Teknologi Definisificial Intelligence Percepat Kerja Industri Pertambangan

Teknologi Artificial Intelligence Percepat Kerja Industri Pertambangan
Teknologi artificial intelligence(Dok.Istimewa)

ALTiUS ERP Cloud memperkenalkan teknologi artificial intelligence (AI) yang canggih dan terintegrasi sebagai solusi inovatif untuk industri pertambangan dalam ajang 22nd International Mining & Mineral Recovery Exhibition di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

“Sistem ini sebagai otomatisasi pelaporan produksi dan manajemen data secara real-time sehingga memungkinkan perusahaan meningkatkan kecepatan dan akurasi laporan serta mengurangi risiko fraud,” ungkap Direktur Marketing ALTiUS ERP (PT Dunia Bisnis Solusi Indonesia) Ong Pendopo Winoto di sela-sela International Mining & Mineral Recovery Exhibition, Jakarta, Kamis (12/9).

Ia mengungkapkan ALTiUS ERP Cloud dilengkapi berbagai fitur. Pertama, ERP for Mining Data Capture yakni mengambil data pelaporan produksi secara otomatis dan real-time serta mengurangi intervensi manual.

Cek Artikel:  Xiaomi 14T dan 14T Pro Bakal Dilengkapi Fitur Circle to Search seperti Samsung

Baca juga : BFI Dukung Pertumbuhan Ekonomi dengan Tingkatkan Fasilitas Industri Tambang

Kedua, command center yakni memantau mengawasi seluruh operasional di berbagai site tambang, memantau kinerja dan keamanan sistem informasi, serta mengelola dan mengoordinasikan tim untuk respons cepat.

Ketiga, API (application programming interface) yang memfasilitasi integrasi dengan sistem lain, meningkatkan interoperabilitas dan memastikan kelancaran operasional dengan mengurangi kompleksitas integrasi.

“Dengan kata lain, sistem ini berguna untuk pemantauan dan analisis data, memberikan wawasan strategis, membantu pengambilan keputusan, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan efisiensi pelaporan,” terangnya.

Baca juga : Menko PMK: Investasi Padat Modal Seperti Kanker, Menggerogoti Bilangantan Pekerja

Pada kesempatan itu, lanjut Ong, ALTiUS ERP Cloud berkolaborasi dengan PT Dekisugi Teknik Presisi untuk memperkenalkan hardware sensor kamera deteksi muatan yang dilengkapi teknologi canggih.

Cek Artikel:  Solusi Keamanan Fungsional Pabrik dari Mitsubishi Electric

Hardware ini diolah ALTiUS ERP Cloud dengan teknologi AI untuk deteksi objek dengan presisi tinggi dalam berbagai kondisi pencahayaan. Desain yang cerdas memudahkan pemasangan di berbagai lingkungan kerja sehingga menjadikan alat ini fleksibel untuk industri pertambangan,” ujarnya.

Selain itu, ALTiUS ERP Cloud terintegrasi dengan perangkat pembaca kode QR yang menawarkan kinerja tinggi dan stabilitas pembacaan luar biasa, bahkan pada kode rusak, serta mengolah data barcode menjadi informasi statistik.

Baca juga : Kendaraan Tambang Bertenaga Listrik Berteknologi Terbaru Dipamerkan di Jakarta

“ALTiUS ERP Cloud juga dapat diintegrasikan dengan jembatan timbang (weighbridge) untuk menampilkan data akurat mengenai total berat kendaraan beserta muatannya,” kata dia.

Cek Artikel:  Realme akan Luncurkan GT 7 Pro, Punya Tombol Kamera seperti Iphone 16

Ia menambahkan ALTiUS ERP Cloud turut berkolaborasi dengan Gtrack.id untuk menyediakan perhitungan biaya lebih akurat, termasuk pemantauan otomatis biaya bahan bakar untuk setiap kendaraan truk dan visibilitas terhadap pengeluaran bahan bakar. Pelaporan terkait biaya bahan bakar dan pengeluaran ditampilkan secara real-time dalam ALTiUS ERP Cloud.

“Teknologi ini mendukung otomatisasi dan analisis data, mengoptimalkan operasional pertambangan, memberikan solusi cepat dan akurat, serta meningkatkan efisiensi secara keseluruhan,” tutup Ong Pendopo Winoto. (N-2)

 

Mungkin Anda Menyukai