Apakah Gampang Kaget Termasuk Lemah Jantung

Apakah Gampang Kaget Termasuk Lemah Jantung?
Ilustrasi(freepik.com)

KETIKA seseorang mengalami kaget, respons tubuh yang terjadi biasanya berupa gerakan menjauhi rangsangan, nadi yang lebih cepat, dan ada yang juga yang seperti latah. 

Masyarakat kerap mengira mudah kaget sebagai tanda penyakit jantung. Padahal, belum tentu demikian. Respons tubuh ketika kaget normal terjadi selama gejala yang muncul tidak berlebihan. 

“Kondisi kaget terjadi karena suatu respon dari tubuh secara tidak langsung kepada jantung. Tetapi tidak semua kaget dapat menyebabkan berdebar-debar,” terang Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Adriyawan Widya Nugraha, Sp.JP(K) dilansir dari laman resmi RSUD Tulungagung.  

Baca juga : Sering Kaget, Apakah Tanda Penyakit Jantung? Ini Faktanya!

Selain itu, perlu diketahui juga apakah jantung berdebar-debar ini terdapat penyebabnya atau tidak. Kalau terdapat penyebabnya, gejala semacam ini dapat dikatakan normal atau wajar, karena memang berkaitan dengan mekanisme respon tubuh.

Cek Artikel:  KDRT Sering Terlambat Dilaporkan karena Ketimpangan Rekanan Kuasa

“Akan sangat berbeda kasusnya apabila kondisi berdebar-debar tidak terdapat penyebabnya. Maka fenomena atau gejala ini patut diwsapadai,” lanjutnya.

Menurut Adriyawan, gangguan irama atau aritmia jantung ini banyak sekali. Persentase gejala klinisnya dengan berdebar-debar, irama tidak beraturan serta irama jantung yang lebih cepat dari pada normalnya.

Baca juga : Olahraga Santai untuk Penderita Jantung, Metode Cerdas Mengatur Daya

Bila kondisi mudah berdebar-debar ini terjadi berulang dan muncul walaupun rangsangan yang ringan, seperti pada kondisi cemas, gangguan panik berlebihan dan sedang mengalami banyak pikiran atau khawatir.

Demi meredakan, orang yang menngalami gejala kecemasan bisa melakukan beberapa treatmen khusus untuk meredakan, antara lain menghindari pikiran yang membuat cemas, lebih fokus terhadap kondisi sekitar, menghindari pikiran kosong, mengelola stres, dan mengalihkan waktu kosong dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Cek Artikel:  Eksplorasi Sejarah Lewat Ibadah, PT Labbaika Luncurkan Paket Umroh Plus Turki

Tetapi apabila kondisi mengganggu dan bahkan tidak nyaman dan berlangsung dalam jangka waktu lama seperti sesak, berdebar-debar, keringat dingin, nyeri dada, sebaiknya penderita beristirahat terlebih dahulu. Aktivitas yang berlebihan dapat menyebabkan beban kerja jantung terlalu tinggi.

Baca juga : Ini Penyebab Masalah Jantung yang Dialami Orang Muda

Kalau tidak membaik langkah tepat yang perlu dilakukan adalah dengan mengonsultasikannya ke dokter. Hal ini agar dapat di deteksi secara pasti dan tepat terhadap kondisi yang dialami.

“Bukan ada kata ditunda ketika mengalami gejala kecil serta tidak ada salahnya melakukan evaluasi atau kontrol ke dokter. Karena gejala yang kecil atau tidak ada gejala dapat tiba-tiba terserang penyakit jantung,” ujarnya.

Cek Artikel:  Ini Beda Literasi Tradisional dengan Literasi Digital

Langkah lain adalah menjaga pola makan baik dan benar. Kurangi makanan atau minuman bersoda, mengonsumsi air putih serta mengonsumsi makanan sesuai dengan komorbit penyakit yang dimilki. 

“Rekanan antara gampang kaget dengan jantung lemah sangat mungkin terjadi, sebab yang terlihat baik dapat terserang penyakit jantung. Dan yang terpenting segera konsultasikan ke dokter jika mengalami gejala gejala seperti yang saya sebutkan diatas,” pungkasnya. (H-2)

Mungkin Anda Menyukai