DPR Setujui Proses Naturalisasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes

Liputanindo.id JAKARTA – Komisi III dan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyetujui rekomendasi kewarnegaraan kepada tiga pemain, Thom Jan Marinus Haye, Ragnar Anthonius Maria Oratmangoen dan Maarten Paes, Kamis (7/3/2024).

Selanjutnya, ketiga pemain ini akan menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian ketiganya akan mengurus kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga guna mendapatkan paspor.

‘’Alhamdulillah rapat kerja ini berjalan lancar dan kami (PSSI) dalam posisi menunggu ketiga pemain itu kapan mau diambil sumpahnya,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Tetapi, Yunus dan PSSI menginginkan agar ketiga pemain ini secepatnya bisa meluangkan waktu agar bisa diambil sumpah secepatnya. Hanya saja, ketiga pemain itu tentu harus berkoordinasi dengan klub masing-masing. Pasalnya, saat ini Perserikatan Belanda (Eredevisie) dan Major League Soccer (MLS/Perserikatan Amerika Perkumpulan) sedang sengit-sengitnya melangsungkan sisa kompetisi musim ini.

Cek Artikel:  Atlanta Pemenangi Aliansi Europa, Sukses Cetak Sejarahnya Sendiri

Masuknya Ragnar, Tom, dan Maarten akan membuat Shin Tae-yong punya banyak pilihan. Di mana pengalaman ketiga pemain tersebut diharapkan dapat mendongkrak penampilan Timnas Indonesia di kancah internasional, serta mewujudkan impian lolos ke Piala Dunia dan berprestasi di kompetisi lainnya.

Ragnar yang kini bermain untuk Fortuna Sittard bisa bermain di posisi sayap dan gelandang tengah. Sedangkan Thom selama ini menjadi playmaker Heerenveen. Eksispun Maarten adalah kiper yang kini bermain untuk FC Dallas.

Dengan disetujuinya ketiga pemain itu di parlemen, saat ini Indonesia sudah memiliki 12 pemain naturalisasi. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Marc Klok, Ivar Jenner, Justin Hubner, Jay Idzes.

Cek Artikel:  Shin Tae-yong Optimistis Indonesia Kalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kemudian ada Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Maartin Paes, dan Nathan Tjoe-A-On. Keempat nama terakhir tinggal menunggu sumpah. (RMA)

Mungkin Anda Menyukai