PNM Mekaar Hadir di Nusa Natuna, Genjot Inklusi Keuangan di Kawasan 3 T

PNM Mekaar Hadir di Pulau Natuna, Genjot Inklusi Keuangan di Wilayah 3 T
PNM dorong inklusi keuangan di wilayah 3T(Dok. PNM)

KABUPATEN Natuna merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang termasuk dalam kategori wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia.

Terdapat potensi ekonomi yang besar, namun terhambat oleh kurangnya akses keuangan yang legal dan aman, khususnya dalam hal permodalan.

Menonton kondisi ini, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Mekaar hadir di Nusa Natuna sebagai solusi keuangan bagi perempuan prasejahtera.

Baca juga : Edukasi Nasabah Akses Keuangan Terjamin, PNM Gandeng OJK

Pembukaan unit Mekaar Bunguran Timur di Nusa Natuna merupakan langkah PNM untuk mendorong pemberdayaan perempuan dan pengembangan ekonomi lokal.

Pada kesempatan ini, PNM juga menyalurkan dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat sekitar.

Cek Artikel:  Memahami Inflasi di Indonesia dan Strategi Pengendaliannya

Direktur Bisnis PNM, Prasetya Sayekti, mengenalkan PNM kepada masyarakat dan menjelaskan komitmen perusahaan dalam membantu pertumbuhan ekonomi kerakyatan di wilayah 3T, salah satunya melalui unit Mekaar Bunguran Timur.

Baca juga :  Bupati Garut Sebut PNM Mekaar Bantu Pengentansan Kemiskinan Daerah

“Kami berharap kehadiran PNM Mekaar Bunguran Timur dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadi solusi keuangan yang aman bagi ibu-ibu agar tidak terjerat rentenir,” jelas Prasetya pada Jumat (27/9).

Dengan adanya unit PNM Mekaar ini, PNM berharap dapat memberdayakan perempuan dan masyarakat lokal melalui program pembiayaan yang terjangkau serta pendampingan usaha, sehingga usaha nasabah dapat naik kelas.

“Perempuan yang semakin berdaya berpotensi meningkatkan perekonomian lokal dan menciptakan lapangan kerja baru di Natuna,” tambahnya.

Cek Artikel:  Pertamina Telaahi Pengembangan Hulu Migas di Amerika Latin

Baca juga : PNM Ajak Perempuan Melek Inklusi Keuangan

Pemberdayaan yang diberikan mencakup tiga modal, yaitu modal finansial, intelektual, dan sosial.

PNM percaya bahwa inklusi keuangan adalah kunci untuk memberdayakan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dengan dukungan pemerintah dan kerja sama dari berbagai pihak, PNM berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi keuangan yang dapat diakses. (RO/Z-10)

Mungkin Anda Menyukai