Telkomsel Berbarengan AWS Apresiasi Finalis Program Inklusi Digital

Telkomsel Bersama AWS Apresiasi Finalis Program Inklusi Digital
Telkomsel bersama Amazon Web Services (AWS), mengajak sejumlah finalis program tersebut ke Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) untuk mengikuti sesi bincang inspiratif.(Istimewa)

SEBAGAI bentuk apresiasi finalis program Terampil di Gugusan yang ditutup beberapa waktu lalu, Telkomsel bersama Amazon Web Services (AWS), mengajak sejumlah finalis program tersebut ke Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) untuk mengikuti sesi bincang inspiratif bersama Direktur Primer Telkomsel Nugroho, Owner Wheels Coffe Roasters Aldy Antonius, dan CEO Panenmaya Group Dicky Sukmana.

Peserta yang terdiri atas siswa dan guru dari berbagai sekolah luar biasa (SLB) di Jakarta dan sekitarnya juga diajak berwisata ke beberapa tempat di wilayah Bandung. 

Direktur Primer Telkomsel, Nugroho dalam acara tersebut Kamis (3/10) mengatakan, program peningkatan kapabilitas digital ini merupakan bagian dari upaya Telkomsel dalam mempercepat pemenuhan kebutuhan talenta digital Indonesia, khususnya melalui inklusi digital bagi pelajar berkebutuhan khusus. Serta perwujudan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk memberi dampak.

Baca juga : Pemkot Gandeng Musisi Kota Bandung Dalam Event BIM Fest 2024

Fun and Inspiring Trip Terampil di Gugusan Goes to Bandung yang berlangsung pada 3-4 Oktober 2024 ini, menitikberatkan pada sharing session inspiratif bersama CEO Panenmaya Group dan pemilik Wheels Coffe Roasters yang diharapkan dapat menjadi role model, motivasi, dan semangat bagi para peserta. “Dengan berbagai keterbatasan, tidak mengurangi kesempatan untuk sukses dan terus berkarya,” ungkap Nugroho.

Cek Artikel:  Bawaslu Kabupaten Sukabumi Samakan Persepsi Soal Independenitas ASN pada Pilkada 2024

Menurut Nugroho, selain sharing session inspiratif, rangkaian acara berlanjut dengan fun trip yang menyinggahi beberapa tujuan wisata di Bandung seperti kawasan Great Asia-Africa serta Saung Angklung Udjo. 

Program ini juga menjadi bagian dari inisiatif filantopi Corporate Social Responsibility (CSR) Sambungkan Senyuman Telkomsel, yang berfokus menebar kebaikan dan kebahagiaan guna mendukung kehidupan yang lebih baik, serta menghadirkan senyuman melalui aktivitas yang mendorong pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. 

Baca juga : 8 Rekomendasi Matangan di Bandung yang Wajib Dicoba

“Ini selaras dengan penciptaan dampak sosial atas proses bisnis Telkomsel yang mengedepankan implementasi prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) secara berkelanjutan, tuturnya.

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso menambahkan, inklusi digital menjadi salah satu nilai utama yang dianut Telkomsel bersama AWS dalam program ini.

Cek Artikel:  Seluruh Kekasih Calon di Pilkada Kabupaten Bandung Barat Puas dengan Nomor Urut

Dengan komitmen memastikan bahwa teknologi dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. Digelar sejak Oktober 2023, program Terampil di Gugusan telah melibatkan lebih dari 250 siswa-siswi berkebutuhan khusus dan 120 guru dari berbagai Sekolah Luar Kebiasaanl (SLB) di Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga : Gempa 5 Magnitudo yang Berpusat di Darat Guncang Bandung

Mereka telah berhasil mengikuti pelatihan pengenalan cloud computing (komputasi awan) dan dasar-dasar pemrograman website, yang dihadirkan oleh para instruktur dari AWS dan Telkomsel. 

“Para peserta juga telah mengembangkan 35 proyek berbasis website, yang berfokus pada solusi inovatif untuk masalah-masalah di sekitar mereka,” ujar Andry.

Sebelumnya, pada penutupan program Terampil di Gugusan tahun 2024, Telkomsel dan AWS mengumumkan tiga pemenang utama dari kompetisi website showcase. Juara 1 diraih oleh SLB B Budi Daya dengan karya dari Alzena Shinazva Bilgesha dan Cristabel Noelani Trichaya yang menampilkan website berfokus pada budidaya telur asin yang dilakukan oleh siswa-siswi mereka, sekaligus menjadi platform promosi produk telur asin hasil karya para siswa. 

Cek Artikel:  Pemkab Indramayu Relokasi Kaum Terdampak Rob

Baca juga : Pemkot Bandung Imbau Anggota Waspadai Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

Juara 2 diraih oleh SLB B Pangudi Luhur yang diwakili oleh Alim Syaiffudin dan Kallistha RA dengan website bertema Saya Niscaya Pandai yang mengisahkan perjalanan inspiratif kesuksesan Benediktus Anfield Bagus Wibowo sebagai seniman lukis. 

Juara 3 diraih oleh SLB YPAC DKI Jakarta, dengan website karya Ghaniya Nama Ailsa Bachtiar dan M Egiansyah yang berfokus pada informasi perawatan kucing, termasuk tips merawat dan manfaat vaksinasi untuk kucing.

Selain memberikan pelatihan digital bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus dan guru-guru SLB melalui Terampil di Gugusan, Telkomsel juga telah melakukan sejumlah inisiatif CSR strategis Sambungkan Senyuman bersama difabel untuk memastikan bahwa semua lapisan masyarakat dapat memiliki akses yang setara ke teknologi digital. (AN/J-3)

Mungkin Anda Menyukai