Jungkalkan Dewa United, Satria Muda Segel Tiket Final IBL All Indonesian

Suasana pertandingan Satria Muda vs Dewa United (dok. IBL)

Jakarta: Satria Muda Pertamina Jakarta memastikan diri lolos ke Final IBL Oasis+ All Indonesian 2024, setelah menundukkan Dewa United Banten, 75-59, di Hall Basket Senayan, Minggu sore (29/9). Bangun di babak kedua, Satria Muda bisa mencetak 45 poin untuk memastikan kemenangan. 

Kedua tim bersaing ketat sejak tip-off. Di kuarter pertama, tidak ada tim yang bisa mengungguli lawannya hingga lebih dari empat poin. Keduanya juga saling bergantian memimpin jalannya laga, dan kuarter pertama berakhir dengan skor 14-12 untuk Dewa United. 

Memasuki kuarter kedua, Dewa United mendapatkan momentum untuk memimpin. Three point Rio Disi di sisa tiga menit membuat Dewa United unggul 27-21. Tetapi Satria Muda di akhir kuarter kedua mampu bangkit untuk mengejar. Jump shot dari Juan Laurent Kokodiputra mendekatkan Satria Muda dengan skor 30-32. 

Cek Artikel:  FikriDaniel Dikalahkan Kang Min HyukSeo Seung Jae

Penyhesuaian skema bertahan dilakukan oleh Satria Muda pada kuarter ketiga. Skema zone defense Satria Muda terbukti efektif untuk meminalisir serangan Dewa United. Di kuarter ketiga, Satria Muda unggul 55-47 atas Dewa United. 

Di awal kuarter keempat, Satria Muda berhasil melaju 9-0 untuk mengungguli Dewa United dengan skor 64-47. Sementara itu biggest lead Satria Muda juga terjadi setelahnya, di mana mereka unggul 20 angka (69-49) setelah Julian Chalias mencetak dua kali free throw. Dengan jarak selebar itu, sulit bagi Dewa United untuk menyusul. 

Juan Laurent Kokodiputra menjadi pemain terbaik Satria Muda di laga ini dengan membukukan double-double 11 poin dan 12 rebound. Poin terbanyak disumbang oleh Avan Seputra dengan 16 poin. Lewat ada Abraham Damar Grahita dan Julian Chalias yang masing-masing mendulang 11 poin. 

Cek Artikel:  Jack Miller Bertekad Tampil Apik di Balapan Esensial GP Austria

Dewa United dipimpin oleh Patrick Nikolas dengan 14 poin, dan Kaleb Ramot Gemilang menyelesaikan laga dengan torehan 13 poin. Kekalahan ini juga berarti bahwa Dewa United kembali tunduk dari Satria Muda di fase semifinal dalam dua kompetisi di tahun yang sama. 

“Sebelum pertandingan kami juga melihat di mana kelemahan Dewa United, sehingga kami tahu harus menyerang dari mana. Adjustment yang dilakukan pelatih juga bagus sehingga kami bisa lebih baik lagi di kuarter kedua. Selanjutnya, kami akan fokus hadapi laga final turnamen ini,” kata Juan Laurent Kokodiputra.

Mungkin Anda Menyukai