Persyaratan Kompetisi Enikki Seni Budaya untuk Anak se-Asia

Persyaratan Kompetisi Enikki Seni Budaya untuk Anak se-Asia
Koordinator Nasional Education for Sustainable Development Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Ananto Kusuma Seta(Medcom.id/Ilham Pratama Putra)

PROGRAM Enikki Festa 2024-2025 yang diselenggarakan oleh Mitsubishi Corporation kembali di buka untuk mendongkrak kreatifitas anak-anak seluruh Asia  melalui seni dan budaya.

Enikki Festa adalah sebuah kompetisi seni dimana anak-anak di seluruh Asia. Anak diajak untuk berbagi cerita versi mereka dalam bentuk enniki yang merupakan singkatan dari enshuki atau buku harian dalam bahasa Jepang. 

Berikut persyaratan hingga cara pendaftaran peserta Enikki Festa 2024-2025. Koordinator Nasional Education for Sustainable Development Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Ananto Kusuma Seta menjelaskan kompetisi ini terbuka bagi anak-anak berusia 6-12 tahun dari negara- negara di kawasan Asia. Taatp peserta diminta membuat enikki yang terdiri dari 3 halaman, berisi ilustrasi dan deskripsi singkat tentang pengalaman atau tema yang ingin mereka bagikan.

Cek Artikel:  Mahal dan Tetap Terbatas, Vaksin Mpox Bukan untuk Lumrah

Baca juga : Tampil Gemilang, Politeknik Negeri Banjarmasin dan SMKN 1 Balikpapan Pemenang Lazim K3TAB 2024

“Karya-karya terbaik dari tiap negara kemudian dipamerkan secara internasional dan berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan,” kata Ananto dalam acara sosialisasi Enikki Festa 2024-2025 di Jakarta Selatan,Rabu (9/10).

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) bekerja sama dengan Mitsubishi Public Relations Committee, Asian Pacific Federation of UNESCO Club Associations, National Federation of UNESCO Associations in Japan, menyelenggarakan sosialisasi Program Enikki Festa 2024/2025

Peserta mengirimkan 3 halaman, Maka setiap halaman harus memuat sebuah gambar dan esai singkat yang menggambarkan sebuah peristiwa dalam kehidupan sehari-hari siswa. Terdapatpun gambar dapat menggunakan cat, krayon atau alat lainnya.

Baca juga : Raya, Pelajar SD Alkautsar Sahabatggung Ukir Prestasi Raih Medali Emas Kompetisi Matematika di Filipina

Cek Artikel:  Keutamaan Puasa Nabi Idris, Berikut Maksud dan Niatnya

Gambar harus dibuat pada kertas berukuran A4 (29.7cm x 21cm) dengan gambar di bagian atas (2/3 halaman) dan esai di bawahnya (1/3 halaman). Gambar dan esai berada di sisi depan halaman serta tidak menggunakan sisi belakang.

“Kitab Harian Bergambar harus mengangkat tema ‘Inilah Hidupku’ yang mencakup aktivitas keseharian, seperti bersama dengan keluarga, teman, kegiatan sekolah, kegiatan kebudayaan, dan masih banyak lagi. Batas waktu pengiriman gambar 30 November 2024,” ujar dia.

Niscayakan nama peserta tercantum di belakang ketiga halaman tersebut dan ketiga halaman tersebut diberi nomor secara berurutan dari 1 hingga 3 di belakang. Masukkan karya tiga halaman Enikki dalam amplop beserta formulir pendaftaran yang diisi sendiri oleh peserta. Selain itu tidak merusak enikki dengan menggunakan lem, stapler, atau melaminasi karya.

Cek Artikel:  Rayakan Kemerdekaan dengan Gaya Ini Dia Twibbon Keren HUT RI Ke 79 untuk Anda

Baca juga : National Moot Court Competition Digelar Rebutkan Piala Bergilir Rudyono Darsono 2024

“Karya peserta harus merupakan karya asli sepenuhnya dan belum pernah dipublikasikan. Karya akan didiskualifikasi jika mengandung hal-hal berikut yang dapat melanggar hak cipta orang lain atau yang dapat menghilangkan keaslian enikki,” ungkapnya.

Ajang kompetisi seni Enikki Festa diselenggarakan dari Mitsubishi Cooperation untuk anak-anak di Asia. Platform bagi anak untuk berbagi cerita unik dalam karya yang mencerminkan budaya yang ada di sekitar.

“Ajang ini untuk mendorong mengekspresikan pemikiran, pola pikir, perasaan melalui seni dan tulisan. Mendukung seni anak-anak dan promosikan budaya di Asia. Sekaligus mendukung komunikasi lintas budaya melalui seni, budaya dan seni di integrasi dalam pendidikan,” pungkasnya. (H-2)
 

Mungkin Anda Menyukai