LGI Bantah Koreo ‘Bendera Belanda’ Berkibar di Laga Indonesia vs Vietnam

Liputanindo.id JAKARTA – Golongan suporter Indonesia, La Grande Indonesia (LGI), memberikan tanggapannya terhadap koreo yang mirip dengan bendera Belanda yang dipresentasikan di awal pertandingan antara Timnas Indonesia dan Vietnam di Stadion Esensial Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Koreo tersebut muncul ketika lagu Indonesia Raya berkumandang, menampilkan warna merah, putih, dan biru yang mirip dengan bendera negara Belanda, yang pada masa lalu pernah menguasai wilayah Indonesia dalam masa kolonial.

Meski demikian, LGI menegaskan bahwa koreo tersebut tidak dimaksudkan sebagai representasi dari bendera Belanda. Mereka menjelaskan bahwa koreo tersebut adalah ekspresi kreatif dari semangat dukungan terhadap Timnas Indonesia dan tanah air mereka.

Cek Artikel:  PB Djarum akan Kembali Gelar Audisi Lazim pada September

“Koreo kami semalam bercerita tentang bendera merah-putih yang berkibar tinggi di atas langit yang biru, menggambarkan langit tertinggi ‘Piala Dunia. Kami ingin para pemain untuk tidak letih mengibarkan bendera merah-putih di setiap kompetisi yang mereka jalani, bermain dengan semangat dan tanpa menyerah,'” kata LGI dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (22/3/2024).

LGI menuturkan bahwa apabila ada yang menganggap koreo tersebut sebagai bendera negara lain, hal itu adalah keliru. Mereka juga mengakui adanya keterbatasan warna kertas yang tersedia, sehingga koreo yang ditampilkan tidak optimal.

“Kalau ada yang mengatakan koreo semalam sebagai bendera negera lain, mungkin mereka sudah terjajah dalam masa pikiran, sangat disayangkan.

Cek Artikel:  Tim Thomas Indonesia Puncaki Grup C, Tim Uber Peringkat Dua

“Keterbatasan warna kertas yang tersedia serta belum penuhnya tribun dan beberapa faktor lain membuat koreo kami kurang maksimal,” ujar LGI.

Terakhir, LGI mengucapkan terima kasih atas dukungan besar masyarakat, sehingga Indonesia mampu meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia.

Kemenangan ini membuat Skuad Garuda berada di peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia, serta akan kembali menghadapi Vietnam di My Dinh National Stadium, Hanoi, Selasa, Selasa (26/3/2024).

“Terima kasih kepada basis, kru, dan penghuni tribun utara lainnya yang telah bersama-sama menyukseskan koreo dan memberikan dukungan selama 90 menit pertandingan. Semoga di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kita semua diberkahi. Terima kasih juga kepada para pemain dan staf pelatih timnas atas perjuangan mereka semalam, dan semoga sukses di Hanoi,” tutup pernyataan LGI. (RMA)

Cek Artikel:  Kalahkan Jannik Sinner, Carlos Alcaraz Pemenangi China Open

Mungkin Anda Menyukai