Proyek Jupiter Eropa Tangkap Pemandangan Menakjubkan Bumi, Bulan, dan Uranus

Proyek Jupiter Eropa Tangkap Pemandangan Menakjubkan Bumi, Bulan, dan Uranus
Probe Jupiter Eropa, Jupiter Icy Moons Explorer (JUICE), berhasil menangkap gambar menakjubkan yang memperlihatkan Bumi, Bulan, dan planet Uranus dari jarak lebih dari 5 juta km. (ESA)

PROBE Jupiter milik Badan Antariksa Eropa (ESA), Jupiter Icy Moons Explorer (JUICE), telah menangkap pemandangan unik yang memperlihatkan Bumi, Bulan, dan Uranus, yang merupakan planet gas seperti Jupiter. Misi ini diluncurkan pada 14 April 2023 dan menangkap gambar ketiga objek langit ini saat spacecraft dalam perjalanan menuju Venus untuk mendapatkan bantuan gravitasi kedua pada 2025.

“Dua bola kecil yang kita sebut rumah kosmik ini difoto JUICE dari jarak lebih dari 5 juta km [3 juta mil], saat spacecraft melambaikan selamat tinggal kepada kita menuju Venus,” tulis ESA dalam sebuah unggahan di X (sebelumnya Twitter) yang merilis gambar baru pada 18 September.

Donasi gravitasi adalah manuver di mana spacecraft memanfaatkan gravitasi sebuah benda langit untuk mendorongnya ke arah benda lain. Melintasi Venus, bersama dengan lintasan melintasi Bumi dan Bulan, akan membantu JUICE mencapai sistem Jupiter pada tahun 2031.

Cek Artikel:  Teknologi Pengisian Daya Tercepat Realme akan Diungkap pada 14 Agustus

Baca juga : Komet Sebesar Tiga Kali Gunung Everest Mengarah ke Bumi

Pada Agustus, JUICE melakukan bantuan gravitasi Bumi-Bulan yang pertama kali, memberikan dorongan tambahan pada perjalanan ke Venus. Setelah mengunjungi planet kedua dari matahari, spacecraft akan menyelesaikan dua lintasan melintasi Bumi lagi pada 2026 dan 2029, keduanya tanpa dorongan tambahan dari Bulan. Demi spacecraft melihat kembali ke arah Bumi dan Bulan, ia juga menangkap gambar planet Uranus di kejauhan.

“Salah satu gambar yang oversaturated menyoroti ‘photobomber’: planet Uranus, yang berjarak 2,9 miliar km [1,8 miliar mil] dari JUICE,” tulis pejabat ESA dalam unggahan di X. “Dapatkah Anda menemukan titik mana yang merupakan planet?”

Cek Artikel:  Astronom Berhasil Ungkap Rahasia Bintang Zombie dari Pahamn 1181

Gambar-gambar baru dari JUICE diambil menggunakan waktu eksposur yang berbeda sebagai bagian dari pengujian dan kalibrasi instrumen spacecraft. Kamera-kamera ini menawarkan berbagai sudut pandang dan bertugas memantau instrumen spacecraft selama penerbangan. 

JUICE dirancang untuk menjelajahi Jupiter dan tiga bulan besar yang mengandung lautan, yaitu Ganymede, Callisto, dan Europa. Misi ini akan menyelidiki lingkungan kompleks planet gas tersebut dan mencari tanda-tanda kemungkinan kelayakan huni di bulan-bulan es itu. (space/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai