Setahun Genosida Israel di Gaza, 814 Masjid dan 3 Gereja Hancur

Setahun Genosida Israel di Gaza, 814 Masjid dan 3 Gereja Hancur
Masjid yang hancur di Gaza.(Al Jazeera)

KEMENTERIAN Urusan Keyakinan di Jalur Gaza mengumumkan pada Sabtu (5/10) bahwa Israel telah menghancurkan 79% masjid selama perang genosida terhadap rakyat Palestina. Tentara Israel telah meratakan 814 dari 1.245 masjid di Gaza dan merusak parah 148 lainnya selama pengeboman yang semakin intensif.

Selain masjid, tiga gereja juga telah dihancurkan dan 19 dari 60 kuburan secara sengaja menjadi sasaran.   Perkiraan kerugian finansial akibat kerusakan pada properti kementerian mencapai US$350 juta (sekitar Rp5,4 triliun).

Kementerian juga menuduh tentara Israel menodai kuburan, menggali jasad, dan melakukan kekerasan brutal terhadap mereka yang sudah meninggal, seperti mencuri jenazah dan merusaknya. Selain penghancuran tempat ibadah, kementerian mencatat bahwa 11 fasilitas administratif dan pendidikan di bawah kewenangannya juga hancur yang mencakup 79% dari struktur sejenis di Gaza.

Cek Artikel:  Soal Wabah Mpox yang Menyebar di Afrika, WHO: Dapat Dihentikan

Baca juga : Hamas Desak Rapat Darurat Perserikatan Arab dan OKI Hentikan Genosida Gaza

Kementerian menambahkan bahwa pasukan Israel telah membunuh 238 karyawan mereka dan menahan 19 lain selama serangan darat di wilayah tersebut. Kementerian mengutuk serangan terhadap situs-situs keagamaan di Gaza dan mendesak komunitas internasional, termasuk pemerintah dunia dan organisasi Islam, untuk segera campur tangan guna menghentikan perang pemusnahan yang terus berlangsung.

Israel terus melakukan serangan brutal terhadap Jalur Gaza setelah serangan oleh kelompok Palestina, Hamas, pada 7 Oktober tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera. Lebih dari 41.800 orang telah tewas, sebagian besar ialah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 96.800 lain terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Cek Artikel:  Korea Selatan Konfirmasi Kasus Kedelapan Demam Babi Afrika, Terdeteksi di Peternakan Gimpo

Serangan Israel telah membuat hampir seluruh populasi di wilayah tersebut mengungsi di tengah blokade yang menyebabkan kekurangan parah pangan, air bersih, dan obat-obatan. Israel menghadapi kasus genosida di Mahkamah Global atas tindakannya di Gaza. (Ant/Z-2)

Mungkin Anda Menyukai