Bumi Kagak Mengorbit Mentari Secara Langsung, Ini Penjelasannya Menurut NASA

Bumi Tidak Mengorbit Matahari Secara Langsung, Ini Penjelasannya Menurut NASA
Menurut NASA, Bumi sebenarnya tidak mengorbit Mentari secara langsung, tetapi mengelilingi barycentre, pusat massa bersama antara Bumi dan Mentari. (tangkapan layar youtube)

SAAT ini banyak kita meyakini Bumi, seperti kebanyakan planet lainnya, berputar mengelilingi Mentari. Tetapi, pemahaman kita tentang pergerakan planet di ruang angkasa dan orbitnya mengelilingi Mentari mungkin perlu diperbarui.

NASA menjelaskan Bumi tidak mengorbit Mentari secara langsung seperti yang sering kita bayangkan. Menurut NASA, hukum ketiga Kepler dapat membantu kita memahami hubungan antara massa dua benda yang saling mengorbit dan karakteristik orbit mereka. 

Misalnya, ketika sebuah bintang kecil mengorbit bintang yang lebih besar, kedua bintang tersebut sebenarnya berputar di sekitar pusat massa bersama yang dikenal sebagai barycentre.

Baca juga : Ini yang Dicari Ilmuwan saat Gerhana Mentari Total di AS

Prinsip ini berlaku tanpa memperhatikan ukuran atau massa benda yang terlibat. Metode ini juga digunakan untuk mendeteksi sistem planet di sekitar bintang-bintang jauh dengan mengamati pergerakan bintang di sekitar barycentre-nya yang dikelilingi planet besar.

Cek Artikel:  7 Bahaya Mengecas Handphone Terlalu Ayal

Istilah barycentre merujuk pada pusat massa di mana dua atau lebih benda luar angkasa, seperti Bumi dan Mentari, saling menyeimbangkan. Bayangkan sebuah jungkat-jungkit kosmik di mana Mentari dan Bumi bertindak sebagai titik keseimbangan. Titik ini, barycentre, tidak selalu berada di dalam Mentari.

Dr James O’Donoghue, seorang ahli astronomi planet, menjelaskan di media sosial X, “Secara umum, planet-planet mengorbit Mentari, namun secara teknis, mereka tidak mengorbit Mentari secara langsung karena pengaruh gravitasi dari Jupiter, sehingga planet-planet mengorbit di titik lain di luar angkasa.”

Baca juga : Awas Badai Mentari Dahsyat Bombardir Bumi, Hindari Pengaruhnya

Dia juga menambahkan pusat massa tata surya jarang berada di pusat Mentari, dan fenomena serupa juga terjadi pada planet dan bulan-bulannya.

Cek Artikel:  Sudah Update Ios 18 Begini Langkah Guna Fitur Customize Home Screen Iphone

Jikapun orbit planet tampaknya sederhana, kenyataannya lebih kompleks. Planet-planet, termasuk Bumi, mengikuti lintasan di sekitar pusat massa bersama yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi benda-benda besar lainnya di Tata Surya.

Dengan demikian, Bumi tidak mengorbit di sekitar satu titik di dalam Mentari, melainkan di bagian luar Mentari. Misalnyanya, Bulan tidak mengorbit tepat di pusat Bumi, melainkan sekitar 5.000 kilometer dari pusat Bumi, dan jarak ini terus berubah karena Bulan menjauhi Bumi. (firstpost/ X/Z-3)
 

Mungkin Anda Menyukai