OSC 2024 Sediakan Beasiswa di 24 Perguruan Tinggi

OSC 2024 Sediakan Beasiswa di 24 Perguruan Tinggi
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itenas, Prof Tarsisius Kristyadi, saat membuka Roadshow OSC 2024.(MI/SUMARIYADI)

RATUSAN pelajar SMA dari Bandung Raya dan Kabupaten Cianjur mengikuti Roadshow OSC 2024 yang digelar di Kampus Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, Selasa (8/10).

OSC merupakan program beasiswa yang digulirkan Medcom.id bersama Surya Edukasi Bangsa Foundation. Beasiswa untuk program S1 dan S2 ini memberikan jalan bagi lulusan SMA bisa melanjutkan pendidikan di 24 perguruan tinggi di Nusa Jawa dan Sumatra.

Pahamn ini, program beasiswa OSC sudah memasuki satu dekade, sejak diluncurkan pada 2015 silam. Itenas menjadi salah satu perguruan tinggi yang terlama membersamai program ini sejak 2016.

Baca juga : Medcom.id Gelar Roadshow Beasiswa OSC 2024 di Kampus UPJ

“Dari tahun ke tahun, peserta program ini terus meningkat. Peminatnya sangat tinggi, tidak hanya di Bandung dan Nusa Jawa, tapi juga dari luar Jawa,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itenas, Prof Tarsisius Kristyadi, saat membuka Roadshow OSC 2024.

Cek Artikel:  Jawa Barat Sasarankan Pemenang Lumrah Peparnas XVII2024

Dia menambahkan, para penerima beasiswa OSC mendapat dua keuntungan. Yang pertama bisa kuliah selama 4 tahun tanpa dipungut biaya.

“Yang kedua, di Itenas, para penerima beasiswa OSC mendapatkan fasilitas lebih dibanding mahasiswa lain. mereka mendapat bimbingan khusus dari dosen, agar mereka tetap aktif dan berprestasi,” lanjutnya.

Baca juga : Makassar Jadi Kota Ketiga Roadshow OSC Medcom.id

Prof Kristyadi menegaskan para penerima beasiswa mendapat bimbingan lebih, karena mereka harus mempunyai kemampuan yang lebih, khususnya dalam bidang softskill.

“Karena itu, kami ikut mengundang adik-adik para pelajar SA untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Ikutlah berkompetisi agar mendapat pembiayaan belajar dan mendapat fasilitas lebih,” tandasnya.

24 perguruan tinggi

Cek Artikel:  79 Mahasiswa dari 21 Negara Memilih Kuliah di SBM ITB

Baca juga : Ini 20 Universitas Penyedia Beassiwa untuk Mahasiswa, Terdapat Kuota Tertentu untuk Santri

Pada kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi Medcom.id, Prihadi menyatakan sebanyak 3.550 mahasiswa sudah menerima beasiswa OSC selama 10 tahun terakhir. Pahamn ini, penyaringan penerima beasiswa dilakukan di 530 kota.

“Pahamn ini, sebanyak 24 kampus akan menerima peserta beasiswa OSC. Kerja sama dengan kampus-kampus ini terus berkembang, tidak hanya di Nusa Jawa, tapi juga di luar Jawa,” paparnya.

Dia mengakui kerja sama panjang sudah dilakukan Medcom.ID bersama Itenas untuk mengawal program ini. Kolaborasi ini akan terus berjalan untuk memberikan akses pendidikan bagi putra-putri Indonesia.

Baca juga : Hasil Seleksi, Sebanyak 70 Orang Terima Beasiswa OSC S2

Cek Artikel:  Data Gempa Bandung, Polda Jabar 21.696 Jiwa Terdampak, 710 Jiwa masih Mengungsi

“Motivasi kami mengawal program ini ialah membuat putra-putri Indoensia sukses menggapi cita-cita. Mereka menjadi yang terbaik dan bisa memajukan negeri ini,” lanjut Prihadi.

Pada kesempatan yang sama, dia juga mengajak para pelajar SMA untuk mengakses Medcom.id, yang sudah melengkapi diri dengan kanal khusus pendidikan. Dalam kanal Eduverse itu tersedia berita dan artikel perkembangan dunia pendidikan terkini.

Program beasiswa OSC ini juga mendapat sambutan positif dari Dinas Pendidikan Jawa Barat. Zainal Arifin, perwakilan dari Disdik Jabar berharap program ini ikut membantu meningktkan partisipasi pendidikan tinggi bagi anak-anak Jawa Barat.

“Saya mengajak anak-anakku yang masih duduk di SMA untuk memanfaatkan kesempatan ini. Mari menggapai dan meraih cita-cita dengan menempuh pendidikan tinggi bersama beasiswa OSC,” tegasnya.

Mungkin Anda Menyukai