Erick: Pemeran Timnas U-23 Punya Tiga Bekal Jalani Kualifikasi Piala Dunia

Liputanindo.id DENPASAR – Ketua Lazim PSSI, Erick Thohir menilai, pemain Timnas Indonesia U-23 yang nantinya bergabung di tim senior memiliki tiga bekal utama untuk menjalani kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Saya berharap pemain U-23 yang nanti gabung di (tim) senior jangan kecil hati,” kata Erick Thohir, di Denpasar, Minggu (12/5/2024).

Tiga bekal itu yakni: kesiapan fisik, mental, dan inteligensi (IQ) sepak bola, buah  dari menjalani pertandingan bergengsi Piala Asia U-23 hingga play off  Olimpiade 2024.

Meski belum membawa pulang hasil maksimal, namun skuad Garuda Muda memberikan pencapaian tinggi, yakni masuk empat besar Piala Asia U23.

“Siapa pernah terpikir Timnas U-23 sampai di empat terbaik di Asia, tidak pernah kan? Buktinya bisa,” imbuhnya.

Cek Artikel:  Novak Djokovic dkk Disambut Bak Pahlawan di Belgrade

Erick menginginkan tiga bekal yang dikantongi tim Garuda Muda perlu ditingkatkan, di antaranya melalui pemusatan latihan, hingga uji coba dengan tim nasional negara lain sebagai ajang uji nyali dan menggali pengalaman.

“Kalau tidak begitu (uji coba), mereka tidak akan pernah siap,” ujar Menteri BUMN itu.

Nantinya bekal mental, fisik, dan keahlian, juga diharapkan tidak membuat Timnas U-23 jumawa namun untuk meningkatkan kinerja di tim.

Erick menambahkan, Juni 2024 menjadi bulan padat bagi para pemain yang bergabung di tim senior untuk melawan Irak dan Filipina, agar bisa tembus kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga.

“Jangan anggap remeh Filipina, mereka sudah ambil pelatih dari Belgia. Mereka juga rekrut pemain Filipina di luar negeri. Kita juga jangan jumawa, harus siapkan tim terbaik,” katanya.

Cek Artikel:  Jelang Final Piala FA Sabtu Malam, Tensi Tinggi MC versus MU

Terdapat pun putaran ketiga, seperti dirilis Antara diikuti 18 negara yang dibagi dalam tiga grup.

“Ranking satu dan dua itu langsung ke Piala Dunia, amin. Ranking tiga dan empat diadu lagi,” imbuhnya. (BON)

Mungkin Anda Menyukai