Kadin Satgas Impor Ilegal Bisa Bantu Pulihkan Industri Manufaktur

Kadin: Satgas Impor Ilegal Bisa Bantu Pulihkan Industri Manufaktur
Barang impor ilegal yang ditindak Kementerian Perdagangan.(Antara)

Wakil Ketua Biasa Ruangan Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Wisnu Pettalolo, mengatakan pihaknya melihat ada penurunan kegiatan impor ilegal semenjak dibentuknya Satgas Impor Ilegal. Hal tersebut jelas sangat memberikan dampak baik bagi industri manufaktur nasional.

“Dengan koordinasi yang dibentuk dan melibatkan banyak lembaga, termasuk penegak hukum, para pelaku importasi ilegal ini jelas mereka berhenti,” ucap Wisnu di Jakarta, pada Senin (19/8).

Ia berharap setidaknya industri dari tujuh komoditas yang menjadi fokus dari satgas impor ilegal ini bisa kembali pulih dalam waktu secepatnya.

Baca juga : Satgas Ungkap Intervensi Barang Impor Ilegal Senilai Rp20 Miliar

“Kami yakin dengan kerja sama yang baik, ini hasilnya akan bisa memulihkan kembali tujuh komoditas yang benar-benar sangat terdampak kegiatan impor ilegal,” tandasnya.

Cek Artikel:  Creative Circle Connection Ciptakan Sinergi antara Berbagai Elemen dalam Ekosistem Kreatif

Sebagaimana diketahui, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan bersama tim Satgas Impor Ilegal hari ini mengamankan barang-barang hasil impor ilegal senilai Rp20,225 miliar. 

Eksispun barang-barang yang diamankan antara lain adalah mesin gerinda, mesin bor, barang elektronik, panci presto elektronik, mesin cuci mobil, plastik hilir, produk kehutanan, minuman beralkohol golongan A, B, dan C, barang tekstil sudah jadi lainnya dan kotak kontak dan saklar serta ketel listrik. (Z-11)

Mungkin Anda Menyukai