Pemprov DKI Petakan Sasaran Program Sekolah Swasta Gratis

Pemprov DKI Petakan Sasaran Program Sekolah Swasta Gratis
Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia menggelar aksi bebas biaya pendidikan(ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut pihaknya tengah memetakan satuan pendidikan swasta yang masuk dalam sasaran program sekolah gratis. Ia juga berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Yang (sekolah) swasta ini sedang kita data dengan Dinas Pendidikan, kita minta rekomendasi dari Kementerian Pendidikan, mana yang kita berikan gratis,” ujar Heru kepada wartawan, dikutip hari ini.

Heru menuturkan, tidak semua sekolah swasta akan masuk dalam program sekolah gratis. Sasaran utamanya adalah sekolah swasta grade C dan D. “Ini sedang kita bahas, tentunya tidak sekolah swasta yang mapan. Kita akan mengendalikan masyarakat kurang mampu untuk mereka mendapatkan sekolah gratis,” jelas Heru.

Cek Artikel:  Meresahkan, Polisi Tangkap 40 Swasta di Jakarta Utara

Baca juga : Sekolah Swasta Jakarta Gratis, DPRD: Kualitas Pendidikan Harus Unggul

Sebelumnya, seluruh fraksi di DPRD DKI Jakarta telah menyetujui agar sekolah gratis bisa diterapkan. Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak pun meminta Pemprov DKI segera menjalankan kebijakan tersebut.

“Ini tinggal bagaimana kita menerapkannya. Apakah di tahun 2025 atau 2026. Ya, 2025 paling bisa diusahakan secepatnya. Karena ini sudah tidak bisa lagi terlalu diulur-ulur,” ungkap Jhonny.

Jhonny mengungkapkan alasan pihaknya mengusulkan sekolah gratis. DPRD kerap menerima pengaduan dari keluarga tidak mampu, mulai dari kasus putus sekolah hingga ijazahnya ditahan oleh sekolah swasta karena belum melunasi biaya pendidikan.

“Kalau ini terjadi, berarti negara abai. Pemprov DKI Jakarta juga lalai dan juga memang tidak punya sence of crisiss dengan orang yang tidak mampu itu,” tegas Jhonny.(Bob/P-2)

Cek Artikel:  35 Personel Gulkarmat Diterjunkan Padamkan Api di Jakarta Utara

Mungkin Anda Menyukai