Bingungkatan Deforestasi Mendunia di Pahamn 2023 Tantangan Terhadap Komitmen Perlindungan Hutan

Peningkatan Deforestasi Global di Tahun 2023: Tantangan Terhadap Komitmen Perlindungan Hutan
Laporan terbaru menunjukkan deforestasi global meningkat tahun 2023, melebihi tingkat yang ditargetkan oleh 140 negara untuk menghentikan penebangan hutan pada akhir dekade. (Antara)

PENGHANCURAN hutan global meningkat tahun 2023. Lebih tinggi dibandingkan saat 140 negara berjanji tiga tahun lalu untuk menghentikan deforestasi pada akhir dekade ini, menurut analisis yang dilakukan.

Bingungkatan kerusakan hutan ini membuat ambisi untuk menghentikan krisis iklim dan mengatasi kerugian besar satwa liar di seluruh dunia semakin sulit dicapai, peringatan para peneliti.

Nyaris 6,4 juta hektare hutan telah dirusak pada 2023, menurut laporan tersebut. Lebih banyak hutan lagi – 62,6 juta hektare – mengalami degradasi akibat pembangunan jalan, penebangan, dan kebakaran hutan. Terdapat lonjakan deforestasi di Indonesia dan Bolivia, dipicu perubahan politik dan permintaan yang terus meningkat untuk komoditas seperti daging sapi, kedelai, minyak sawit, kertas, dan nikel di negara-negara kaya.

Baca juga : Brasil Berencana Perluas Lahan Pertanian sampai 60%

Para peneliti menyatakan upaya pemotongan sukarela terhadap deforestasi tidak efektif dan diperlukan regulasi yang kuat serta lebih banyak pendanaan untuk perlindungan hutan.

Laporan tersebut menyoroti satu titik terang di Amazon Brasil, di mana pemerintah baru Presiden Luiz Inácio Lula da Silva mengurangi deforestasi sebesar 62% di tahun pertamanya.

“Intinya adalah, secara global, deforestasi telah semakin buruk, bukan semakin baik, sejak awal dekade ini,” kata Ivan Palmegiani, seorang konsultan di kelompok riset Climate Focus dan penulis utama laporan tersebut.

Cek Artikel:  Kenapa Orang Terkena Rabies Takut Meminum Air

Baca juga : Laju Deforestasi Turun ke Titik Terendah Sepanjang Sejarah

“Kita hanya enam tahun menjelang batas waktu global yang kritis untuk mengakhiri deforestasi, dan hutan terus ditebang, terdegradasi, dan dibakar dengan laju yang mengkhawatirkan,” katanya. 

“Mengubah arah ini mungkin jika semua negara menjadikannya prioritas, dan terutama jika negara-negara industri benar-benar mempertimbangkan kembali tingkat konsumsi mereka yang berlebihan dan mendukung negara-negara hutan.”

Erin D Matson, seorang konsultan senior di Climate Focus dan penulis bersama laporan tersebut, mengatakan: “Ketika kondisi yang tepat ada, negara-negara melihat kemajuan besar. Pada tahun berikutnya, jika kondisi ekonomi atau politik berubah, kehilangan hutan bisa kembali meningkat pesat. Kita melihat efek ini dalam lonjakan deforestasi di Indonesia dan Bolivia. Akhirnya, untuk memenuhi target perlindungan hutan global, kita harus membuat perlindungan hutan tidak terpengaruh oleh kehendak politik dan ekonomi.”

Baca juga : Menteri LHK Informasikan Program Ketahanan Lingkungan dan Kehutanan ke Tim Prabowo

Cek Artikel:  Mengapa Kacang Almond Menjadi Pilihan Pas bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Sebagian besar negara mendukung janji nol deforestasi 2030 pada KTT iklim PBB Cop26 pada 2021. Penilaian deklarasi hutan 2024, yang diproduksi oleh koalisi organisasi penelitian dan masyarakat sipil, mengevaluasi kemajuan menuju tujuan tersebut dengan menggunakan baseline dari rata-rata deforestasi antara 2018 dan 2020. Laporan tersebut menemukan kemajuan sangat tidak sesuai jalur, dengan tingkat deforestasi pada 2023 hampir 50% lebih tinggi daripada yang dibutuhkan untuk mencapai nol secara bertahap.

Matson mengatakan: “Deforestasi di Indonesia saja meningkat sebesar 57% dalam satu tahun. Ini sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya permintaan global untuk barang-barang seperti kertas dan logam yang ditambang seperti nikel.

“Tetapi juga jelas bahwa pemerintah Indonesia mengurangi upaya. Mereka mengalami penurunan deforestasi paling tajam di antara negara-negara tropis dari 2015-17 dan 2020-22, jadi kita harus berharap bahwa kemunduran ini hanya sementara.” Pada tahun 2023, Indonesia memproduksi setengah dari nikel dunia, logam yang digunakan dalam banyak teknologi ramah lingkungan.

Baca juga :  Hingga 12 Ribu Hektare, Deforestasi Masif di Area Konservasi

“Brasil memberi kita contoh kemajuan positif [di Amazon], tetapi deforestasi di Cerrado [savana tropis] meningkat 68% dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Cek Artikel:  Server Partisipasi Sehat Kemenkes Down Akibat Penolakan Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek

Negara itu juga telah dihancurkan oleh kebakaran hutan yang semakin mungkin dan semakin parah akibat krisis iklim. Laporan tersebut menemukan sekitar 45 juta hektare telah terbakar dalam lima tahun terakhir.

Negara-negara lain yang membuat kemajuan menuju target deforestasi 2030 termasuk Australia, Kolombia, Paraguay, Venezuela, dan Vietnam. Di luar daerah tropis, hutan beriklim sedang di Amerika Utara dan Amerika Latin mencatat tingkat deforestasi absolut tertinggi.

Para peneliti menyatakan pendanaan untuk perlindungan hutan, memperkuat hak tanah masyarakat adat, dan mengurangi permintaan untuk komoditas yang dihasilkan melalui deforestasi diperlukan.

Uni Eropa telah mengusulkan regulasi ambisius yang akan melarang penjualan produk yang terkait dengan deforestasi, seperti kopi, cokelat, kulit, dan furnitur. Tetapi, pada 3 Oktober, Komisi Eropa mengusulkan penundaan satu tahun “untuk mempersiapkan sistem” setelah protes dari negara-negara termasuk Australia, Brasil, Indonesia, dan Pantai Gading.

Matson mengatakan: “Penolakan ini sebagian besar dipicu oleh tekanan politik, dan itu sangat disayangkan. Kita tidak bisa mengandalkan upaya sukarela – mereka telah membuat sedikit kemajuan selama dekade terakhir.” (The Guardian/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai