Asei Pertahankan Peringkat IFS Aidn Meski Outlook Turun ke Negatif

Asei Pertahankan Peringkat IFS ‘A(idn)’ Meski Outlook Turun ke Negatif
Gedung PT Asuransi Asei Indonesia (Asei)(Dok. ASEI)

FITCH Ratings Indonesia mengafirmasi peringkat Insurer Financial Strength (IFS) PT Asuransi Asei Indonesia (Asei) pada ‘A(idn)’ dan merevisi outlook dari Kukuh menjadi Negatif.

Penyesuaian outlook ini dilakukan setelah tinjauan terhadap kinerja keuangan Asei pada semester I 2024. Meskipun outlook berubah, Asei tetap mempertahankan peringkat Nasional IFS di ‘A(idn)’.

Baca juga : BRI Insurance Raih Penghargaan 7 Most Popular Brand Of The Year 2024

Penurunan outlook disebabkan oleh penurunan metrik kapitalisasi dan kinerja keuangan, khususnya dalam bisnis properti dan nilai piutang.

Rasio modal risiko (RBC) Asei turun dari 265% pada 2023 menjadi 208% di Juni 2024. Meski demikian, Direktur Primer Asei, Doddy Dalimunthe, menyatakan rasio tersebut masih berada di atas ketentuan minimal OJK sebesar 120%.

Cek Artikel:  Harga Emas Stagnan di Rp1,455 Juta pada Senin 23 September 2024

Pada semester I 2024, Asei mencatatkan premi bruto sebesar Rp129,6 miliar, turun 15% dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga : Simas Jiwa dan PermataBank Perkenalkan Produk Asuransi Jiwa Kredit

Meskipun ada penurunan pada Asuransi Kredit, lini Asuransi Perdagangan, Asuransi Lumrah, dan Penjaminan menunjukkan pertumbuhan signifikan.

Sebagai Export Credit Agency (ECA) Indonesia, Asei terus mendukung peningkatan ekspor nasional melalui kolaborasi dengan pemerintah dan lembaga terkait.

Asei juga menerima dukungan penuh dari induk usahanya, PT Reasuransi Indonesia Primer (Persero), untuk memperkuat permodalan dan menghadapi peraturan OJK yang akan berlaku pada 2026 dan 2028. (RO/Z-10)

Mungkin Anda Menyukai