Erick Thohir: Maarten Paes Baru Dapat Perkuat Timnas Indonesia pada Bulan Juni

Liputanindo.id JAKARTA – Ketua Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir menyebut Maarten Paes paling cepat membela Timnas Indonesia pada Bulan Juni mendatang.

Sebelumnya, Kiper FC Dallas itu menjalani proses naturalisasi, dan telah disetujui permohonannya oleh Komisi III dan X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Kamis (7/3/2024). Maarten tinggal selangkah lagi menjadi warga Indonesia, namun terhalang oleh beberapa sebab.

Di lain sisi, PSSI tengah mengagendakan Nathan Tjoe A On, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye dan Maarten Paes untuk disumpah WNI pada Selasa (12/3/2024) mendatang.

Tetapi, Erick memastikan Maarten dipastikan tidak hadir karena masih membela klubnya di ajang Major League Soccer (MLS).

Cek Artikel:  Jelang Penutupan PON Aceh-Sumut, Jabar Kokoh di Puncak Klasemen

“Proses ini masih berjalan. Untungnya Thom Haye dan Ragnar bisa main. Karena deadline pendaftaran tanggal 13 Maret, sedangkan tanggal 11 itu sudah libur, jadi kita lgi coba hari ini dimaksimalkan. Kalau bisa tanggal 13 Maret sumpah, sehingga kita bisa register ke FIFA. Nathan juga bakal sumpah.

“Maarten tidak bisa datang ke Indonesia, karena MLS sedang bermain,” kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Kendala lainnya Maarten bisa membela Timnas dengan segera adalah pemindahan federasi di FIFA. Di mana, Maarten masih terkendala persyaratan artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi.

Di peraturan tersebut tertulis, seseorang bisa berganti Timnas jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali membela tim nasional pertama, baik di level junior maupun senior dalam pertandingan resmi. Sang pesepakbola juga wajib lebih dari tiga tahun tidak membela Timnas, serta tidak mempunyai caps lebih dari tiga kali.

Cek Artikel:  Dina Rulina Raih Dua Emas Para-Tenis Meja Peparnas XVII

Dalam hal ini, Maarten Paes melanggar persyaratan di atas. Karena, ketika memperkuat Timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 pada 15 November 2020. usia Maarten Pas adalah 22 tahun, lewat satu tahun dari batas yang ditentukan.

Meski begitu, bukan berarti Maarten Paes tak bisa memperkuat Timnas Indonesia. Lagi ada ruang bagi tim legal PSSI untuk meloloskan Maarten Paes berseragam merah putih.

“Jadi kalaupun Maarten prosesnya di FIFA lancar. Maarten baru bisa memperkuat di Bulan Juni atau setelahnya. Tergantung kesempatan dia bisa mengangkat sumpah, jadi dinamikanya masih ada,” terang Erick Thohir.

Diketahui Timnas Indonesia bakal menghadapi Vietnam dalam lanjutan pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Istimewa Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 21 Maret mendatang. Lima hari berselang, giliran tim asuhan Shin Tae-yong itu bertandang ke Vietnam. (RMA)

Cek Artikel:  Menpora Bahas Kejuaraan Dunia Senam dengan FIG dan Persani

Mungkin Anda Menyukai