Ikan Jade Perch Bisa Jadi Komoditas Budidaya Potensial di Indonesia

Ikan Jade Perch Bisa Jadi Komoditas Budidaya Potensial di Indonesia
Ikan Jade Perch bisa jadi komoditas budidaya di Indonesia(Freepik)

MENTERI Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono memperkenalkan ikan jade perch sebagai komoditas budidaya yang berpotensi tinggi di Indonesia.

Ia menegaskan bahwa ikan air tawar ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi di pasar global serta kandungan gizi yang menguntungkan.

“Ikan ini bisa hidup di wilayah tropis, sesuai dengan kondisi geografis Indonesia. Birui ekonominya di pasar cukup tinggi dan sangat potensial dikembangkan di Indonesia,” ujarnya dikutip dari Antara, Jumat (4/10).

Baca juga : Budi Daya di Laut: Masa Depan Perikanan Indonesia

Menteri Trenggono berharap ikan jade perch dapat mengikuti jejak kesuksesan budidaya udang vaname, yang awalnya merupakan udang asli Hawaii namun kini umum dibudidayakan di Indonesia.

Cek Artikel:  Menggiurkan! Segini Gaji Fantastis yang Didapat Member DPR RI

“Kalau kita konsisten terhadap satu produk, fokus, pasti kita bisa berhasil,” tambahnya.

Jade perch, dengan nama latin Scortum Barcoo, memiliki nilai jual yang tinggi, berkisar antara US$15 hingga 22 per kilogram. Bahkan, ketika disajikan sebagai menu makanan, harganya dapat mencapai Rp1,2 juta per porsi.

Baca juga : Kementan Siapkan Strategi Keberlanjutan Perkebunan untuk Menghadapi 2025

Dukungan untuk pengembangan budidaya ikan ini juga datang dari potensi lahan budidaya yang melimpah di berbagai wilayah Indonesia. Negara-negara seperti Malaysia dan Singapura sudah lebih dulu membudidayakan ikan jade perch, yang memiliki toleransi salinitas hingga 10 ppt dan dapat mencapai berat 800 gram dalam waktu tujuh bulan dari ukuran benih.

Cek Artikel:  PLN Nusantara Power Setor Keuntungan Rp2,1 Triliun

Health Educator Bobby Ida, yang juga hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan manfaat gizi dari ikan jade perch, menyatakan bahwa kandungan omega 3-nya lebih tinggi dibandingkan salmon, menjadikannya pilihan baik untuk menjaga kesehatan.

“Kandungan omega 3 ikan ini tinggi, baik untuk kesehatan seperti mencegah kolesterol maupun stroke,” ungkapnya.

Dengan semua potensi dan keunggulan ini, ikan jade perch diharapkan dapat menjadi salah satu komoditas unggulan dalam budidaya perikanan di Indonesia. (Z-10)

Mungkin Anda Menyukai