Mendorong UKM dan Startup Terapkan Praktik Pertanian Berkelanjutan

Pandawa Agri Indonesia menerima Penghargaan Terbaik Pertama di Ajang SDGs Action Awards 2024 dari Wakil Presiden, K.H. Ma’ruf Amin. Foto: dok Pandawa Agri.

Jakarta: Pandawa Agri Indonesia menjadi juara pertama dalam kategori UKM/Startup di ajang SDGs Action Awards 2024 yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memberikan apresiasi atas kontribusi Pandawa Agri dalam mendorong praktik pertanian berkelanjutan dan mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Ajang SDGs Action Awards 2024 yang kini memasuki tahun ketiga, merayakan pencapaian para pemangku kepentingan yang berkomitmen untuk mempercepat implementasi SDGs di seluruh negeri. Dengan tema “Penemuan Menuju Indonesia Emas: Keterkaitan Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan, dan Industri Hijau”, penghargaan tahun ini menyoroti peran penting inovasi dalam mendorong masa depan Indonesia yang berkelanjutan.

Cek Artikel:  The Fed Pangkas Bangsa Tumbuh, Harga Emas Diprediksi Lanjut Melambung

Pandawa Agri Indonesia memperoleh penghargaan ini dengan menunjukkan upayanya sebagai pelopor dalam mengurangi penggunaan pestisida melalui teknologi inovatif, yang mendukung tujuan SDGs seperti pertanian berkelanjutan, perlindungan lingkungan, dan kesehatan.

“Penghargaan ini merupakan bukti dedikasi kami dalam menciptakan ekosistem pertanian yang lebih berkelanjutan. Kami berharap penghargaan ini memberikan nilai tambah bagi klien dan konsumen kami yang telah bekerja sama dalam upaya mengurangi penggunaan pestisida, berkontribusi pada lingkungan yang lebih sehat, dan sejalan dengan tujuan SDGs global,” CEO Pandawa Agri, Kukuh Roxa, dalam keterangan tertulis, Rabu, 9 Oktober 2024.

 

Pengaruh global: memperluas keberlanjutan di luar Indonesia

Pengaruh Pandawa Agri meluas hingga ke luar Indonesia. Sejak 2021, perusahaan ini telah berkolaborasi dengan FGV Agri Services Sdn Bhd di Malaysia untuk memperkenalkan teknologi reduktan pestisida yang inovatif, yang membantu mengurangi penggunaan pestisida dan mendorong sektor pertanian yang lebih berkelanjutan.

Cek Artikel:  Dexa Group Garap Pasar Industri Halal yang Berpotensi Cuan

Kolaborasi ini telah membuahkan hasil yang signifikan, dengan hampir satu juta liter pestisida diharapkan dapat dikurangi di Malaysia hingga akhir 2024. Kemitraan ini terus berkembang, dengan pembaharuan perjanjian yang baru saja ditandatangani dalam event Trade Expo Indonesia 2024, Rabu, 9 Oktober.

Sebagai perusahaan yang berkomitmen kuat untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip SDGs ke dalam inti operasinya, inisiatif Pandawa Agri yang memenangkan penghargaan ini mencerminkan inovasi, inklusivitas, keberlanjutan, dan manfaat jangka panjang. Melalui berbagai upayanya, perusahaan berusaha untuk mendukung dan mempercepat pencapaian SDGs baik secara lokal maupun internasional.

Pengakuan ini semakin memperkuat tekad Pandawa Agri untuk terus memelopori solusi inovatif dan berkelanjutan serta memperluas dampak positifnya pada pertanian global.

Cek Artikel:  Donasi Pangan Beras Diklaim Pandai Tekan Laju Inflasi

Mungkin Anda Menyukai