Hari Batik, Sutan Raja Hotel Convention Centre Soreang Promosikan Batik Kina

Hari Batik, Sutan Raja Hotel & Convention Centre Soreang Promosikan Batik Kina
Sutan Raja Hotel & Convention Center Soreang, Bandung, mempromosikan batik kina.(DOK/SUTAN RAJA HOTEL )

DALAM rangka memperingati Hari Batik Nasional, Sutan Raja Hotel & Convention Centre Soreang, Bandung, menggelar acara spesial untuk mempromosikan salah satu warisan budaya Indonesia, Batik Kina. Batik jenis ini merupakan ciri khas Kabupaten Bandung.

Acara ini berlangsung mulai 2 Oktober 2024 di Sutan Raja Hotel & Convention Centre Soreang – Bandung, menampilkan ragam kreasi Batik Kina. Selain itu juga digelar berbagai kegiatan yang mengajak tamu untuk lebih mengenal kekayaan budaya lokal.

Batik Kina, yang terinspirasi dari tanaman kina yang tumbuh subur di Kabupaten Bandung, telah menjadi salah satu motif batik yang unik. Tanaman kina sendiri memiliki sejarah panjang sebagai sumber obat untuk malaria, yang tak hanya berkontribusi bagi dunia kesehatan tetapi juga ekonomi lokal.

Cek Artikel:  Kota Baru Parahyangan Gelar City Run yang diikuti oleh 2.500 peserta

Baca juga : Batik Komar dan 3 Perguruan Tinggi Lakukan Penemuan Berbarengan

Dalam batik ini, motif tanaman kina digambarkan secara artistik, menggabungkan unsur-unsur alam dan nilai sejarah yang mendalam.

“Kami merasa terhormat dapat menjadi bagian dari perayaan Hari Batik Nasional ini dengan mempromosikan Batik Kina. Kegiatan ini adalah bentuk dukungan kami terhadap pelestarian warisan budaya dan seni batik, terutama batik khas Kabupaten Bandung yang kaya akan cerita sejarah dan keindahan motifnya,” tutur General Manager Sutan Raja Hotel & Convention Centre Soreang, Bandung, Sutrisno.

Warisan budaya

Baca juga : Hotel De Paviljoen Bandung Gelar Pameran Batik Nusantara dan Obrolan Seni

Acara peringatan Hari Batik Nasional di Sutan Raja Hotel & Convention Centre Soreang, Bandung, diramaikan dengan berbagai kegiatan menarik, yakni pameran batik kini, fashion show batik dan workshop membatik.

Cek Artikel:  Dapat No Urut 3, Ahmad Syaikhu Ngegas Silaturahim ke MUI Jawa Barat.

Dalam pameran batik kini menampilkan koleksi eksklusif Batik Kina hasil karya pengrajin lokal, yang mencerminkan kekayaan motif serta proses pembuatan batik secara tradisional.

Pada Fashion Show Batik, menampilkan koleksi busana modern yang mengusung motif Batik Kina, dipadukan dengan desain kontemporer oleh desainer lokal dan nasional.

Baca juga : Batik Komar Kenalkan Hasil karya Membatik dengan Pendulum

Sementara untuk Workshop Membatik, para tamu diajak untuk mencoba langsung proses membatik dengan teknik tradisional yang diajarkan oleh pengrajin dari Kabupaten Bandung.

“”Kami bangga bahwa Batik Kina menjadi sorotan dalam peringatan Hari Batik Nasional di Sutan Raja Hotel & Convention Centre Soreang, Bandung, hotel pertama di Kabupaten Bandung. Ini juga menjadi hotel pertama yang mengajak berkolaborasi dan mendukung para kreator Batik Kina. Ini adalah kesempatan besar untuk memperkenalkan warisan budaya Kabupaten Bandung kepada masyarakat yang lebih luas, termasuk wisatawan domestik maupun mancanegara,” papar Founder Batik Kina Rakha Wahyu.

Cek Artikel:  Ramai Isu Megathrust, Kaum Bandung Khawatir Ancaman Gempa Sesar Lembang

Sementara Marketing Communication Sutan Raja Hotel Ratih Nur Rizkyani menyatakan melalui acara ini, diharapkan Batik Kina semakin dikenal dan diminati. Tak hanya sebagai produk fashion tetapi juga sebagai simbol kebanggaan budaya yang merepresentasikan kekayaan alam dan sejarah Kabupaten Bandung.

 

Mungkin Anda Menyukai