Jokowi Daerah di Sekeliling IKN harus Suplai Bahan Pangan ke Ibu Kota Baru

Jokowi: Daerah di Sekitar IKN harus Suplai Bahan Pangan ke Ibu Kota Baru
Presiden Joko Widodo memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda di IKN.(Antara)

Presiden Joko Widodo  meminta daerah-daerah di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN), terutama di Kalimantan Selatan, mempersiapkan diri untuk menyokong kebutuhan pangan di ibu kota baru.

“Sekaliannya disiapkan. IKN-nya sendiri kan belum selesai, mungkin masih 10 tahun atau 15 tahun yang akan datang. Definisinya, provinsi di sekitar IKN, kabupaten/kota di sekitar IKN harus mempersiapkan diri,” ujar Jokowi seusai meninjau persediaan beras di Kompleks Pergudangan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Kamis (26/9).

Jokowi mencontohkan kebutuhan sayuran, buah, hingga beras semestinya bisa disuplai dari daerah sekitar IKN.

Baca juga : Presiden Jokowi Groundbreaking Resor Mewah Senilai Rp300 M di IKN

“Misalnya, urusan suplai untuk sayurnya dari mana, suplai ayamnya dari mana, suplai berasnya dari mana,” ucapnya.

Cek Artikel:  Industri Mamin masih Jadi Penopang Terbesar Perekonomian

Kalau kebutuhan tidak mencukupi dari Kaltim, Kepala Negara mengatakan kebutuhan pangan untuk IKN juga bisa disuplai dari provinsi-provinsi lainnya.

“Kalau tidak cukup berarti harus ambil dari provinsi lain, tetapi kalau bisa mestinya disiapkan dari Provinsi Kalimantan Timur sendiri, didukung oleh kabupaten di sekitar Ibu Kota Nusantara, baik buah, baik sayur, baik beras, dan bahan-bahan pokok lainnya sehingga betul-betul memberikan manfaat ekonomi pada masyarakat,” tutur mantan wali kota Surakarta tersebut. (Ant/Z-11)

Mungkin Anda Menyukai