografi

  • Peta dan Pemanfaatannya: Memahami jenis-jenis peta, komponen peta (skala, simbol, legenda), dan cara membaca peta.
  • Letak Geografis Indonesia: Menjelaskan posisi Indonesia secara geografis, astronomis, dan strategis.
  • Keadaan Alam dan Iklim di Indonesia: Mengenal berbagai bentuk muka bumi (dataran tinggi, dataran rendah, gunung, lembah) serta faktor-faktor yang mempengaruhi iklim.
  • Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya: Memahami jenis-jenis sumber daya alam dan bagaimana cara manusia memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari.

Misalnya Soal Geografi

1. Soal: Komponen-Komponen Peta

Pertanyaan: Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen utama yang ada pada sebuah peta!

Baca juga : Gurun Absahara: Tumbuhan, Hewan, Penduduk, Ekonomi, Transportasi, dan Eksplorasi

Jawaban

Komponen-komponen utama pada peta adalah:

  • Judul Peta: Menunjukkan informasi yang digambarkan oleh peta. Misalnyanya, peta persebaran penduduk Indonesia.
  • Skala Peta: Menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan.
  • Legenda Peta: Berisi penjelasan mengenai simbol-simbol yang digunakan dalam peta.
  • Mata Angin: Menunjukkan arah utara, selatan, timur, dan barat pada peta.
  • Garis Lintang dan Garis Bujur: Digunakan untuk menentukan lokasi suatu tempat di bumi berdasarkan sistem koordinat.

2. Soal: Letak Astronomis Indonesia

Pertanyaan: Jernihkan letak astronomis Indonesia dan pengaruhnya terhadap iklim!

Jawaban

Letak astronomis Indonesia adalah di antara 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT. Letak ini menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dengan ciri-ciri:

Baca juga : Jerman: Sejarah Singkat, Ekonomi, Populasi, dan Seni

Curah hujan tinggi: Karena berada di daerah khatulistiwa, Indonesia mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Suhu yang relatif tinggi sepanjang tahun, berkisar antara 26°C hingga 30°C.

Kelembapan udara yang tinggi, sehingga iklimnya cenderung lembap dan basah.

Baca juga : Pengertian Benua dan Awal Mula serta Perbedaan Jumlahnya

3. Soal: Bentuk Muka Bumi

Pertanyaan: Jernihkan empat bentuk muka bumi yang ada di Indonesia!

Jawaban

Empat bentuk muka bumi di Indonesia adalah:

  • Pegunungan: Area yang lebih tinggi dari sekitarnya, biasanya memiliki ketinggian di atas 1.500 meter di atas permukaan laut. Misalnyanya Pegunungan Jayawijaya.
  • Dataran Tinggi: Daerah yang berada pada ketinggian sedang, biasanya lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Misalnya: Dataran Tinggi Dieng.
  • Dataran Rendah: Daerah yang terletak pada ketinggian rendah atau hampir sejajar dengan permukaan laut. Misalnya: Dataran rendah di pantai utara Jawa.
  • Pantai: Daerah pertemuan antara daratan dan lautan. Pantai di Indonesia sangat bervariasi, seperti Pantai Kuta di Bali atau Pantai Parangtritis di Yogyakarta.
Cek Artikel:  Wow, Industri Farmasi Berpotensi Sumbang Perekonomian Negara hingga Rp400 Triliun

4. Soal: Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Pertanyaan: Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui!

Jawaban

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui: Terdapatlah sumber daya alam yang dapat digunakan berulang kali karena bisa diperbarui atau diproduksi kembali oleh alam secara alami. Misalnyanya:

  • Air
  • Angin
  • Tanaman (hasil pertanian dan perkebunan)
  • Hewan ternak dan ikan.

Sumber Daya Alam yang Enggak Dapat Diperbarui: Terdapatlah sumber daya alam yang terbatas dan tidak bisa diperbarui setelah habis digunakan. Misalnyanya:

  • Minyak bumi
  • Batu bara
  • Gas alam
  • Logam seperti emas dan besi.

5. Soal: Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Pertanyaan: Jernihkan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakatnya!

Jawaban

Letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua (Asia dan Australia) serta dua samudra (Pasifik dan Hindia) memiliki pengaruh besar terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakatnya:

  • Sosial: Letak yang strategis membuat Indonesia menjadi jalur persinggahan berbagai bangsa sejak dulu, yang berdampak pada keragaman sosial dan interaksi antarbudaya.
  • Ekonomi: Posisi ini juga menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan internasional yang strategis, sehingga banyak pusat perdagangan muncul di daerah pesisir seperti Surabaya dan Jakarta.
  • Budaya: Pengaruh dari berbagai bangsa (India, Cina, Arab, Eropa) turut memengaruhi kebudayaan Indonesia, yang terlihat dari ragam seni, agama, bahasa, dan adat istiadat.

2. Sejarah

Bagian sejarah IPS kelas 7 fokus pada perkembangan awal peradaban manusia, sejarah Indonesia, dan hubungan antar bangsa.

Pokok Materi Sejarah

  • Kehidupan Awal Orang: Menjelaskan kehidupan manusia purba, pembagian zaman berdasarkan arkeologi (paleolitikum, mesolitikum, neolitikum, dan megalitikum).
  • Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia: Mengidentifikasi kerajaan-kerajaan seperti Sriwijaya dan Majapahit serta pengaruh budaya Hindu-Buddha di Indonesia.
  • Kerajaan Islam di Indonesia: Mempelajari kerajaan-kerajaan Islam awal di Indonesia seperti Demak, Mataram, dan Aceh, serta pengaruh agama Islam pada masyarakat.

Misalnya Soal Sejarah

1. Soal: Era Praaksara

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan zaman praaksara, dan bagaimana manusia pada zaman tersebut mencatat atau menyampaikan informasi?

Jawaban

Era praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Pada zaman ini, manusia belum mencatat sejarah atau informasi dalam bentuk tulisan. Demi menyampaikan informasi, mereka menggunakan bahasa lisan, gambar di dinding gua (piktograf), dan benda-benda seperti alat-alat dari batu atau tulang untuk menunjukkan peristiwa tertentu.

2. Soal: Kehidupan Orang Purba

Pertanyaan: Sebutkan tiga ciri kehidupan manusia purba pada zaman paleolitikum!

Jawaban

Tanda-ciri kehidupan manusia purba pada zaman paleolitikum (zaman batu tua) antara lain:

  • Nomaden: Hidup berpindah-pindah untuk mencari sumber makanan seperti hewan buruan dan tumbuhan liar.
  • Alat dari batu kasar: Menggunakan alat-alat yang terbuat dari batu yang diproses secara sederhana dan kasar, seperti kapak genggam.
  • Bergantung pada alam: Orang purba sangat bergantung pada sumber daya alam untuk bertahan hidup, seperti mencari makanan melalui berburu dan meramu.
Cek Artikel:  Komisi VIII Setujui Usulan Tambahan Anggaran Rp1,8 Triliun dari BNPB

3. Soal: Era Neolitikum

Pertanyaan: Apa yang menjadi perubahan utama dalam kehidupan manusia pada zaman neolitikum dibandingkan dengan zaman sebelumnya?

Jawaban

Perubahan utama dalam kehidupan manusia pada zaman neolitikum (zaman batu muda) adalah:

  • Mulai menetap: Orang mulai tinggal di satu tempat dan tidak lagi berpindah-pindah.
  • Bercocok tanam: Mereka mulai melakukan kegiatan bercocok tanam atau bertani untuk menghasilkan makanan, seperti padi dan jagung.
  • Peternakan: Selain bertani, manusia neolitikum juga mulai beternak hewan seperti kambing, sapi, dan ayam.
  • Alat yang lebih halus: Orang mulai membuat alat dari batu yang sudah dihaluskan, seperti kapak persegi dan kapak lonjong.

4. Soal: Masuknya Religi Hindu-Buddha

Pertanyaan: Bagaimana pengaruh masuknya agama Hindu dan Buddha terhadap perkembangan kerajaan-kerajaan di Indonesia?

Jawaban

Masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan kerajaan-kerajaan di Indonesia, antara lain:

  • Munculnya kerajaan Hindu-Buddha: Kerajaan-kerajaan seperti Kerajaan Tarumanegara, Kutai, Sriwijaya, dan Majapahit berkembang dengan latar belakang agama Hindu dan Buddha.
  • Sistem pemerintahan: Banyak kerajaan yang mengadopsi sistem pemerintahan monarki dan pemerintahan raja yang dianggap sebagai penjelmaan dewa.
  • Budaya dan arsitektur: Pengaruh Hindu-Buddha tampak pada pembangunan candi-candi seperti Borobudur (Buddha) dan Prambanan (Hindu), serta seni sastra seperti kitab Ramayana dan Mahabharata.
  • Bahasa Sansekerta: Pengaruh lain adalah penggunaan bahasa Sansekerta dalam prasasti-prasasti yang ditemukan di berbagai daerah.

5. Soal: Kerajaan Sriwijaya

Pertanyaan: Apa peran penting Kerajaan Sriwijaya dalam penyebaran agama Buddha di Asia Tenggara?

Jawaban

Kerajaan Sriwijaya memainkan peran penting dalam penyebaran agama Buddha di Asia Tenggara karena:

  • Sebagai pusat pembelajaran Buddha: Sriwijaya dikenal sebagai pusat pembelajaran Buddha yang terkenal di kawasan Asia Tenggara, dan banyak biksu dari negara lain, seperti Tiongkok dan India, datang untuk belajar di sini.
  • Pengaruh maritim: Karena Sriwijaya memiliki kekuatan maritim yang besar, kerajaan ini dapat menyebarkan pengaruh Buddha melalui jalur perdagangan laut ke berbagai wilayah di Asia Tenggara, termasuk Thailand, Malaysia, dan Kamboja.
  • Interaksi dengan Nalanda: Sriwijaya menjalin hubungan erat dengan universitas Buddha di Nalanda, India, dan kerap mengirimkan pelajar untuk mendalami ajaran Buddha.

3. Ekonomi

Ekonomi dalam IPS kelas 7 mencakup konsep-konsep dasar yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi sehari-hari, seperti produksi, distribusi, dan konsumsi.

Pokok Materi Ekonomi

  • Kebutuhan Orang dan Alat Pemenuhannya: Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan (primer, sekunder, tersier) dan cara pemenuhannya.
  • Sistem Ekonomi: Mempelajari perbedaan antara sistem ekonomi tradisional, komando, pasar, dan campuran.
  • Kegiatan Ekonomi: Meliputi produksi (barang dan jasa), distribusi, dan konsumsi, serta peran produsen, distributor, dan konsumen.

Misalnya Soal Ekonomi

1. Soal: Pengertian Ekonomi

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan ekonomi, dan mengapa ilmu ekonomi penting dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia mengelola sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Ilmu ekonomi penting karena:

  • Membantu individu dan masyarakat dalam mengambil keputusan yang tepat mengenai pengelolaan sumber daya.
  • Membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Mendorong pemahaman tentang pengaruh interaksi pasar dan peran berbagai pelaku ekonomi.
Cek Artikel:  Pensiunan TNI Karo Bangun Paguyuban Pengembangan Budaya

2. Soal: Kebutuhan Orang

Pertanyaan: Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara kebutuhan primer, sekunder, dan tersier!

Jawaban

  • Kebutuhan Esensial: Kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.
  • Kebutuhan Sekunder: Kebutuhan yang tidak mendesak tetapi meningkatkan kualitas hidup, seperti kendaraan, perabot rumah tangga, dan akses internet.
  • Kebutuhan Tersier: Kebutuhan yang bersifat mewah dan tidak esensial, seperti barang-barang fashion, gadget terbaru, dan liburan ke tempat wisata mewah.

3. Soal: Unsur Produksi

Pertanyaan: Apa saja faktor-faktor produksi yang diperlukan dalam proses produksi barang dan jasa?

Jawaban

Terdapat empat faktor produksi yang diperlukan dalam proses produksi barang dan jasa, yaitu:

  • Sumber Daya Alam: Bahan baku yang berasal dari alam, seperti tanah, air, mineral, dan hasil pertanian.
  • Tenaga Kerja: Sumber daya manusia yang terlibat dalam proses produksi, baik yang terampil maupun yang tidak terampil.
  • Modal: Alat atau barang yang digunakan dalam proses produksi, seperti mesin, gedung, dan alat-alat produksi lainnya.
  • Kewirausahaan: Kemampuan untuk mengorganisasi dan mengelola faktor-faktor produksi untuk menciptakan barang dan jasa.

4. Soal: Jenis-jenis Pasar

Pertanyaan: Sebutkan dan jelaskan dua jenis pasar berdasarkan jumlah penjual dan pembeli!

Jawaban

  • Pasar Persaingan Sempurna: Pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan produk yang dijual bersifat homogen. Di pasar ini, tidak ada satu pun penjual yang dapat mempengaruhi harga pasar.
  • Pasar Monopoli: Pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai seluruh pasar, sehingga penjual tersebut dapat menentukan harga tanpa terpengaruh oleh penawaran atau permintaan dari pihak lain.

5. Soal: Sistem Ekonomi

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi dan sebutkan tiga jenis sistem ekonomi yang ada!

Jawaban

Sistem ekonomi adalah cara suatu negara atau masyarakat mengelola dan mengatur sumber daya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan warganya. Tiga jenis sistem ekonomi yang ada adalah:

  • Sistem Ekonomi Tradisional: Sistem yang berdasarkan kebiasaan dan tradisi, di mana produksi dan distribusi dilakukan secara sederhana dan berdasarkan barter.
  • Sistem Ekonomi Terencana (Komando): Sistem di mana pemerintah mengontrol semua aspek ekonomi, termasuk produksi dan distribusi barang dan jasa. Misalnyanya adalah sistem ekonomi di negara-negara sosialis.
  • Sistem Ekonomi Pasar: Sistem di mana harga dan produksi ditentukan oleh kekuatan pasar (penawaran dan permintaan). Pemerintah memiliki peran minimal dalam ekonomi. Misalnyanya adalah negara-negara kapitalis.

Metode Belajar IPS yang Pengaruhtif

  • Membaca Kitab Teks: Bacalah buku teks IPS secara berkala untuk memahami konsep dan ide-ide utama.
  • Membangun Catatan: Buat catatan ringkas atau mind map untuk merangkum informasi penting dari setiap pelajaran.
  • Obrolan: Obrolankan materi dengan teman atau guru untuk memperdalam pemahaman.
  • Menggunakan Media Visual: Gunakan peta, diagram, dan gambar untuk membantu memahami konsep geografi dan sejarah.
  • Praktek Langsung: Apabila memungkinkan, kunjungi tempat-tempat bersejarah atau museum untuk mendapatkan pengalaman langsung.

Dengan mengikuti panduan ini, siswa diharapkan dapat belajar IPS dengan cara yang menyenangkan dan efektif, serta memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar mereka. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai