Wall Street Turun, Investor Pertimbangkan Data Tenaga Kerja dan Ketegangan Geopolitik

New York: Indeks saham Amerika serikat melemah pada perdagangan Kamis, karena para investor mempertimbangkan data yang menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih lemah dan ketegangan geopolitik yang sedang berlangsung di Timur Tengah.

 

Kontrak Dow Jones Industrial Average turun 184 poin, atau 0,4 persen, indeks S&P 500 turun 0,17 persen, dan NASDAQ Composite turun 0,04 persen.

 

Timur Tengah menghantam aset-aset berisiko

 

Melansir Investing.com, Jumat, 4 Oktober 2024, sentimen risiko terpukul minggu ini terjadi oleh eskalasi konflik di Timur Tengah.

 

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Kamis bahwa ia tidak memperkirakan Israel akan melakukan serangan balasan terhadap Iran hari ini setelah serangan terakhir di Tel Aviv pada awal minggu ini.  

Cek Artikel:  Kolaborasi Menjaga Keutuhan dan Kesinambungan Kekuatan Bangsa

 

Biden juga mengatakan AS sedang melakukan pembicaraan dengan Israel mengenai target serangan potensial di Iran, dengan fasilitas-fasilitas minyak republik Islam tersebut kemungkinan besar akan menjadi sasaran.
 


Ilustrasi. Foto: Freepik

 

AS percaya respons Israel kemungkinan akan cukup terukur untuk menghindari babak baru eskalasi, Financial Times melaporkan pada hari Kamis, mengutip seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

 

Harga minyak terus naik karena ketegangan Timur Tengah yang lebih tinggi, mendorong saham-saham energi berakhir di zona hijau.

 

“Eskalasi di Timur Tengah telah membuat pasar menilai risiko yang lebih besar dari konflik penuh di wilayah tersebut, yang berpotensi melibatkan AS,” analis di ING mengatakan, dalam sebuah catatan.

Cek Artikel:  Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Terima Apresiasi dari BI

 

Klaim pengangguran AS

 

Para trader juga tetap waspada menjelang laporan gaji nonpertanian utama pada hari Jumat, yang kemungkinan akan menentukan arah pasar menjelang pertemuan penetapan suku bunga Federal Reserve berikutnya.

 

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pertama kali untuk tunjangan pengangguran negara bagian naik lebih dari yang diantisipasi minggu lalu, tetapi tidak menyimpang terlalu jauh dari level terendah empat bulan yang disentuh pada minggu sebelumnya.

 

Klaim pengangguran awal yang disesuaikan secara musiman naik menjadi 225 ribu dalam pekan yang berakhir pada 28 September, meningkat dari angka yang direvisi naik 219 ribu pekan lalu, data dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan pada Kamis. Para ekonom telah mengantisipasi 222 ribu.

Cek Artikel:  Indonesia Butuh US14,2 Miliar untuk Tingkatkan Kapasitas Listrik EBT

 

Bilangan sebelumnya untuk minggu yang berakhir pada 21 September adalah 218 ribu, angka itu merupakan terendah sejak pertengahan Mei.

 

Di bagian lain dari sisi ekonomi, aktivitas jasa turun sedikit lebih banyak dari yang diperkirakan di September.

Mungkin Anda Menyukai